Test Drive All New Agya GR Sport: Tunjukkan Tajinya

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Belum lama ini tepatnya di bulan Februari 2023, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan All New Toyota Agya dan All New Toyota Agya GR Sport di Indonesia. Nah tanpa menunggu lama, Kami selama 3 hari bersama awak media Nasional lainnya diberikan kesempatan untuk menjajal secara langsung varian tertinggi All New Agya GR Sport di pulau Bali (4-6/4/2023).

Pulau Bali dipilih menjadi ajang test drive karena di kenal memiliki karakter jalanan yang sempit, ramai dan berkelok dengan berbagai tanjakan dan turunan terasa sangat pas untuk menggeber hatchback keluaran terbaru dari Toyota ini.

Di hari pertama sengaja Kami memilih duduk di bangku baris kedua All New Agya GR Sport, untuk mengetahui seberapa nyaman penumpang di belakang. Dengan dimensi panjang 3.830 mm, lebar 1.665, tinggi 1.505 mm dan jarak sumbu roda 2.525 mm kabin All New Agya GR Sport ini terasa luas.

Dengan Kami berempat, ruang kaki masih menyisakan tempat yang lega. Demikian juga dengan headroom masih cukup luas. Asyiknya lagi bangku juga tidak terlalu tegak, sehingga duduk pun masih terasa nyaman.

Yang Kami rasakan saat duduk di bangku baris kedua, racikan setingan suspensinya cukup baik. Tidak terlalu empuk juga tidak terlalu keras. Tidak mengherankan memang, karena Toyota telah melakukan beberapa penyempurnaan, salah satunya pada sistem suspensi. Platform monocoque telah dikembangkan Toyota bersama sistem suspensi yang sanggup meredam guncangan dengan lebih baik dan fleksibel di berbagai kondisi jalan di Indonesia.

Puas duduk sebagai penumpang, saatnya mengendarai All New Agya GR Sport menyusuri jalan di pulau Dewata. Aura sporty interior sangat kental terasa saat Kami masuk ke dalam kabin. Ini terlihat pada jok warna hitam dengan perpaduan nuansa benang jahitan warna merah. Demikian juga dengan tuas persneling yang dibungkus kulit dengan nuansa senada pada bangku.

Seakan ingin menunjukkan kelasnya, All New Agya juga menghadirkan Stir yang sporty dengan dibalut kulit. Bukan hanya nyaman digenggam, tapi juga enak dilihat.

Puas mengamati interior All New Agya GR Sport, tanpa menunggu lama tombol Start/Stop engine pun Kami tekan, suara mesin terdengar halus dari dalam kabin. Kebetulan saat itu lalu lintas cukup padat di perkotaan, tuas persneling Kami geser di posisi D. All New Agya GR Sport dengan dimensinya yang Compact cukup lincah membelah kepadatan lalu lintas.

Asyiknya karakter torsi kuat yang didapatkan sejak putaran mesin rendah tersebut memberikan akselerasi lebih cepat dan sigap saat mendahului kendaraan lain. Alhasil mengemudikan All New Agya GR Sport di dalam kota sangat menyenangkan.

Perjalanan bersama All New Agya GR Sport pun berlanjut menuju ke daerah Ubud. Perjalanan inipun semakin mengasyikkan dan menantang, selain Kami disuguhi panorama alam nan elok, juga jalanan yang sempit, menanjak, menurun dan berkelok menjadi santapan empuk bagi All New Agya GR Sport.

All New Agya GR Sport mengusung mesin baru berkode WA-VE 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11,52 Kgm pada 4.500 rpm. Saat melintasi jalan menanjak, mesin baru yang disandangnya ini melahap dengan mudahnya, tenaganya terasa berlimpah.

Demikian juga saat memasuki jalan berkelok, handling All New Agya GR Sport ini sangat baik, tidak ada gejala body roll yang berlebihan. Meskipun sebenarnya termasuk mobil berjenis City Car, toh nyatanya All New Agya GR Sport ini diajak jalan keluar kota ternyata masih cukup nyaman. Apalagi visibilitas nya juga sangat baik.

Selain itu, mode berkendara Sport di mobil ini, sungguh memberikan sensasi berbeda. Tenaga nya juga semakin responsif membuat semakin percaya diri saat melibas kendaraan lain di depan. Toyota sukses menghadirkan mengemudi yang Fun to Drive.

Tentunya All New Agya GR Sport yang dibanderol Rp 256 juta (on the road) Jakarta ini, telah dilengkapi dengan segudang fitur keselamatan. Seperti ABS+EBD, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Alarm+Immobilizer, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, Airbag, Seat Belt Warning dan Speed Sensor Lock.

[MNR]

About pekik udi irianto 2274 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present