Test Drive Chery Tiggo 8 Pro: Performa Mengejutkan

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Chery Tiggo 8 Pro, Sport Utility Vehicle (SUV) di kelas premium dari pabrikan asal Cina. Mobil dengan kapasitas angkut 7-penumpang ini menawarkan interior mewah dan berteknologi canggih.

Menandakan kedatangan kembali Chery di pasar otomotif nasional, Chery melengkapi Tiggo 8 Pro dengan segudang teknologi bantuan berkendara. Fitur ADAS (Advanced Driver Assistance System) berhasil memberi kesan bahwa Chery sekarang sudah berbeda dari yang dulu.

Bahkan wujud luarnya saja kini sudah memiliki ciri yang jauh berbeda dari Chery yang pernah ada di Indonesia sebelumnya. Desain eksterior Chery Tiggo 8 Pro memiliki identitas baru yang menunjukkan kualitasnya sebagai kendaraan premium.

Memiliki panjang 4.772 mm, lebar 1.860 mm dan tinggi 1.746 mm, dimensi Chery Tiggo 8 Pro tak sebesar yang terlihat di luarnya. Namun visual mobil ini dirancang sedemikian rupa agar SUV ini terlihat besar dan kokoh.

Setidaknya itulah yang kami rasakan saat duduk di depan kemudinya. Ya, kemudinya terasa mantap. Bobot kemudinya terasa pas dan pergerakannya terasa linear Intinya tidak sulit mengemudikan mobil ini. Hal ini Kami rasakan benar ketika Chery Tiggo 8 Pro diajak main ke kota Sumedang dengan melintasi jalan tol Cisumdawu.

Meskipun harus diakui, feedback roda di lingkar kemudinya terasa kurang menyenangkan. Memang ini bukan mobil sport, Chery Tiggo 8 Pro merupakan SUV perkotaan yang menawarkan desain elegan dan kenyamanan sebagai sajian utama. Tetapi masalahnya, performa mobil ini tak bisa dipandang remeh.

Di balik kap mesinnya yang panjang, tersimpan mesin peraih penghargaan “China Heart Engines Award 2021”. Jangan tertawa, karena mesin 2,0 liter bensin dengan bantuan induksi turbo ini mampu menghasilkan tenaga 250 hp dengan torsi puncak 400 Nm.

Menurut klaim, akselerasi 0-100 km/jam dapat dicapai kurang dari 8 detik saja. Catatan ini tidak main-main untuk ukuran mobil berdimensi sebesar ini. Performa superior miliknya sedikit banyak didukung oleh transmisi otomatis 7-speed jenis DCT atau Dual Clutch Transmission.

Transmisi kopling ganda memang punya karakter yang cekatan saat pergantian gigi. Tak aneh kalau catatan akselerasinya sangat luar biasa. Belum lagi mobil ini punya respons pedal gas yang sangat instant. Jangan kaget kalau baru pertama mencobanya, asal injak sedikit pedal gas maka reaksi jarum putaran mesin langsung melonjak. Hal ini terlihat ketika Kami dengan mudahnya mendahului kendaraan lain saat di jalan tol maupun jalan biasa.

Sayangnya performa yang sempurna ini tak dapat dinikmati sepenuhnya lantaran feedback kemudi yang kurang intuitif.

Performa beringas tetapi kemudi lebih utamakan kenyamanan. Bagaimana soal bantingan suspensinya? Biasanya mobil berkarakter sport punya bantingan suspensi yang keras demi memberikan stabilitas berkendara yang ideal. Tetapi ternyata, Chery Tiggo 8 Pro memiliki kualitas peredaman suspensi yang baik.

Kala dipakai melindas polisi tidur ataupun jalan berlubang, goyangan bodi ataupun hentakan di dalam kabin tak sampai membuat sakit pinggang. Pun begitu saat melewati jalanan yang rusak atau bergelombang dalam kecepatan agak tinggi, ban tetap dapat menapak sempurna sehingga tidak mengganggu kemudinya.

Stabilitas berkendara mobil ini layak diacungi dua jempol. Sebabnya, meski punya karakter bantingan suspensi yang mengedepankan kenyamanan, tetapi mobil ini begitu stabil dipakai bermanuver di kecepatan tinggi. Bodi terasa kaku dan membuatnya mudah dijinakkan di berbagai rentang kecepatan.

Secara umum kesimpulannya, Chery Tiggo 8 Pro merupakan SUV 7-seater perkotaan yang mewah dan berfitur lengkap ini menawarkan performa yang dapat diandalkan di berbagai situasi serta kualitas kenyamanan berkendara yang memuaskan.

[MNR]

About pekik udi irianto 2275 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present