Test Drive All-New Mazda CX-60: Perjalanan Seru Menjelajah Lereng Merbabu

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Setelah All-New Mazda CX-60 resmi diluncurkan di Indonesia bulan Juli lalu, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) memberikan kesempatan kepada Kami untuk membuktikan ketangguhan, kenyamanan dan kecanggihan teknologi dari All New Mazda CX-60.

Menariknya Mazda Indonesia memberikan kesempatan untuk menguji All New Mazda CX-60 dengan jarak ratusan kilometer ke Jawa Tengah, yaitu kota Semarang, Magelang dan Boyolali dengan rute perjalanan yang komplet dan menantang.

Perjalanan test drive ke Semarang start dari kantor pusat PT EMI di kawasan Jakarta Selatan, dengan mengambil rute menuju jalan tol JORR berlanjut ke tol layang MBZ. Sepanjang perjalanan di jalan bebas hambatan All New Mazda CX-60 Kuro warna putih yang Kami uji ini memberikan kenyamanan sebuah mobil SUV premium.

Kabin yang hening dengan bantingan suspensi yang tidak terlalu keras namun juga tidak terlalu empuk dari Mazda CX-60, membuat kontur jalan tol layang MBZ yang bergelombang menjadi tidak terasa.

Posisi duduk yang nyaman menambah poin lebih dari mobil ini. Asyiknya lagi saat di jalan tol mulai dipadati dengan kendaraan lain, teknologi Mazda Radar Cruise Control (MRCC) yang dapat menjaga jarak dengan mobil di depannya ini sangat membantu kerja pengemudi.

Selain itu fitur ini dapat diaktifkan tanpa minimum kecepatan dan bekerja dengan Cruising & Traffic Assist, ini menambah kenyamanan Kami dalam berkendara pada jalan bebas hambatan.

Saat mengendarai New CX-60 di jalan tol dengan jarak yang cukup jauh, badan masih tetap terasa bugar. Ini karena selain kabin yang lega, juga jok yang empuk menopang dengan baik tubuh saat duduk. Meskipun bodi New CX -60 ini bisa dibilang cukup bongsor, dengan panjang 4,740 mm, lebar 1,890 dan tinggi 1,686 namun saat mengemudikan mobil ini serasa membawa mobil yang lebih compact.

Puas mengajak jalan New CX-60 di tol Trans Jawa, SUV terbaru dari Mazda ini Kami ajak blusukan ke daerah magelang dengan kontur jalan yang sangat menantang. Benar saja, saat menuju kota Magelang Kami langsung disuguhi dengan jalan yang sedang dalam perbaikan.

Imbas dari perbaikan itu, selain jalan bergelombang dan di beberapa titik terdapat lubang dengan aspal mengelupas, namun bagi New CX-60 sama sekali bukan masalah berarti. Mobil masih bisa berjalan dengan nyaman dan suspensi yang bekerja dengan baik. Tidak mengherankan memang, karena mobil ini mengadopsi suspensi depan Double Wishbone dan belakang memakai suspensi Multi-link.

Selain itu, yang semakin menyenangkan selama perjalanan bersama New CX-60 saat melintas di jalan provinsi Jawa Tengah, yaitu saat akan mendahului kendaraan lain di tengah kepadatan lalu lintas. Hanya dengan injakan halus pada pedal gas dengan mode berkendara Sport, New CX-60 dengan mudah mendahului kendaraan lain.

Saat melintas di keramaian di daerah Magelang, fitur i-Activsense yang dilengkapi dengan berbagai perangkat pendeteksian jarak jauh untuk memastikan pemantauan 360° sekitar kendaraan, ini sangat membantu Kami. Sistem i-Activsense dengan cepat memberi peringatan kepada pengemudi tentang ancaman potensial.

Ketika memasuki daerah pegunungan di Boyolali dengan banyaknya tanjakan, tenaga dari New CX-60 ini terasa ringan. Mesin 3.3L Inline 6-silinder yang menghasilkan tenaga 280 hp dan torsi 450 Nm menunjukkan tajinya. Performa maksimal begitu mudah dicapai, distribusi tenaga juga terasa merata berkat transmisi 8-speed automatic yang disandangnya.

Untuk konsumsi BBM nya juga masih tergolong irit, ini salah satunya berkat teknologi elektrifikasi M Hybrid Boost, dengan mesin e-Skyactiv G. Sistem yang sering juga disebut mild hybrid ini menangkap energi selama perlambatan kendaraan, menyimpannya sebagai listrik untuk membantu mesin selama akselerasi dan saat awal perjalanan.

[MNR]

About pekik udi irianto 2408 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present