Test Drive BYD Dolphin: Hadirkan Banyak Kejutan

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Belum lama ini PT BYD Motor Indonesia resmi memperkenalkan 3 model sekaligus kendaraan listriknya, yaitu BYD Seal, BYD Atto3 dan BYD Dolphin (18/1/2024).

Nah untuk menjawab rasa penasaran bagaimana rasa berkendara dari salah satu model unggulannya, yakni BYD Dolphin, kami bersama awak media nasional lainnya diberikan kesempatan untuk menjajalnya dengan rute dari Jakarta – Bogor – Jakarta.

Eagle Zhao, President Director PT BYD Motor Indonesia di sela acara mengatakan, bahwa BYD Dolphin ini sangat cocok untuk diperkotaan. Makanya kami memilih rute Jakarta – Bogor karena bisa merasakan berkendara di dalam kota dan juga jalan tol.

Tampilan eksterior dari BYD Dolphin ini cukup menggoda. Tampak depan, bemper dengan aksen list hitam melengkung ke dalam serta kehadiran lampu utama LED semakin menyiratkan kesan elegan.

Pada bagian belakang, lampu utama yang menyipit dengan garis kaca memanjang dengan nuansa hitam membuat BYD Dolphin tampil sporty. Ditunjang pelek berukuran 17 inci, BYD Dolphin semakin gagah. Menariknya BYD Dolphin ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 130 mm.

Puas mengamati bagian eksterior, kami masuk kedalam mobil ini. Kami langsung disambut dengan interior yang terlihat mewah dan modern. Layar MID yang cukup unik karena berukuran mungil, namun tetap informatif.

Nah yang paling menarik dan unik, yakni hadirnya Smart Intelligent Rotating Touch Screen yang sangat informatif berukuran 12.8 inci yang bisa kita atur tampilannya sesuai keinginan pengemudi, mau tampil vertikal atau horisontal.

BYD Dolphin ini bisa dibilang berhasil membuat kami sedikit terperangah karena menghadirkan beberapa kejutan. Seperti posisi duduk yang ergonomis serta nyaman dengan jok empuk dengan bahan lembut berkualitas, stir yang nyaman digenggam dan semua tombol pengaturan dalam jangkauan.

Saat BYD Dolphin kami ajak menyusuri jalan perkotaan di Jakarta maupun di Bogor, mobil ini sangat nyaman dikendarai walaupun terkadang kita terjebak kemacetan. Visibilitas dari BYD Dolphin ini juga cukup baik. Untuk diajak bermanuver mobil ini cukup lincah, meskipun BYD Dolphin memiliki dimensi panjang 4290 mm, lebar 1770 mm dan tinggi 1570.

Radius putarnya juga kecil, tentunya ini sangat menyenangkan saat diajak putar balik di jalan yang tidak terlalu lebar.

Puas berkendara di dalam kota, BYD Dolphin kami geber menuju jalan tol Jagorawi. Suasana lalu lintas yang tidak terlalu ramai, menjadi kesempatan untuk gas pol dengan mode berkendara Sport.

BYD Dolphin Dynamic Standard Range dibekali power 70 kW dan torsi maximum 180 Nm , sedangkan pada Dolphin Premium Extended Range memiliki Maximum Power 150 dan Maximum Torsi sebesar 310.

Tak mengherankan, kalau BYD Dolphin ini tarikannya berasa enteng dan dengan mudahnya mendahului kendaraan lain. Bantingan suspensi dari BYD Dolphin ini juga terasa empuk, namun mobil tetap stabil melaju di jalan. Seperti diketahui, BYD Dolphin suspensi depan menggunakan MacPherson Strut dan belakang Multi link.

O ya, untuk yang model Dynamic Standard Range mampu berjalan sejauh 410, sedangkan pada Premium Extended Range sanggup dikendarai sejauh 490 km.

Untuk sistem keamanannya, BYD Dolphin ini telah dibekali fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS), termasuk intelligent driving, driving assistant, active safety, parking assistance.

Menariknya terdapat juga berbagai sistem sensor, seperti Lane Change Collision Warning (LCW), Rear Cross Traffic Alert, Rear Cross Traffic Brake, Adaptive Cruise Control, Automatic Emergency Braking System (AEB), dan Blind Spot Detection.

Selain itu, BYD Dolphin juga dilengkapi tujuh airbag yang melindungi setiap sisi-sisi di bagian dalam mobil. Dengan standar keamanan dan keselamatan yang tinggi, BYD Dolphin juga sudah mendapatkan sertifikat NCAP bintang lima.

Sayangnya untuk harga, BYD Motor Indonesia ini masih belum mengumumkan secara resmi, masih digodok harga yang paling sesuai untuk pasar di Indonesia.

[MNR]

About pekik udi irianto 2456 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present