Test Drive Chery Tiggo 8 Pro: Kupas Fitur ADAS

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Sejak Wuling Motors diterima dengan baik oleh pasar Indonesia, brand otomotif asal Cina lain mulai gak minder menyusul saudaranya itu. Salah satunya, Chery yang umumkan kembali berjualan di Indonesia setelah beberapa tahun vakum.

Ada dua mode yang dipasarkan secara perdana, Chery Tiggo 7 Pro dan Chery Tiggo 8 Pro. Keduanya merupakan SUV (Sport Utility Vehicle) premium yang dijual dengan harga di atas Rp 300 jutaan. Bahkan produk termahalnya, Chery Tiggo 8 Pro dijual lebih dari setengah miliar Rupiah.

Kebetulan Chery menawarkan kami untuk mencoba salah satu mobilnya yang dibanderol Rp 548,6 juta itu. Begitu satu unit Chery Tiggo 8 Pro mendarat di hadapan, kami tak terkejut dengan wujudnya yang keren dengan kualitas yang tak bisa dipandang sebelah mata lagi.

Ya, produsen mobil asal Cina sekarang tidak main-main. Mobil-mobil seperti Wuling Almaz, DFSK Glory i-Auto hingga Chery Tiggo 8 Pro ini buktinya.

Dijual dengan harga yang tak murah, mereka tahu persis tak mudah memenuhi ekspektasi konsumen Indonesia kelas atas. Makanya mereka melengkapi produknya dengan segudang fitur berteknologi tinggi.

Salah satunya, ADAS (Advanced Driving Assistance System). Fitur bantuan berkendara yang juga sekaligus bertugas menjadi fitur keselamatan aktif. Fitur ini menggunakan sejumlah sensor dan kamera di mobil yang bertugas memantau kondisi sekitar.

Pertama, Forward Collision Warning (FCW). Fitur ini memonitor keadaan di depan kendaraan dan membunyikan alarm peringatan kepada pengemudi untuk melakukan pengereman. Bila terlambat atau gagal merespons, maka fitur Autonomous Emergency Braking (AEB) memainkan peran.

Fitur AEB secara real time memonitor kondisi di depan kendaraan dan melakukan pengereman darurat secara otomatis bila mendeteksi potensi terjadinya tabrakan dengan objek di depan kendaraan. Pengereman darurat secara otonom ini dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

Blind Spot Detection (BSD), fitur ini akan memberikan peringatan kepada pengemudi bila terdapat objek atau kendaraan di area yang tak terlihat (blind spot). Fitur ini juga difungsikan sebagai Door Opening Warning (DOW).

Fitur ini bertugas memberitahu penumpangnya bila terdapat objek bergerak mendekati dari arah belakang kendaraan saat hendak membuka pintu. Tujuannya agar penumpang membuka pintu di saat kondisi di sekitar aman.

Chery Tiggo 8 Pro juga dilengkapi dengan fitur Lane Departure Warning (LDW). Fitur ini akan memberikan peringatan bila kendaraan keluar dari jalurnya. Apakah mobil ini bisa menggerakkan kemudinya secara otomatis? Bisa.

Fitur Integrated Cruise Assist memadukan fitur cruise control dengan seluruh fitur bantuan berkendaranya. Jadi mobil dapat melaju dengan sendirinya mengikuti laju kendaraan di depan. Mobil juga dapat mengontrol kemudi secara otomatis agar mobil tidak keluar jalur.

Chery Tiggo 8 Pro dibekali dengan fitur RCTA (Rear Cross Traffic Alert) yang dapat mendeteksi obyek atau kendaraan di belakang saat pengemudi hendak berjalan mundur keluar dari area parkir.

Selain fitur-fitur tersebut, ada pula fitur Hill Start Assist dan Hill Descent Control yang mengatur kecepatan saat menaiki maupun menuruni bukit. Fitur ini bermanfaat saat berhenti di tanjakan atau turunan tajam.

Terakhir, Chery Tiggo 8 Pro memiliki fitur Intelligent High Beam. Fitur ini dapat secara otomatis mengaktifkan lampu jauh ketika berada di jalan bebas hambatan yang memerlukan visibilitas lebih di malam hari. Namun ketika ada kendaraan datang dari arah berlawanan, mobil dapat menonaktifkan fitur tersebut agar tidak mengganggu pandangan pengemudi dari arah berlawanan.

Bagaimana, keren kan! Tunggu artikel Chery Tiggo 8 Pro selanjutnya hanya di aftermarketplus.id.

[MNR]

About pekik udi irianto 2688 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present