Test Drive All-New Toyota Vios: Eks Taksi yang Naik Kelas

AFTERMARKETPLUS.id – Tidak salah kalau kami bilang Toyota Vios sekarang naik kelas. Lihat saja paras barunya yang semakin tampan dibanding sebelumnya.

Bagaimana tidak, Toyota Vios generasi terbaru ini punya desain bergaya fastback yang kental dengan unsur sedan mewah ala Eropa.

Di balik kulitnya, tersembunyi platform baru DNGA (Daihatsu Global Architecture). Ya, mobil ini dikembangkan oleh Daihatsu khusus untuk Toyota. Rasanya, jelas jauh berbeda dari Vios generasi sebelumnya.

Namun sebelum kita bahas rasa berkendaranya, kita bahas dulu eksterior dan interiornya.

Sedan entry level Toyota yang diperkenalkan Oktober 2022 ini sudah menganut bahasa desain terbaru Toyota. Wajahnya semakin dekat dengan kedua saudaranya, Toyota Corolla Altis dan Toyota Camry.

Grille depan yang lebar dan tegas bergaya sporty namun tetap terlihat elegan. Minusnya kini di bagian bemper lampu kabut harus absen untuk memuat aksen kisi-kisi hitam.

Lampu utama sudah LED lengkap dengan LED Light Guide dan DRL (Daytime Running Light). Lampu kombinasi belakang pun sudah memakai LED.

Bagian samping terlihat mewah berkat desain siluet atap bergaya fastback. Atap memanjang ke belakang memberik kesan kalau Vios punya jarak sumbu roda yang panjang.

Makanya ia punya 6 buah jendela. Apalagi desain kap mesin juga memanjang di depan. Kesan sporty diperkuat oleh ban yang membalut pelek berdiameter 17 inci.

Masuk ke dalam kabin, jangan kaget kalau Anda sedang berada di dalam Toyota Vios. Kesan premium tampak dari penggunaan material kabin yang mewah.

Toyota Vios sebelumnya punya dashboard dengan akses jahitan palsu. Sekarang, dashboard dan doortrim sudah benar-benar dibalut kulit lengkap dengan aksen jahitan sungguhan.

Layout dashboard dibuat rata dan rendah. Sekilas mirip BMW Seri-3 generasi bodi E90. Kemudian ada aksen berwarna silver di dashboard yang semakin meyakinkan kalau dirinya sudah naik kelas.

Konsol tengah memisahkan pengemudi dengan penumpang depan, memberikan privasi saat berkendara. Center arm rest juga sudah dibalut material soft pad.

Di depan pengemudi, terdapat layar Multi Information Display (MID) berukuran cukup besar dan spidometer digital TFT. MID digital punya pilihan mode grafis yang seluruhnya menampilkan informasi berkendara secara atraktif.

Jadi Anda tidak akan cepat bosan. Tersedia beberapa pilihan tampilan layar dengan grafis yang menarik.

Tertanam di tengah dashboard head unit 9-inci dengan konektivitas smartphone. Di dalamnya tertanam fitur T-Intouch dengan fungsi Find My Car hingga Geofencing.

Sementara itu untuk mendukung kenyamanan kabin, Toyota menyediakan air purifier pada sistem air conditioning kendaraan yang dapat menjaga kualitas udara di dalam kabin.

Masuk ke kabin belakang, ruang yang ditawarkan cukup lega. Ruang kepala pun masih memadai. Jok sudah kulit untuk unit tipe G TSS yang kami uji ini.

Sayangnya tidak tersedia center arm rest untuk penumpang belakang. Jok belakangnya ini pun tak bisa dilipat. Untungnya kapasitas bagasinya masih memadai. 

Masih penasaran dengan All-New Vios Sob? Tunggu artikel selanjutnya ya……

[MNR]

About pekik udi irianto 2275 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present