AFTERMARKETPLUS.id – Mitsubishi Pajero Sport mendapat peremajaan ringan tahun ini. Versi tahun 2024 dari Sport Utility Vehicle (SUV) andalan Mitsubishi di Indonesia ini diperkenalkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 bulan Juli silam.
Nah belum lama ini, kami berkesempatan untuk menguji satu unit versi terbaru dari Mitsubishi Pajero Sport tersebut.
Unit yang kami dapat, Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×2. Memang bukan varian tertinggi, tetapi inilah salah satu Pajero Sport yang paling banyak diminati konsumen. Wajar saja, tak semua konsumen Mitsubishi Pajero Sport membutuhkan sistem penggerak 4×4.
Walau bukan varian tertinggi, toh Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×2 memiliki hampir semua fitur dan kelengkapan yang dimiliki oleh varian Dakar Ultimate 4×4.
Ya, selain sistem penggerak 4×4 dan mode berkendara offroad, varian Dakar Ultimate 4×2 memiliki fitur yang terlengkap di antara Pajero Sport 4×2 lainnya.
Apa saja ubahan yang dilakukan Mitsubishi pada versi terbaru Pajero Sport? Ulasan kali ini pasti bermanfaat buat Anda yang baru hendak membelinya tahun ini.
Biar Anda tahu, apa yang akan Anda dapat bila membelinya tahun ini. Memang generasi kedua Pajero Sport di Indonesia ini sudah cukup lama beredar, yakni sejak 2016.
Facelift tahun ini merupakan facelift kedua setelah Mitsubishi pertama kali meremajakannya pada 2021.
Eksterior
Perbedaan paling mencolok mobil ini dari versi sebelumnya, bagian depan. Grille baru dengan elemen warna putih memang membuatnya terlihat lebih segar dari sebelumnya.
Ditambah lagi ada tambahan under garnish yang membuat bemper depannya terlihat lebih ramping.
Bagian sampingnya tak ada yang berubah. Hanya desain velg two tone miliknya yang berbeda dari sebelumnya. Sedangkan bagian belakangnya juga sama saja.
Berbeda sedikit hanya karena ada rear under garnish yang juga bikin bemper belakangnya terlihat lebih ramping. Selebihnya Mitsubishi Pajero Sport versi 2024 tak berbeda dari sebelumnya.
Interior
Meski desain eksterior mobil yang tampan memiliki peran penting dalam memikat konsumen. Namun sejatinya hampir seluruh waktu pemilik mobil menghabiskan waktunya di dalam mobil.
Itu sebabnya porsi ubahan lebih besar dilakukan Mitsubishi di bagian interiornya.
Supaya Anda tahu, sentuhan perbedaan pada bagian interior dapat menyuguhkan rasa berkendara yang berbeda 180 derajat dibanding sebelumnya.
Terus terang saja itulah yang kami rasakan. Begitu masuk ke dalam kabinnya, Anda akan merasakan atmosfir yang berbeda. Terutama bila Anda sudah terbiasa dengan kabin Mitsubishi Pajero Sport sebelumnya.
Interiornya sekarang didominasi warna hitam dengan paduan warna Burgundi pada jok. Desain motif jok kulit barunya ini juga diklaim memiliki kemampuan menahan panas meski terpapar sinar matahari.
Atmosfer kabin yang baru ini sukses membuat suasana interior Pajero Sport berbeda dari sebelumnya.
Tetapi yang paling terasa, visual informasi berkendara dari panel cluster digital berukuran 8 inci dengan tampilan yang atraktif.
Setelah bertahun-tahun baru kali ini mengemudikan Mitsubishi Pajero Sport terasa seperti sedang mengemudikan mobil mewah.
Jadi tak melulu untuk memberikan sensasi berkendara yang berbeda harus dengan mengganti mesin, transmisi atau menyempurnakan kaki-kaki.
Sentuhan elemen detail ringan namun penting pada bagian interior dapat menyuguhkan rasa berkendara baru yang benar-benar berbeda.
Peningkatan ini sebetulnya sudah cukup. Meskipun masih banyak hal lain yang perlu ditingkatkan oleh Mitsubishi agar banderol sebesar Rp 703,1 juta ini terasa pantas.
Misalnya material dashboard hingga kualitas head unit layar sentuh LCD berukuran 8 inci di tengah.
Bayangkan saja mobil yang harganya mungkin setengah dari mobil ini saja sudah banyak yang dibekali sistem multimedia model Android.
Betul head unit Pajero Sport dibekali fungsi Android Auto ataupun Apple CarPlay. Namun saat tak terhubung dengan smartphone, tampilan dan fiturnya kurang berkesan.
Untungnya di plafon varian Dakar Ultimate 4×2 ini terdapat rear entertainment system. Kalau Anda ingin membeli Mitsubishi Pajero Sport yang ada roof monitor, pilih varian ini.
Karena tipe lainnya tak memakai roof monitor. Bahkan varian tertinggi, Dakar Ultimate 4×4 tak punya roof monitor. Sebagai gantinya ada sunroof.
Menariknya sunroof yang ada di varian termahalnya ini justru bisa ditemui pada varian yang lebih rendah dari unit yang kami uji ini.
Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 yang dijual Rp 650,7 juta justru memakai sunroof.
Mungkin selain dari harganya yang lebih murah Rp 50 juta, justru sunroof inilah alasan mengapa varian Dakar 4×2 menjadi yang terlaris dengan pangsa pasar lebih dari 75 persen diantara Mitsubishi Pajero Sport lainnya.
Jujur kalau disuruh memilih, mungkin saya juga akan memilih varian itu ketimbang varian unit yang kami uji ini. Kalau Anda bagaimana?
[Rizky Satria]