Test Drive Mercedes-Benz C200 Avantgarde Line: Lebih Utamakan Kenyamanan

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Mercedes-Benz C200 Avantgarde Line versi 2022. Generasi terbaru C-Class yang dirilis tahun lalu ini memang menampilkan desain yang lebih anggun dari sebelumnya. Semua justru lantaran pendekatan yang mengedepankan kesederhanaan.

Interiornya dibekali dengan teknologi terkini. Misalnya, kontrol operasi dan informasi yang terpusat pada layar diagonal berukuran 11,9 inci. Lalu adapula panel instrumen digital berukuran 12,3 inci. Masih banyak lagi lainnya.

Lantas bagaimana dengan performa dan rasa berkendaranya? 

Begini, Mercedes-Benz C-Class sejak dulu dikenal lebih mengutamakan kenyamanan. Terus terang, begitulah yang kami rasakan saat berkendara di dalamnya. Kualitas bantingan suspensi meningkat dibanding pendahulunya. Meski demikian, saat melindas jalanan yang ‘keriting’ ternyata peredaman suspensinya tak senyaman yang dibayangkan. 

Amat disayangkan, mungkin ini akibat penggunaan pelek berdiameter 18 inci dengan ban Run-Flat Tire (RFT) berprofil tipis. Masalahnya, jok C-Class terbaru yang bergaya sporty ini punya busa yang tak begitu tebal. 

Untungnya pengemudi C-Class didukung oleh bidang pandang ke depan yang luas. Posisi berkendara yang ideal pun dapat ditemukan dengan mudah. Jok depan sudah elektrik dan posisi lingkar kemudi dapat diatur maju-mundur serta naik-turun.

Punya setelan suspensi yang empuk, bagaimana dengan kesenangan mengemudinya? Tentu saja jangan berharap terlalu banyak. Apalagi kemudi dengan sistem electronic power steering (EPS) miliknya sangat minim feedback. Seolah kemudi tak terhubung langsung dengan roda. 

Intervensi komputer yang mengolah input kemudi menjadi arah roda menjadikan rasa mengemudikan mobil ini terasa hambar. Positifnya, kemudi lebih tenang di kecepatan tinggi dan pergerakannya selalu akurat yang membuat siapapun tak akan kesulitan mengendalikannya. Sepertinya Mercedes-Benz paham betul bahwa pemilik mobil ini adalah mereka yang berkelas dan tidak suka urakan atau berpindah-pindah jalur di jalan.

Soal performa, mesin yang digunakan 1,5 liter 204 hp dengan torsi puncak 300 Nm. Catatan ini bukan yang membanggakan untuk ukuran sedan Eropa berharga sekitar Rp 1 miliar. Tetapi output mesinnya ini juga tidak malu-maluin. 

Apalagi disediakan empat pilihan mode berkendara, yakni Eco, Comfort, Sport dan Individual. Masuk ke mode sport dan mesin akan diajak berputar di rpm tinggi. Pedal gas jadi terasa lebih responsif.

Tapi yang paling menyenangkan, C-Class sekarang sudah dibekali teknologi EQ Boost. Sistem mild hybrid ini berwujud motor listrik mungil yang berfungsi membantu performa mesin saat berakselerasi. Meski jujur saja sebetulnya yang kami rasakan, sistem EQ Boost lebih terasa manfaatnya dalam mengurangi konsumsi bahan bakar baik ketika mobil berakselerasi ataupun saat meluncur di jalan tol.

Apalagi generasi terbaru Mercedes-Benz C-Class sekarang dibekali transmisi otomatis 9-speed. Pilihan gigi yang begitu banyak, memungkinkan kendaraan melaju dalam kecepatan tinggi dengan rpm rendah. Usaha atau kinerja mesin menjadi lebih ringan. Efeknya, mesin terasa lebih halus, suaranya lebih tenang dan konsumsi bahan bakarnya pun jadi lebih irit.

Kesimpulannya, Mercedes-Benz C200 Avantgarde Line yang kami uji ini merupakan sedan elegan dengan elemen sporty yang mengutamakan kenyamanan berkendara ketimbang kesenangan mengemudi.

[MNR]

About pekik udi irianto 2685 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present