New Mini Clubman, Solusi Penggemar Mini dengan Keluarga Kecil

Foto: aftermarketplus.id

AFERMARKETPLUS.id – Setelah peluncuranya di bulan Februari 2020 lalu, akhirnya kami mendapatkan unit tesnya New Mini Clubman terbaru ini. Saya pun melakukan first drive di GBK Senayan, Jakarta Selatan.  Bagaimanakah rasa berkendaranya?

Eksterior

Desain bodi new MINI Clubman hadir berkelas dan eksklusif. Aspek khas dari proporsinya, antara lain: kap yang berbentuk kubah dan lampu depan bundar dengan surround chrome (Piano Black untuk Cooper S) di bagian depan, serta garis atap yang memanjang secara dinamis dan bagian belakang yang proporsional.

Pintu belakang dua pintu, yang terdiri dari dua sayap yang terbuka secara lateral, menjadikan MINI Clubman satu-satunya model di segmen kendaraan kompak premium yang menawarkan enam pintu, bersama dengan versatilitas tinggi – kompartemen bagasi dapat diperluas dari 360 liter hingga maksimum 1.250 liter.

Fitur desain New MINI Clubman yang paling mencolok adalah grille radiator yang sekarang memanjang di seluruh bagian bumper. Kontur yang kuat dan struktur baru untuk air inlet memberikan bagian depan tampilan yang khas. Grille radiator dibatasi oleh bingkai ramping, sementara air inlet dipisahkan menjadi enam penyangga (strut) horizontal berwarna hitam, yang secara opsional dapat ditingkatkan ke versi chrome.

Pada MINI Cooper S Clubman, fitur khusus di bagian depan adalah pola kisi heksagonal, strut krom individual di air inlet, serta emblem “S” berwarna merah.

Tampak depan new MINI Clubman yang khas juga merupakan hasil dari modifikasi desain lampu depan bundar khas MINI. Lampu depan LED tampilkan desain baru dengan modul LED untuk lampu dekat dan lampu jauh serta pelindung berwarna hitam.

Lingkaran cahaya putih yang mengelilingi lampu depan berfungsi sebagai lampu berkendara siang hari serta sein. Lampu kabut LED juga tersedia sebagai standar – menggantikan lampu parkir standar.

New MINI Clubman juga dilengkapi dengan lampu belakang LED sebagai standar. Unit lampu dengan surround chrome terintegrasi di sayap pintu-pintu terbelah. Lampu belakang memiliki desain berorientasi horizontal yang menekankan asal brand ini, Inggris: struktur grafis dari sumber cahayanya membentuk pola abstrak dari bendera Union Jack.

Dengan garis-garis yang mencolok, motif bendera ini memberikan bentuk identifikasi yang jelas – baik di siang hari maupun malam. Lampu rem juga kini dihasilkan dari unit lampu yang baru dirancang ini.

Varian Cooper S juga dilengkapi dengan paket eksterior Piano Black, di mana sekeliling lampu depan, lampu belakang, dan grille radiator memiliki finishing dalam warna hitam mengkilap.

Selain itu mobil ini juga dilengkapi dengan pelek ukuran 18 inci dengan model MINI Yours British Spoke 2-tone.

Interior

Masuk kedalam interiornya, bentuk dasbor dan joknya mirip dengan MINI varian lainnya. Bedanya, mobil ini mempunyai lima bangku berukuran penuh dan akses mudah – berarti ada banyak ruang untuk seluruh penumpang di New MINI Clubman.

MINI Cooper S Clubman ini memiliki MINI Yours Walknappa Leather Sports Steering Wheel dan varian pelapis jok, MINI Yours Walknappa Leather Lounge dalam Carbon Black.

Semua bangku mendapatkan sentuhan mewah dengan motif Union Jack di sandaran kepala yang diaplikasikan dengan perforasi yang diposisikan dengan tepat. Aksentuasi eksklusif juga disediakan oleh MINI Yours Interior Styles dalam iluminasi Frozen Blue. Panoramic Sunroof hadir sebagai standar untuk New MINI Cooper S Clubman.

Berbagai peralatan standar di new MINI Clubman termasuk sistem audio dengan enam speaker dan soket USB, yang memungkinkan streaming audio melalui koneksi Bluetooth. Terdapat juga fasilitas telepon hands-free dengan antarmuka USB, serta Radio MINI Visual Boost termasuk layar senruh beresolusi tinggi 6,5 inci. Hadir dengan kamera belakang dan sistem Park Distance Control yang dipasang sebagai standar pada semua varian New MINI Clubman.

New MINI Cooper S Clubman juga memiliki fitur Navigasi dengan petunjuk arah suara dan Apple CarPlay sebagai standar. Selain itu, New MINI Cooper S Clubman juga memiliki 12-Speaker Harman Kardon Sound System, yang secara khusus disesuaikan bagi New MINI Clubman untuk tawarkan suara bass yang kuat dan kualitas suara yang baik.

[Gilang Budiman]

About Gilang Budiman 517 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website