Test Drive All-New Santa FE Hybrid: Memanjakan Seluruh Penumpang dan Fun to Drive

pekik udi irianto | 08 Dec 2024

Full Width Image

AFTERMARKETPLUS.id - Belum lama ini PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meluncurkan varian SUV terbarunya, yakni All-new Hyundai Santa FE dengan menawarkan pilihan mesin Hybrid dan Bensin.

Kehadiran New Santa FE yang hadir dengan tampilan baru yang benar-benar beda dengan model sebelumnya ini tentu membuat kejutan tersendiri, terutama bagi loyalis merek Hyundai. Bisa dibilang SUV dari Hyundai ini tampil lebih kekar, modern serta besar layaknya model mobil-mobil Amerika.

Untuk membuktikan ketangguhan dari All-new Santa FE ini, HMID mengajak kami untuk mencoba secara langsung mobil ini. Pilihan jalur yang beragam dan menantang dari Bandung menuju Garut lebih dari cukup menjadi ajang pembuktian. Mulai dari rute perkotaan, tol hingga menyusuri jalan di pegunungan.

Eksterior

Kebetulan kami mendapatkan unit dengan warna Midnight Black Matte varian tertinggi, yakni All-new SANTA FE Hybrid Calligraphy yang dibanderol Rp 869.600.000 (on the road) Jakarta.

Dilihat dari depan, All-new Santa Fe Hybrid warna Midnight Black Matte ini terlihat begitu berwibawa dengan tersematnya lampu utama H-light LED Dual Projector. Semakin terlihat gagah dengan bodi bongsornya dan ditopang pelek jari-jari warna hitam senada bodi berukuran 20 inci.

Tampak samping, garis tegas lurus sepanjang bodi dan lekukan pada spatboard ban depan maupun belakang semakin mempertegas dan menunjukkan sebuah mobil SUV premium. New Hyundai Santa FE Hybrid ini semakin memancarkan kemewahannya dengan hadirnya Hidden-type Assist Handle/Quarter Glass.

Sedangkan bagian belakang All-new Santa FE ini, kita perlu untuk membiasakan untuk memandangnya. Kalau dilihat sepintas, desainnya yang terlihat rata terkesan kurang Greng. Namun, tampilan eksterior sebuah mobil memang masalah kwestie van smaak (selera), sama seperti pilihan warna sebuah mobil.

Namun ketika lampu belakang dihidupkan, warna merah membentuk huruf 'H' tampak begitu anggun. Lampu rem yang letaknya terpisah berada di bawah membentuk garis lurus terlihat unik.

Interior

Masuk ke dalam kabin New Santa FE, interior mobil ini begitu modern dan mewah serta terlihat begitu memanjakan penumpangnya. Ini terlihat dari layar infotainment berukuran 12,3 inci yang melengkung mengarah ke pengemudi.

Kabinnya begitu lapang dan luas dengan atap panoramic, sehingga dengan enam penumpang dewasa pun plus dengan barang bawaan New Santa FE masih bisa mengakomodasi dengan baik. Hyundai seakan paham dengan karakter orang Indonesia yang gemar bepergian dengan sanak keluarga maupun teman. Ini tentunya menjadi nilai lebih dari New Santa FE.

Posisi duduk yang begitu ergonomis, baik itu di bangku baris pertama, kedua maupun ketiga, New Santa FE ini begitu memanjakan seluruh penumpangnya. Pengaturan seluruh kursi yang sudah elektrik tentu sangat memudahkan penumpang untuk mendapatkan posisi duduk yang nyaman.

Apalagi saat duduk di bangku baris kedua, selain pengaturan yang juga sudah elektrik, bangku Captain Seat semakin memanjakan penumpang. Hebatnya lagi, kursi baris kedua ini juga sudah dilengkapi dengan Seat Heating/Ventilation pada joknya dengan 3 pengaturan.

Asyiknya lagi selain banyaknya laci penyimpanan, juga tersedianya begitu banyak port usb type C dari bangku baris pertama hingga bangku baris ketiga. Sehingga kita duduk dimanapun, ngecharge HP begitu mudah.

Rasa Berkendara

Puas mengamati eksterior maupun interior New Santa FE Hybrid Calligraphy, saatnya mengendarai mobil ini. Posisi duduk yang begitu nyaman dengan jok empuk yang dibalut Nappa Leather, serta lingkar kemudi yang begitu nyaman digenggam mengendarai SUV terbaru dari Hyundai begitu menyenangkan.

Meskipun memiliki bodi yang bongsor, menariknya mengendarai New Santa FE ini serasa membawa sebuah mobil compact. Begitu lincah dan mudah dikendarai saat membelah kemacetan di kota Padalarang.

Yang lebih menyenangkan lagi saat kami terjebak kemacetan, suara audio yang dikeluarkan dari speaker BOSE begitu memanjakan telinga seluruh penumpang, sangat membantu mengusir kejenuhan.

Selain itu, fitur Hyundai SmartSense BCA (Blind spot Collision avoidance) sangat membantu pengemudi untuk memantau daerah sekitar mobil. Terutama dengan begitu banyaknya sepeda motor yang lalu lalang.

Memasuki jalan tol di Bandung, untuk mendapatkan sensasi berkendara yang lebih memacu adrenalin, mode berkendara dari ECO kami ganti ke mode Sport.

Di sini mesin turbo 1,6-GDI Hybrid dengan maksimum power 180 Ps dan torsi maksimum 265 Nm di 1.500-4.500 rpm yang disandang New Santa FE ini menunjukkan tajinya.

Hanya dengan injakan halus pada pedal gas, mobil dengan mudahnya melaju kencang. Perpindahan transmisi 6-speed automatic begitu halus layaknya sebuah mobil sedan.

Nah saat melaju di jalan tol, fitur - fitur keselamatan lainnya seperti LFA (Lane Following Assist) ini kami rasakan sangat membantu pengemudi agar tetap aman di jalan.

Begitu juga dengan keheningan kabin dari New Santa FE ini cukup baik. Di kecepatan sekitar 100 km/jam, suara bising di luar tidak begitu terdengar, sehingga penumpang bisa menikmati lagu tanpa terganggu.

Perjalanan test drive kami kali ini semakin menantang ketika New Santa FE menuju kawah Kemojang di daerah Garut. Jalanan yang sempit serta berkelok dengan kontur jalan menanjak dan menurun, menjadi santapan empuk SUV Hyundai ini.

Dibekali dengan suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang Multi-Link, bantingan New Santa FE terasa begitu pas saat melibas jalan berlubang maupun jalan tidak rata. Bantingan suspensinya tidak terlalu lembut namun juga tidak terlalu keras.

Begitu juga saat menanjak, tenaganya begitu power full. Mesin 1,6 cc Turbo yang dibantu mesin Hybrid dengan maksimum power 44.2 kW dengan maksimum torsi 264 nm di 1.700 rpm layak diacungi jempol.

Selain itu, New Santa FE seharga Rp 800 jutaan ini telah dibekali dengan segudang fitur-fitur canggih, seperti FCA (Forward Collision-Avoidance Assist), BCA (Blind-Spot Collision-Avoidance Assist), BVM (Blind-Spot View Monitor), LKA (Lane Keeping Assist), ESC (Electronic Stability Control), ABS (Anti- lock Braking System), BAS (Brake Assist System), DBC (Downhill Brake Control) serta VSM (Vehicle Stability Management).

[MNR]

#hybrid #Test Drive #All-New Santa FE Hybrid #Test Drive All-New Santa FE Hybrid

...
Author : pekik udi irianto > 2747 Articles

Pekik Udi Irianto mengenyam pendidikan di Vrije Academie voor de Beeldende Kunsten, The Haque, NL. Memulai karir di bidang otomotif sejak: 1994 : Fotografer Tabloid Otomotif. 2001 : Redaktur Foto Tabloid Otosport. 2003 : Redaktur Foto Majalah Auto Bild Indonesia. 2015 : Pemimpin Redaksi aftermarketplus.id.

Comment (0)

List Comment

No Comment