AFTERMARKETPLUS.id - Setelah diluncurkan pada IIMS 2018, ternyata sasis baru All New Suzuki Ertiga memiliki banyak inovasi baru yang berdampak pada kehematan konsumsi BBM dan rasa fun to drive.
All New Suzuki Ertiga terbaru memiliki dimensi yang lebih besar dengan (P x L x T) 4.395 x 1.735 x 1.690 mm atau lebih panjang 130 mm. Penambahan panjang inilah yang membuat All New Suzuki Ertiga memiliki ruang kaki di bangku baris ketiga dan bagasi lebih luas dari pendahulunya.
Apalagi ketika dipadu dengan mesin terbaru K15B berkapasitas 1.462 cc. Alhasil, tenaga pun meningkat menjadi 104,7 PS dari pendahulunya yang hanya 92 PS. Begitu pun dengan torsi maksimal, menjadi 138 Nm.
Dimensi lebih besar dipadu dengan kapasitas mesin yang lebih besar, secara logika tentu akan membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros dong sob?
Tapi ternyata tidak lho! Pihak Suzuki mengklaim bahwa All New Ertiga lebih irit 3,3% dari pendahulunya. Tak heran jika lomba irit diselenggarakan saat media test drive All New Ertiga di Bali (27-29/6).
Jawabannya adalah penerapan sasis Heartech pada All New Suzuki Ertiga. Dengan sasis terbaru ini membuat bobot kendaraan malah menjadi lebih ringan hingga 50 kg lho sob! Jika dibandingkan dengan Ertiga lama.
"Desain sasis terbaru ini yang berbentuk menyerupai trapesium, mampu mereduksi bobot kendaraan hingga 15%," jelas Harold Donnel selaku Head of 4W Brand Devolopment & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales.
Artinya, power to weight ratio All New Suzuki Ertiga menjadi lebih baik. Jika sebelumnya berada diangka 12,88 kg/PS, dengan sasis Heartech menjadi 10,84 kg/PS.
Bobot kendaraan lebih ringan, membuat mesin tak perlu bekerja ekstra saat berakselerasi atau digunakan dalam kondisi 'stop and go' di tengah kemacetan lalu lintas.
Nah... inilah jawabannya kenapa All New Suzuki Ertiga bisa lebih irit dari pendahulunya meski memiliki dimensi dan mesin yang lebih besar.
[Dhany Ekasaputra]

#all New Suzuki Ertiga #Review All New Suzuki Ertiga #Konsumsi BBM All New Suzuki Ertiga

Author : Dhany Ekasaputra > 306 Articles
Dhany Ekasaputra merupakan lulusan jurusan Teknik Mesin Universitas Pancasila yang memulai karir dibidang otomotif sejak;
- 1997 : Komunitas Balap KE System
- 1999 : Balap Turing dan Drag Race
- 2001 : Wartawan Tabloid Otosport
- 2003 : Wartawan Auto Bild Indonesia
- 2007 : PIC Auto Bild Indonesia Award
- 2009 : Editor Teknik Auto Bild Indonesia
- 2015 : Safety Driving Institute Otomotif Group
- 2016 : Manager Otomontir Kompas Gramedia
- 2018 : Redaktur Pelaksana Aftermarketplus.id
List Comment
No Comment