Test Drive All-New Kijang Innova Zenix Hybrid 2.0 Q Modellista: Selain Nyaman Juga Fun to Drive

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Di Indonesia, hampir sebagian besar sudah tidak asing lagi dengan mobil MPV yang bernama Kijang Innova. Bahkan dulu sering kita dengar jargon “Kijang memang tiada duanya”.

Bulan September 2022 lalu, PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All-New Kijang Innova Zenix dalam 2 versi, yaitu Bensin dan Hybrid.

Untuk membuktikan seberapa tangguh dan seberapa nyamannya Kijang Innova Zenix yang diklaim menjajikan performa berkendara yang superior dengan mengadopsi platform dan mesin TNGA, serta teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-5.

Toyota mengajak aftermarketplus.id beserta awak media Nasional lainnya untuk mencoba langsung Kijang Innova Zenix dari kota Yogyakarta menuju Semarang dan finish di Jakarta. Rute yang ditempuh pun tidak main-main, yaitu sejauh 500an Km dengan berbagai kondisi jalan.

Beruntung Kami mendapat unit test Kijang Innova Zenix Hybrid 2.0 Q Modellista versi tertingginya yang dibanderol Rp 611 juta (On the Road) Jakarta.

Melihat tampang depannya, Innova Zenix Hybrid terlihat elegan serta tangguh. Menggabungkan kemewahan sebuah medium MPV keluarga dan ketangguhan sebuah mobil SUV. Ini menyiratkan, selain nyaman buat penumpang juga siap diajak menjelajah ke manapun. Tak mengherankan memang, karena konsep mobil ini adalah Innovative Multipurpose Crossover.

Wajah Innova Zenix yang mengesankan gagah ini berkat sentuhan New Crossover Front Looks dengan New Front Grille Design yang dilengkapi dengan LED Headlamp.

Sebelum masuk ke dalam mobil, pandangan langsung tertuju kebagian samping Innova Zenix yang ditopang New Fascinating 18” Alloy Wheel, serta pillar A yang lebih tegak dan pillar D yang lebih landai memperkuat kesan body type SUV. Sementara pada bagian belakang, struktur tiga dimensi melalui New Rear Combination Lamp (Q HV & V) menguatkan kesan emosional dan dinamis.

Puas mengamati bagian eksterior, saatnya masuk ke dalam mobil. Kami disambut interior yang menghadirkan material kabin berkualitas dengan bahan kulit sintetis serta ornamen panel yang menawarkan kesan mewah dan elegan pada area dashboard dan panel pintu. Dan yang paling kentara hadirnya  New 10” Head Unit dengan Smartphone Connectivity (Q & V HV) membuat Kijang Innova Zenix ini terlihat naik kelas dibandingkan dengan model sebelumnya.

Bangku depan untuk pengemudi maupun penumpang dengan material cukup bagus sangat nyaman diduduki, ini membuat kita tetap nyaman saat melakukan perjalanan jauh. Ini Kami buktikan dengan perjalanan dari Yogyakarta menuju Jakarta. Sayangnya, pengaturan kursi masih manual, belum elektris.

Pada saat Innova Zenix Hybrid Kami ajak melibas di jalan pegunungan, tepatnya daerah Kopeng, visibilitas mobil ini cukup bagus. Pandangan luas, baik itu di jalan berkelok, apalagi di jalan yang lurus. Sehingga mengemudikan Innova Zenix Hybrid benar-benar memberikan keamanan yang baik.

Selain itu berkat platform TNGA:GA-C yang kini disandangnya, mengendarai Innova Zenix Hybrid benar-benar Fun to Drive. Handling mobil ini dengan bodi yang tergolong bongsor cukup baik, tidak ada gejala body roll atau limbung berlebih. Dengan mengadopsi suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang torsion Beam serta dilengkapi dengan Stabilizer baik di depan maupun belakang menambah kenyamanan mobil ini, baik bagi penumpang di bangku baris pertama, kedua maupun ketiga.

Bagaimana dengan performanya?

Kijang Innova Zenix Hybrid mengusung mesin 1.987 cc 4 cylinders in-line 16-Valve DOHC, chain drive Dual VVT-i, untuk tenaga mesin bakarnya 150 dk/6.000 rpm dan torsi puncak 187 Nm/4.400-5.200 rpm sedangkan motor listriknya 111 dk dan torsi 206 Nm.

Kami cukup terperangah dengan tenaga dari Innova Zenix Hybrid yang terasa sangat berlimpah. Karena gabungan kerja dari mesin M20A-FXS dan motor listrik bersamaan secara sistem bisa menghasilkan tenaga sebesar 183 dk. Kedua mesin ini ditopang dengan transmisi otomatis jenis CVT (Continuously Variable Transmission) dengan percepatan virtual 10-speed.

Makanya saat Kami melibas beberapa tanjakan yang cukup terjal di daerah Kopeng, Innova Zenix Hybrid  melakukan tugasnya dengan baik. Bahkan saat mendahului kendaraan lain, Innova Zenix Hybrid ini cukup mudah.

Nah yang paling mengasyikkan ketika Innova Zenix Hybrid melaju di jalan tol Cipali, Kami sempat mencoba beberapa saat di kecepatan 140 Km/jam, mobil masih berjalan dengan anteng dan kabin masih cukup hening. Apalagi semua mobil baru Toyota kini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih, yaitu Toyota Safety Sense 3.0 (TSS 3.0) yang terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) dan Automatic High Beam (AHB).

Fitur lainnya yang telah dijejalkan ke Innova Zenix hybrid ini antara lain Brake Hold, Electric Parking Hold, ABS+EBD+BA, Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC).

Kesimpulannya, All-New Kijang Innova Zenix ini selain memanjakan penumpangnya dengan kelegaan kabin, fitur hiburan, kenyamanan berkendara juga tenaga yang berlimpah serta konsumsi BBM yang lumayan irit.

[MNR]

About pekik udi irianto 2275 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present