Test Drive Chery Omoda E5: Tempuh 1500 KM, Biaya Cas Hanya 500 Ribuan!

AFTERMARKETPLUS.id – Chery Omoda E5 semakin unjuk gigi di pasar otomotif dengan terus bertumbuhnya penjualan.

Mobil listrik yang dibanderol Rp 488,8 juta ini mengukuhkan diri dengan penjualan mobil listrik teratas dengan kontribusi mencapai 3.600 unit (data dari Gaikindo pada Mei 2024).

Aftermarketplus.id pun mendapatkan kesempatan istimewa menjajal alias test drive Chery Omoda E5 dari PT Chery Sales Indonesia (CSI) menempuh perjalanan tepatnya 1.004,2 km.

Jarak tersebut dilalui dari Bogor, Jawa Barat menyebrang pulau Sumatera ke daerah Lampung. Setelahnya, kami turut lewati Bandung sebelum ke Jakarta.

Jarak tempuh perjalanan Bandung pulang pergi mendapatkan angka 508,7 KM. Kami ingin menjawab tantangan bagi kendaraan listrik khususnya Chery Omoda E5.

Apakah Worth it dibawa perjalanan jauh? Apakah tempat pengecasan SPKLU & sejenisnya merata seperti di kota besar di Jawa? Bagaimana faktor kenyamanan dan keamanan dari Chery Omoda E5? Mari kita ulas secara lengkap.

Test Drive Chery Omoda E5 Bogor – Lampung
Total jarak= 1004,2 KM
Biaya Cas = Rp 2.466,78/kWh Total RP 425.262 / 172,4 kWh

Sebelum perjalanan, redaksi mengecas mobil di SPKLU PLN UP3 Bogor dengan pengisian 42,47 kWh biaya Rp 109.998 dengan kondisi batere 100 persen.

Perjalanan ke Merak, Banten dapat dilalui dengan nyaman dan memanfaatkan fitur Chery Omoda E5 dengan maksimal.

Yaitu, sistem berkendara Advanced Driving Assistance System (ADAS) sebanyak 17 macam dengan mode berkendara Eco. (Pilihan Eco, Normal, Sport).

Autonomous Emergency Brake (AEB), Integrated Cruise Assist (ICA), Drive Away Warning (DAW), Traffic Jam Assist (TJA), dan Front Collision Warning (FCW).

Selain itu masih ada Rear Cross Traffic Alert (RTA), Emergency Lane Keeping (ELK), Blind Spot Warning (BSW), Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP), Adaptive Cruise Control (ACC) dan Lane Keeping Assist (LKA).

Fitur ACC misalnya, memudahkan pengemudi dalam memberikan ruang secara otomatis mobil berkendara sendiri tanpa di gas dan kemudi.

Meskipun harus tetap waspada dan awas dalam penggunaannya karena kontur jalan tol yang tidak rata dan mulus memberikan notifikasi untuk tetap pengemudi kontrol.

Fitur Lane Keeping Assist juga sangat membantu untuk memberikan peringatan kepada pengemudi jika melenceng dari jalur.

Perjalanan Bogor-Merak dapat dilalui dengan nyaman ditambah dengan fitur AC kursi Chery Omoda E5 membuat pengendara dan Copilot mendapatkan kesejukan dan meringankan lelah.

Begitu juga dengan perjalanan Bakauheni – Lampung Tengah. Chery Omoda E5 memiliki akselerasi dan mampu bermanuver dengan baik.

Soal Baterai, mobil yang memiliki kapasistas 61 kWh mampu berkendara sejauh 430 km. Artinya, perjalanan ke Lampung cukup melakukan pengecasan 1 kali saat berada di Bogor.

Namun, perlu diperhatikan bahwa di Lampung, pelayanan pengecasan mobil listrik hanya tersedia di Kota Bandar Lampung (80-90 km dari Pelabuhan Bakauheni). Selain itu, tersedia di beberapa rest Area tol km 20, 40, 115.

Hanya saja, pengecasan dengan pelayanan fast charging di SPKLU PLN rest area tol hanya di KM 20 & KM 115.

Kami mengecas kembali mobil di KM 115 tol Lampung. Fast Charging menjadi nilai tambah saat berkendara jarak jauh karena Chery Omoda E5 memiliki ultra fast charging dengan kondisi batere 30-80 % dalam waktu 30 menit.

Bayangkan, jika harus mengecas di rest area dengan tenaga 7 kWh akan memakan waktu yang cukup lama untuk mencapai 100 persen baterai.

Selama perjalanan di luar tol Lampung dengan mudah dilalui dan dirasakan redaksi berkendara Chery Omoda E5.

Bahkan, dalam catatan, memiliki mobil asal China ini justru menguntungkan jika melakukan perjalanan harian di sana.

Meski, perlunya didorong pihak PLN untuk memperbanyak fasilitas umum SPKLU sehingga memudahkan pengemudi mengecas meski tidak di rumah, khususnya pelayanan fast charging.

Perjalanan Chery Omoda E5 Bogor – Lampung menjawab tantangan. Mobil ini terbilang bandel, bermanuver dan akselerasi baik sekali.

Kapasitas 430 km/100% baterai mumpuni untuk perjalanan jarak jauh.

Fitur ADAS sangat membantu berkendara, memberikan notifikasi kendaraan melewati jalur hingga memberikan ruang kemudi dan pedal gas secara otomatis dapat membantu pengemudi dalam memberikan kenyamanan.

Test Drive Chery Omoda E5 Jakarta – Bandung
Total jarak= 508,7 KM

Biaya Cas = Rp 2.466,78/kWh Total RP 165.692 / 67,1 kWh

Perjalanan ke Bandung memperkuat data plus kenyamanan Chery Omoda E5.

Estimasi jarak tempuh baterai 430 km/100% bertambah hemat, bedasarkan data tertera di head unit selebar 24,6 inci tersebut membandingkan 1:33-34 km dengan mobil konvensional (bensin).

Dari kelegaan kabin baik depan maupun di belakang cukup baik dan memberikan suasana rileks bagi pengendara.

Sedangkan dari sisi keamanan, meski baterai diletaknnya di bawah mobil, namun sudah dicover dengan bahan baja dan diantisipasi dengan ground clerance yang cukup tinggi yakni 190 mm.

Dari segi audio, kualitas yang disajikan dengan brand Sony tersebut memberikan perjalanan semakin nyaman dan seru.

Berkendara dengan Chery Omoda E5 juga cukup kedap, kaca jendela dengan material double glass mampu memberikan efek senyap sehingga menambah efek kenyamanan.

Nah, bagaimana menurut Sobat Aftermarketplus.id? Apakah tertarik untuk memboyong mobil listrik satu ini?.

Tertarik Test Drive Chery Omoda E5? silahkan datangi dealer terdekat dari PT Chery Sales Indonesia (CSI).

[Sigit Akbar]

About Sigit Akbar 146 Articles
Sigit Akbar seorang Jurnalis, Youtuber dan Automotive Enthusiast. Pernah berkarya di Tabloid Otomotif, Grup Kompas Gramedia tahun 2018. Kini aktif menjadi Youtuber di Rukun Indonesia (Rukun Podcast) dan menikmati perkembangan otomotif di Indonesia sebagai Senior Editor di aftermarketplus.id.
Contact: Website