Review Hyundai IONIQ : Akselerasi 0-100 km/jam Lebih Kencang dari Hyundai Santa Fe CRDi

AFTERMARKETPLUS.id – Mobil listrik lamban? Siapa bilang? Hyundai IONIQ mampu mempecundangi Hyundai Santa Fe CRDi dalam hal akselerasi 0-100 km/jam.

Dikutip dari data Grid Oto, akselerasi 0-100 km/jam Hyundai Santa Fe CRDi, mampu mencatat angka 8.9 detik. Dengan bobot 1.723 kg dan tenaga sebesar 145 kW (194 hp), artinya SUV ini memiliki power to weight ratio sebesar 8.9 kg/hp.

Bandingkan dengan Hyundai IONIQ yang memiliki tenaga 100 kW (104 hp) dengan bobot 1.575 kg. Artinya, setiap 1 tenaga kuda (hp) harus memboyong 15.1 kg – berselisih cukup jauh dengan Santa Fe. Tapi akselerasi dari IONIQ untuk kondisi serupa, hanya perlu 8.7 detik. Lho Sob! Kueenceng kan ?

Hal ini dikarenakan Hyundai IONIQ hanya menggunakan 1 rasio gir diferensial, sehingga tidak ada waktu yang terbuang saat perpindahan gigi. Plus torsi 295 Nm yang sudah diperoleh sejak pedal gas diinjak beberapa saat.

Suara decitan ban tetap terdengar saat pedal rem diangkat seketika. Padahal Hyundai IONIQ sudah dilengkapi dengan fitur stability control.

Begitu pun saat pedal gas dan rem diinjak bersamaan, tak ada saling tarik menarik diantara motor listrik dengan sistem rem, sehingga tak ada listrik yang terbuang. 

Ketika diajak bermanuver cepat, gejala understeer tetap terasa. Tapi yang paling menarik adalah stabilitas dan bantingan suspensinya. Posisi baterai yang besar di kolong mobil, membuat center of gravity-nya bikin mobil asyik dikendarai. 

Dengan coefisien of drag hanya 0.24, membuat Hyundai IONIQ sangat aerodinamis. Tak ada gril besar di depan dan lekukan di buritan yang membuat turbulensi dapat dibuang sejauh mungkin ke belakang. Alhasil, tak ada daya tarik yang dapat menahan gerak laju kendaraan.

Nah, asyik kan Sob? Mobil listrik ini sangat lincah di lalu lintas perkotaan dan yang terpenting, cukup kencang untuk mobilitas sehari-hari. 

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 238 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )