
AFTERMARKETPLUS.id – Kami sangat antusias waktu ditawarkan menguji Chery Omoda 5. Bagaimana tidak, crossover buatan produsen asal Cina ini telah dipesan sekitar 1.500 unit tak lama pasca peluncurannya pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 lalu.
Seperti yang sudah kami ulas di artikel sebelumnya. Mobil ini menarik hati konsumen lantaran dengan harga yang sedikit lebih murah dibanding kompetitornya seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta, tetapi ia menawarkan fitur yang lebih lengkap dengan tampilan eksterior maupun interior yang mewah dan atraktif.
Lantas bagaimana dengan performa dan rasa berkendaranya?
Jujur performa mobil ini bukan salah satu favorit Kami. Meskipun telah didukung bantuan induksi turbocharger, di atas kertas ternyata performa mesin 1,5 liter turbo yang menjadi sumber tenaganya tak terlalu istimewa. Tenaga yang dihasilkan 145 hp dengan torsi puncak 230 Nm.
Kalau ingin dibandingkan, Honda HR-V bermesin 1,5 liter turbo menghasilkan tenaga 174 hp dengan torsi puncak 240 Nm.
Selisihnya cukup jauh bukan? Memang dari sisi harga Honda HR-V turbo tembus Rp 529 juta.
Sedangkan unit yang kami uji ini, Chery Omoda 5 tipe termahal dijual dengan harga Rp 399,8 juta. Perbedaan harganya sekitar Rp 40 jutaan.
Melihat spesifikasi mesinnya, performa Chery Omoda 5 justru bersaing dengan crossover sejenis bermesin 1,5 liter non turbo seperti Honda HR-V non turbo, Hyundai Creta dan lainnya.
Nah kalau dibandingkan dengan mobil-mobil tersebut, harga Chery Omoda 5 jadi tidak lebih murah.
Performanya sendiri saat diuji di jalanan pun terasa biasa saja. Tarikannya tidak sampai membangkitkan adrenalin.
Sedikit banyak dipengaruhi penggunaan transmisi otomatis jenis CVT (Continuous Variable Transmission) yang meraung terlebih dahulu ketika pedal gas diinjak dalam.
Barulah setelah itu transmisi menyadari perlu gigi rendah untuk berakselerasi maksimal.
Itu sebabnya simulasi 9-percepatan transmisi CVT miliknya lebih ditujukan untuk mengejar efisiensi berkendara. Meski bisa, tapi kami jarang mengoperasikan giginya secara manual.
Tak ada paddle shift pula. Lebih baik kami biarkan Chery Omoda 5 memilihkan posisi gigi yang tepat. Mobil dapat melaju di kecepatan tinggi dengan rpm rendah.
Mode berkendara ECO lebih banyak kami gunakan sepanjang pengujian untuk efisiensi bahan bakar yang optimal.
Menariknya, karakter setelan suspensinya justru dibuat agak sporty. Jadi berlawanan nih dengan performanya.
Suspensinya bekerja cukup baik saat Chery Omoda 5 bermanuver di tikungan memberikan stabilitas berkendara yang jempolan. Ditambah lagi pergerakan kemudi yang linear dan bobotnya yang pas.
Mengemudikan mobil ini di jalan tol terasa menyenangkan. Namun konsekuensinya, suspensinya terasa agak keras saat melindas polisi tidur di kecepatan rendah di dalam kota.
Untungnya kualitas kekedapan kabinnya sangat baik. Kabin yang tenang cukup nyaman untuk dipakai di perkotaan.
KESIMPULAN
Chery Omoda 5 cocok buat Anda yang suka mobil berparas unik dan memiliki fitur berlimpah di kisaran harga Rp 400 juta.
Performanya memang bukan yang terbaik di kelasnya. Tetapi bukan berarti tak dapat diandalkan.
Kemudinya menyenangkan, kabinnya tenang dan cukup nyaman. Chery sukses meracik keseimbangan antara peforma yang cukup, kesenangan mengemudi dan kenyamanan berkendara.
[MNR]