First Drive: Wuling Cortez Turbo, Nyaman dan Fun To Drive

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Aftermarketplus mendapat kesempatan untuk jajal medium SUV terbarunya, yaitu Cortez CT 2019 bermesin turbo. Tentu kesempatan baik ini sayang kalau dilewatkan untuk membuktikan seberapa tangguh dan nyaman mobil buatan China ini.

Saat ini masih banyak yang meragukan kemampuan dari mobil buatan negeri Tirai Bambu ini, yang diperkenalkan di Indonesia sekitar 2 tahun lalu, tepatnya Juli 2017.

Namun setelah aftermarketplus mencoba sendiri Wuling Cortez CT di sirkuit Sentul, seakan menepis semua keraguan itu.

Tampilan eksterior Cortez CT tak beda jauh dengan saudaranya Wuling Cortez 1.800 cc VVT-i, mulai dari desain pelek, roof rail maupun guratan bodinya.

Posisi duduk Cortez CT ini sangat nyaman layaknya MPV premium yang disandangnya. Jok sudah dapat diatur secara elektrik tentu semakin memanjakan penumpangnya. Asyiknya lagi, setir yang telah dilapis dengan kulit dari Cortez CT ini membuat nyaman digenggam.

Segera mesin kami hidupkan, kami berjalan pelan-pelan dulu memasuki trek sirkuit sentul untuk adaptasi dengan mobil ini sekaligus mengenal medan, kami diberikan kesempatan mengemudikan Cortez CT 2 lap.

Memasuki lap ke-2 baru MPV terbaru Wuling ini kami geber, karena kami yakin dengan kemampuan dari Cortez CT pada saat hard braking mobil kami pacu dikecepatan sekitar 90 km/jam dan terbukti, Cortez CT dengan mudah dikendalikan.

Setelah berhasil dengan baik pada sesi pengereman, Cortez CT kami pacu untuk melanjutkan tantangan berikutnya, yaitu handling-nya.

Di kecepatan 90 km/jam, kami ajak Cortez CT melakukan aksi zig-zag melewati beberapa kun yang telah dipersiapkan. Kami cukup terkejut dengan kemampuan dari mobil ini yang menggunakan suspensi McPhearson, dengan mudah melewati tantangan yang diberikan, body roll masih terasa namun masih wajar menurut kami.

Nah ketika memasuki trek lurus, tuas persnelling kami geser ke posisi S (Sport). Wuling Cortez CT kecepatan tertinggi yang dapat kami raih adalah 145 km/jam, sebetulnya masih bisa kami gas lagi, namun di depan tikungan sudah menanti.

Wuling Cortez CT juga telah dibekali dengan segudang fitur, seperti ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake-Force Distribution), BA (Brake Assist), EPB (Electronic Parking Brake), AVH (Automatic Vehicle Holding), HHC (Hill Hold Control) dan ESC (Electronic Stability Control).

Kesimpulannya, apabila Anda senang dengan mobil MPV yang nyaman dan aman, Wuling Cortez bermesin turbo ini layak untuk dipertimbangkan.

Apalagi saat ini, Wuling terus berkomitmen untuk memperkuat jaringan purna jual di Indonesia.

[MNR]

About pekik udi irianto 1613 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present