First Ride Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance di Tengah Kota Jakarta

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Piaggio Indonesia telah resmi meluncurkan Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance untuk pasar Indonesia beberapa waktu lalu. Motor roda tiga Piaggio ini mempunyai tampilan lebih segar serta adanya beberapa penambahan fitur dan peningkatan disektor dapur pacu.

Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance dipasarkan dengan harga Rp 360 juta On The Road (OTR) Jakarta. Motor roda tiga terbaru Piaggio ini mempunyai desain yang kental dengan skutik Eropa, dan dilihat dari dimensinya masih terbilang gambot dari sisi depan dan samping sampai kebelakang.

Melihat dari tampilannya sendiri Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance, sukses menarik perhatian pengendara lain ketika sedang melaju di jalan, apalagi terlihat dibagian kaki-kaki yang mempunyai roda lebih dari dua.

Piaggio MP3 500 HPE Advance ini mempunyai dimensi 2.200 mm, lebar 800 mm dan tinggi 1.540 mm. Setelah melihat desain dan penampakan motor roda tiga Piaggio ini, kemudian Saya mencoba mengendarai motor roda tiga dengan mencoba di tengah keramaian Ibukota Jakarta.

Yang pertama saya mempunyai tinggi badan 170 cm, yang pastinya kedua kaki Saya tidak bisa menyentuh aspal dengan sempurna, karena Piaggio MP3 ini mempunyai tinggi jok 790 mm dan mempunyai jok yang sangat lebar, otomatis bagian paha pengendara akan terbuka.

Sebenarnya untuk posisi riding masih bisa kita akali dengan nyaman bagaimana cara kita riding menggunakan motor roda tiga milik Piaggio Indonesia, seperti kita akan mengatur posisi duduk dengan menaikan kaki satu di dek dan satu menyentuh aspal untuk tumpuan saat berhenti. 

Piaggio MP3 500 HPE Advance ini mempunyai jok yang sangat nyaman, serta mempunyai dimensi yang lebar, sehingga akan nyaman digunakan dalam perjalanan jauh. Kemudian saat kita mengendarai, motor roda tiga Piaggio ini mempunyai setang yang lebar dan tinggi membuat kita lebih mudah dalam bermanuver.

Selanjutnya untuk fitur yang ditawarkan Piaggio MP3 HPE Advance yaitu Anti Slip Regulation, Anti-lock Braking System, DRL, Stoplamp LED, Ride by Wire, Hydraulic Suspension Locking System, Hold Assist, Panel instrumen digital + analog dan Riding modes (full & low).

Menariknya Piaggio MP3 ini menawarkan sensasi berkendara yang berbeda saat dikendarai khususnya pada saat kita berbelok, karena kedua roda depan sangat mumpuni saat diajak bermanuver dan mempunyai cengkraman yang baik ke aspal apalagi sudah adanya fitur traction control.

Lanjut dibagian suspensi yang mempunyai bantingan yang sangat nyaman bahkan bisa dibilang sangat lembut. Karena gerakannya lembut dan independent untuk melakukan manuver ditengah kemacetan ibukota tidak masalah, tapi perlu diperhatikan karena mempunyai bagian bodi yang sangat gambot.  

Asiknya pengendara tidak perlu turun kaki ketika saat berhenti, saat di lampu merah ataupun di kemacetan. Pertama yang harus kita perhatikan seperti grip gas sudah tertutup dan pastikan posisi motor dalam posisi center.

Jika sudah melakukan dengan baik, cukup lakukan geser tombol hold assist dibagian saklar kanan, secara otomatis motor akan berdiri tegak, ketika ingin digunakan, cukup membuka gas secara perlahan otomatis hold assist akan mati secara otomatis.

Pada saat parkir, jalanan menurun atau menanjak tidak perlu khawatir cukup menekan tuas rem di bagian dek tengah. Piaggio MP3 500 HPE Advance mengalami peningkatan performa sebesar 14% dari model sebelumnya.

Piaggio MP3 500 HPE Advance dibekali mesin berkapasitas 493 cc High Performance Engine, berpendingin cairan dan pengabut Injeksi, mampu menghasilkan tenaga maksimal 44,2 dk di 7.750 rpm dan torsi puncak 47,5 Nm dengan menggunakan output transmisi otomatik CVT.

Piaggio MP3 terbaru ini mempunyai bobot 282 kg, kemudian dibagian pengereman sudah dibekali cakram di masing-masing rodanya yang mempunyai 2 cakram di depan berukuran 258 mm dan satu cakram dibelakang berukuran 240 mm.

Uniknya secara jumlah pengereman Piaggio MP3 ini mempunyai 4 cara pengereman. Pertama ada rem belakang di tuas rem kiri, rem depan di tuas kanan, dan rem kaki mengaktifkan rem depan dan belakang secara bersamaan serta mempunyai gigi mundur yang diperuntukan untuk parkir.

[Angga Marsanto]