TEST DRIVE NEW MITSUBISHI TRITON: Mesin Baru Untuk Libas Medan Ekstrem

Rizki Satria | 31 Oct 2024

Full Width Image

AFTERMARKETPLUS.id - Tampil benar-benar baru di 2024, Mitsubishi Triton mengalami perubahan dari luar hingga ke dalam. Kami sudah bahas ubahan pada bagian eksterior maupun interiornya. Kali ini kami akan membahas performa dan pengalaman berkendaranya.

Mesin Baru

Mengusung tema "Turn On The Beast Mode", Mitsubishi Triton tak hanya tampilannya yang baru, tetapi juga mesin baru. Mesin berkode 4N16 diklaim merupakan versi dari mesin lamanya yang sudah disempurnakan.

Mesin diesel berkapasitas 2,4 liter dengan bantuan induksi turbo ini dipadukan dengan pilihan transmisi manual 5-speed, 6-speed dan otomatis 6-speed.

Uniknya, satu mesin memiliki output yang berbeda-beda tergantung dengan varian yang Anda pilih. Mitsubishi Triton 2024 ditawarkan dalam 4 varian, yakni HDX, GLS, Exceed dan Ultimate. Sedangkan tipe Single Cabin punya dua varian, GLX dan HDX. Masing-masing punya performa yang berbeda.

Anehnya, varian yang performanya paling kecil adalah tipe HDX. Tenaganya hanya 110 PS dengan torsi puncak 200 Nm.

Padahal tipe ini yang mungkin paling diminati untuk pemakaian di area perkebunan atau pertambangan.

Memang sih ini varian termurahnya, tetapi armada pertambangan tak butuh ornamen dan fitur kemewahan. Konsumen mobil ini justru lebih butuh tenaga yang mumpuni.

Sementara itu varian GLS mendapat mesin yang bertenaga 150 PS dengan torsi puncak 330 Nm. Torsinya jauh lebih besar dibanding varian di bawahnya.

Melihat output mesin, tipe ini sepertinya lebih masuk akal dipakai sebagai armada pertambangan.

Performa tertinggi sudah pasti dimiliki unit yang kami uji, tipe Ultimate. Tenaga yang dihasilkan 184 PS dengan torsi puncak 430 Nm.

Transmisi yang digunakan otomatis 6-speed. Mobil yang tampilannya lebih cocok untuk dipakai di perkotaan ini paling buas torsinya.

Seluruhnya sudah dibekali sistem penggerak 4x4. Hanya varian Single Cabin GLX saja yang tersedia dalam sistem penggerak 4x2.

Pengoperasian sistem penggerak ada dua jenis. Tipe GLS, Exceed dan Ultimate menggunakan kenop putar, sedangkan varian di bawahnya pakai tuas seperti tuas transmisi.

Seluruhnya tersedia dibekali differential lock guna kemampuan offroad yang lebih baik.

Kami menguji versi Ultimate di medan offroad. Performa mesinnya sangat dapat diandalkan.

Triton dapat merayap perlahan menanjak bahkan tanpa pedal gas diinjak. Ini karena torsinya yang besar sudah hadir di rpm rendah.

Kalau terhenti di tengah tanjakan juga tak perlu khawatir, ada fitur HAS (Hill Start Assist) yang menjaga mobil tak meluncur mundur saat ingin menanjak kembali.

Artikulasi roda juga cukup baik. Permukaan jalan offroad yang bergelombang dapat dilewati dengan mudah.

Traksi besar di roda yang memiliki grip lebih baik, berhasil meloloskan mobil ini dari tantangan sulit.

Ground clearance setinggi 222 mm juga memberikan kelincahan saat bermanuver di jalanan offroad maupun ketenangan saat melindas genangan air.

Tak perlu khawatir bodinya ditekuk saat membawa muatan penuh. Triton dibekali struktur rangka baru yang lebih besar ukurannya.

Menurut Mitsubishi berhasil meningkatkan bending rigidity hingga 60% dan torsional rigidity 40%. Artinya, mobil ini lebih durable atau tidak gampang patah rangkanya saat dipakai meliuk di medan offroad.

Untuk membantu pengemudinya, varian Ultimate ini juga dilengkapi lagi dengan 7 mode berkendara yakni, normal, eco, gravel, rock, sand, snow dan mud. Secara pintar mobil akan mengatur traksi mencegah ban selip di jalanan yang licin.

Sebagai tambahan, varian termahalnya juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan modern seperti Forward Collision Mitigation System, Blind Spot Warning, Lane Changing Assist, Rear Cross Traffic Alert, dan Automatic High Beam. Sayang fitur Adaptive cruise control belum tersedia.

Kesimpulannya, Mitsubishi Triton tahun 2024 menawarkan kemampuan yang lebih baik dalam menaklukan medan offroad lewat performa mesin barunya.

Harga yang harus Anda tebus untuk memilikinya, Rp 525,6 juta untuk varian yang termahal. Menurut Anda kemahalan atau tidak?

[Rizky Satria]

#Test Drive #New Mitsubishi Triton #Test Drive New Mitsubishi Triton

...
Author : Rizki Satria > 44 Articles

BROOM.ID I 2023-2024 Sr. Marketing Associate & Social Media Specialist

MOLADIN.COM I 2022 SEO Content Writer (Freelance)

OTO.COM I 2017-2022 Ass. Managing Editor & YouTube Channel Manager

ASCOMAXX, MOTOMAXX, DRIVENOW! I 2013-2017 Managing Editor

AUTOCAR INDONESIA I 2010-2013 Reporter / Journalist

 

 

Comment (0)

List Comment

No Comment