Test Drive Hyundai CRETA Alpha: Tampil Gagah dan Semakin Memikat

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Hyundai melakukan penyegaran pada Hyundai CRETA dengan menghadirkan varian terbaru CRETA Alpha di ajang IIMS 2024 lalu. Hyundai melakukan penyegaran pada sisi eksterior dan interiornya. Kamipun penasaran untuk mencoba mobil ini.

Menariknya Hyundai menghadirkan tiga warna keren, yakni Optic White Matte, Magnetic Silver Matte, dan Midnight Black Matte. Nah, unit yang menemani Kami selama beberapa hari berwarna berwarna Optic White Matte.

Mengamati bagian eksterior dari CRETA Alpha ini memang bikin betah, mulai dari dari atap, roof rail, door handle, skid plate, c-pillar garnish, hingga body kit bagian depan, samping, dan belakang yang mengusung konsep monokrom. Serta dibalut dengan Single Tone Black Alloy Wheels berukuran 17 inci Membuat CRETA Alpha terlihat semakin elegan dan sporty.

Demikian juga dengan bagian depannya, mengadopsi Black Front Grille yang dilengkapi lampu Parametric Jewel Hidden-Type DRL, Black Front Grille Garnish, dan Dark Monochrome Front H-emblem membuat Hyundai CRETA Alpha tampil gagah.

Pada saat Kami berkendara di malam hari, lampu depan LED Multi Focus Reflector (MFR) Headlamps memberikan pencahayaan yang cukup baik. Sehingga berkendara di saat minim cahaya menjadi lebih percaya diri.

Masuk ke dalam kabin, nuansa warna hitam mendominasi mobil ini menampakkan kesan layaknya sebagai sebuah mobil SUV. Aksen khusus juga tampak di CRETA Alpha dengan Door Spot Lamp with CRETA Alpha Logo, emblem baru pada bagian floor mat, dan front seat dengan embroidery spesial yang membuat tampilan interior semakin mewah.

Puas mengamati bagian eksterior dan interior dari CRETA Alpha, saatnya mencoba rasa berkendara dari mobil ini.

Tanpa menunggu lama, tombol start/stop engine pun Kami tekan, suara dari mesin Smartstream 1.5L yang dilengkapi Intelligent Variable Transmission (IVT) terdengar halus. Mesin yang diadopsi CRETA Alpha ini sama dengan yang digunakan CRETA Prime.

Menyusuri jalanan di perkotaan CRETA Alpha ini begitu nyaman dikendarai, bahkan saat terjebak di kemacetan. Hadirnya fitur Driver Rear View Monitor (DRVM) sangat membantu memantau kondisi di sekitar mobil.

Asyiknya lagi, pada saat cuaca panas dan AC yang berembus dirasa masih belum cukup adem, tinggal tekan tombol Ventilated Seat yang dapat diatur suhunya untuk memberikan kesejukan dan meningkatkan kenyamanan.

Selain itu untuk melepas kejenuhan imbas kemacetan, hadirnya layar Display Audio berukuran 8 Inci dengan berbagai fitur yang dapat terhubung ke smartphone menjadikan hiburan tersendiri. Menariknya perangkat ini terhubung ke delapan unit speaker BOSE Premium Sound System yang memberikan suara jernih dan enak didengar.

Saat Kami melaju memasuki di jalan tol, fitur Lane Keeping & Lane following Assist (LKA & LFA) ini sangat membantu, membuat mengemudi CRETA semakin menyenangkan.

Keesokan harinya, CRETA Alpha Kami ajak ke daerah pegunungan di daerah Cianjur, Puncak.

Jalan yang menanjak dan berliku menjadi santapan empuk CRETA Alpha yang dibekali mesin 1.497 cc 4-silinder yang mampu menghasilkan tenaga puncak sebesar 115 PS/6.300 rpm dan torsi 143.8 Nm/4.500 rpm.

Dipadu dengan transmisi CVT yang dilengkapi dengan IVT (Intelligent Variable Transmission), mengemudikan CRETA dengan berbagai kondisi jalan terasa Asyik. Apalagi transmisi ini memiliki fitur dengan mode Smart, selain Normal, Eco dan Sport.

Penumpang di bangku baris keduapun masih bisa duduk dengan nyaman, ketika CRETA Alpha sempat beberapa kali melibas jalan berlubang dan melewati jalan berkelok. Racikan suspensi CRETA Alpha ini layak diacungi jempol.

Yang menjadikan Hyundai CRETA Alpha ini patut dilirik, yaitu segudang fitur keselamatan yang telah disandangnya. Seperti Hyundai SmartSense yang meliputi Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang dapat memberi peringatan jika ada potensi tabrakan dari depan.

Lalu, ada Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) yang memonitor dan memperingati pengendara akan bahaya benturan di blind spot area yang berguna saat parkir paralel. Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) turut hadir membantu pengguna untuk mendeteksi objek atau kendaraan lain yang mendekat ketika mobil akan melaju mundur.

CRETA Alpha juga dilengkapi Driver Attention Warning (DAW) yang mampu menilai dan menganalisa cara mengemudi pengguna, dan Safe Exit Warning (SEW) untuk memonitor area blind spot agar penumpang bisa turun dengan lebih aman.

Tertarik Sob? Hyundai CRETA Alpha ini dibanderol dengan harga yang kompetitf, yakni Rp 421.800.000,- (on the road) Jakarta.

[MNR]

About pekik udi irianto 2500 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present