Test Drive Chery Omoda 5: Sudah Laku Lebih dari 1.000 Unit. Apa Bagusnya?

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Chery bukan nama yang asing di telinga pemerhati otomotif Indonesia. Masalahnya, Chery punya sejarah yang kurang baik pada waktu kedatangan perdananya ke Indonesia 17 tahun silam. Ia kalah bersaing lantaran kualitas produknya kerap diragukan. Padahal di negeri asalnya, Chery sukses menjadi salah satu produsen mobil terbesar.

Memulai perjalanan baru di Tanah Air, Chery datang di 2022 dengan membawa dua produk bermutu, Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro. Keduanya berjenis SUV (Sport Utility Vehicle) dan dibanderol tak bisa dibilang murah.

Tipe termurahnya, Tiggo 7 Pro dijual mulai Rp 369,5 juta. Model termahalnya, Tiggo 8 Pro Premium seharga Rp 558,5 juta. Sudah punya sejarah yang kurang baik, kemudian datang kembali dengan lini produk premium di rentang harga sekitar setengah miliar Rupiah.

Untungnya belum lama ini, Chery memperkenalkan produk terbarunya. Crossover 5-penumpang bernama Chery Omoda 5 dijual dalam dua varian, Z seharga Rp 329,8 juta dan RZ yang dibanderol Rp 399,8 juta. Harganya memang tak berbeda terlalu jauh dari kompetitornya dari Jepang, Honda HR-V. Tetapi mobil ini menawarkan kelengkapan dan spesifikasi yang serupa.

Paling utama, jelas desain eksteriornya yang menggoda. Diberi tajuk, Cross Future, wajahnya memakai one-piece diamond grille yang berbeda dari mobil lain yang pernah ada. Lampu utama menggunakan LED proyektor dan lampu sein sudah sequential.

Tampilan Chery Omoda 5 terlihat atraktif dari samping berkat garis bahu yang tegas dan aksen lis bodi berwarna merah. Aksen merah juga ditemui pada pelek 18 inci yang berdesain menarik dengan warna dasar hitam. Atap belakang yang melandai juga memberi kesan mobil terlihat dinamis atau tampak bergerak meski sedang diam.

Sementara itu bagian belakangnya tampil futuristis dengan lampu kombinasi belakang LED yang dibuat tampak terhubung antara bagian kiri dengan bagian kanan. Tambahan spoiler belakang menyempurnakan kesan sporty pada keseluruhan desainnya.

Berhasil tampil mewah dan gagah, ternyata Chery Omoda 5 punya dimensi yang lebih besar dari kompetitornya seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta. Crossover buatan brand asal Cina ini memiliki dimensi panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.585. Sebagai perbandingan, dimensi pxlxt Honda HR-V, 4.330 mm x 1.790 mm x 1.580 mm dan Hyundai Creta, 4.315 mm x 1.790 mm x 1.630 mm.

Punya dimensi yang lebih bongsor, harapannya Chery Omoda 5 menawarkan ruang kabin yang lega untuk ukuran SUV di kelasnya. Saat kami coba masuk ke dalam interiornya, ruang kabinnya terasa biasa saja.

Kursi pengemudi dan penumpang depan dipisahkan konsol tengah yang berukuran cukup besar pula. Tujuannya sih baik, memberikan privasi sekaligus menjadi rumah bagi tuas transmisi, pengaturan audio, rem parkir elektrik, smartphone wireless charger hingga cup holder.

Penempatan instrumen dan tombol di konsol tengah cukup ergonomis karena mudah diraih oleh pengemudi sehingga berbagai pengaturan bisa dilakukan tanpa mengganggu konsentrasi berkendara.

Sayang colokan USB posisinya justru di sebelah kursi penumpang bukan dekat pengemudi. Laci penyimpanan berupa lubang di bagian bawah konsol tengah juga merepotkan untuk dijangkau saat berkendara. Paling signifikan, konsol tengah ini cukup menyita ruang.

Kursi belakang memang lebih lega karena tidak dipisahkan konsol tengah. Ruang kaki sih cukup memadai. Hanya saja atap yang melandai membuat ruang kepala jadi lebih terbatas. Memang kepala tak sampai mentok ke plafon, tetapi atap yang rendah membuat ruang kabin terasa lebih sempit. Apalagi sunroof elektrik ukurannya kecil, tidak sampai ke bagian penumpang belakang.

Untungnya interior Chery Omoda 5 terbuat dari material yang cukup memuaskan. Seluruh jok sudah dibalut kulit termasuk lingkar kemudi dan door trim. Paling menyita perhatian, sistem multimedia berupa dua layar digital berukuran 20,1 inci di dashboard. Layar ini tersambung dari head unit ke panel instrumen di belakang kemudi. Sangat modern.

Suara yang disuguhkan oleh sound system 8-speaker premium dari Sony di Chery Omoda 5 cukup berhasil memanjakan telinga. Chery juga telah menyematkan fitur Intelligent Voice Assistant berupa fitur perintah suara berbahasa Inggris yang bisa dipanggil cukup dengan menyebut “Hello Chery!”. Sewaktu musik diputar, ada grafis LED berwarna yang interaktif bergerak secara dinamis mengikuti irama musik di pada panel digital di bagian dashboard depan kursi penumpang.

Tak berhenti sampai disitu, menghidupkan AC ataupun mengatur tinggi rendah suhu dapat dilakukan dengan menyentuh panel digital di dashboard bagian tengah. Sementara itu informasi pengaturan AC dapat dilihat pada layar head unit. Kalau masih kurang dingin lagi, Chery Omoda 5 dibekali perforated and ventilated seat.

Sistem multimedianya juga berfungsi sebagai layar untuk kamera 360 dengan ketajaman gambar yang patut diacungi jempol. Tangkapan gambar dari kamera yang terletak di sekeliling mobil cukup memudahkan ketika hendak melakukan manuver parkir di area sempit.

Singkatnya, Chery Omoda 5 menawarkan fitur yang lebih lengkap dibanding kompetiitor di kelasnya yang dijual lebih mahal. Tak aneh mengapa mobil ini sudah dipesan 1.500 unit hanya berselang beberapa bulan saja paska peluncuranya.

Terdengar hampir sempurna? Tunggu dulu sampai Anda mencoba dan berkendara bersamanya! Memangnya seperti apa rasa berkendaranya? Baca ulasan kami di artikel selanjutnya…..

[MNR]

About pekik udi irianto 2274 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present