New Suzuki Baleno, Hatchback yang Asyik Diajak ke Luar Kota

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Setelah kami membedah semua keunggulan fitur dan kelengkapan New Suzuki Baleno di artikel sebelumnya, saatnya kini kami untuk merasakan sensasi berkendara dari The Complete Hatchback. Daerah Pengalengan yang terletak di Jawa Barat menjadi tujuan kami, selain berbagai kondisi jalan tersaji di sana, juga pemandangan alam nan elok dan udara sejuk menjadi pertimbangan.

Tak tanggung-tanggung, kami berangkat berlima dengan barang penuh di bagasi yang bertujuan sekaligus untuk mengetahui seberapa nyaman mobil ini dikendarai.

Tidak perlu berlama-lama, begitu tombol engine start kami tekan, suara mesinnya terdengar halus dari dalam kabin. Ini menunjukkan mobil terbaru dari Suzuki seharga Rp 242,5 juta lumayan hening kabinnya.

Posisi duduk yang ergonomis, visibilitas cukup baik, setir dibalut kulit yang nyaman digenggam membuat mengendarai New Baleno semakin asyik. Apalagi kami dimanjakan dengan head unit 6,8 inci yang dapat terhubung dengan smartphone melalui bluetooth menjadi hiburan tersendiri, sehingga kami bisa memutar lagu sesuai selera mengusir kebosanan selama perjalanan.

Memasuki jalan tol Cikampek yang lumayan lancar, New Baleno melakukan tugasnya dengan baik. Seperti dengan mudahnya mendahului kendaraan lain, meskipun mobil mengangkut 5 orang penumpang.

Penasaran melihat kondisi lalu lintas yang tidak terlalu ramai, pedal gas pun sempat saya injak agak dalam, dengan mudahnya jarum di speedometer menunjuk di angka 140 km/jam dan sengaja gas tidak saya injak lebih dalam lagi, mobil ini lumayan fun to drive. New Baleno Mengusung mesin 1,4 liter dengan tenaga sebesar 92,4 PS dan torsi 130 Nm serta transmisi otomatis 4 percepatan. Untuk konsumsi BBM New Baleno masih lumayan irit, sekitar 13,9 km/l.

Perjalanan kami pun berlanjut memasuki daerah Pengalengan. Lokasi tujuan di daerah ini memang mempunyai kontur jalan beragam mulai tikungan tajam, jalan menurun hingga tanjakan curam.

Dimensi New Baleno yang begitu compact membuat mobil ini lincah saat dikendarai, terutama saat diajak melewati jalan berkelok. Respons setir juga begitu presisi membuat semakin percaya diri mengendarai hatchback terbaru dari Suzuki ini. Tenagapun masih cukup berlimpah ketika diajak menanjak.

Asyiknya lagi walaupun melewati berbagai kondisi jalan, penumpang yang duduk di bangku belakang sama sekali tidak terusik, ketika saya lirik dari spion tengah, mereka masih tertidur lelap.

O ya satu lagi keunggulan dari New Baleno yang kami rasakan pada saat berkendara di malam hari yang minim penerangan, lampunya yang terang benderang sudah menganut model LED dengan pengatur sorot lampu membuat mengendarai mobil ini semakin menyenangkan.

[MNR]

About pekik udi irianto 1613 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present