TEST DRIVE FORD EVEREST SPORT: Si Bongsor yang Mudah Dikemudikan

Rizki Satria | 24 Jun 2025

Full Width Image
FORD EVEREST SPORT: Si Bongsor yang Mudah Dikemudikan

AFTERMARKETPLUS.id - Ford Everest Sport hadir sebagai pilihan bagi Anda yang bermimpi menginginkan SUV (Sport Utility Vehicle) asal Amerika Serikat namun enggan menebus harga yang mahal.

Tetapi sebagai varian terendah, Ford Everest Sport tidak lantas terkesan murahan.

Kami telah membahas aspek eksterior maupun interior mobil ini di artikel sebelumnya. Kali ini kami akan mengulas mengenai aspek berkendaranya.

Performa 

Di balik kap mesinnya, sebetulnya mesin yang digunakan tak berbeda dari Ford Everest lainnya.

Hanya saja memang mesin diesel 2,0 liter dengan bantuan induksi turbocharger ini mempunyai figur output yang berbeda.

Tenaganya sedikit lebih kecil, yakni 170 PS dan torsi puncak yang dihasilkan 405 Nm. Sementara Ford Everest Titanium dan XLT bertenaga 210 PS dengan torsi puncak 500 Nm.

Faktanya saat dikemudikan di jalan raya, perbedaan performanya tidak begitu jomplang.

Spesifikasinya ini malah terasa cocok dikemudikan untuk perjalanan jauh di jalan raya.

Karena meski torsinya berlimpah tetapi akselerasinya terbilang halus. Ini karena Ia dibekali transmisi otomatis 6-percepatan. Perpindahan gigi juga terasa halus.

Transmisi miliknya ini pun punya mode unik. Kalau dikemudikan dalam mode Sport, maka tombol di tuas persneling berfungsi untuk menaik-turunkan posisi gigi.


Tetapi kalau dikemudikan dalam mode normal, maka tombol tersebut berfungsi untuk menentukan berapa gigi yang ingin Anda gunakan saat berkendara.

Meski begitu bila di ‘kick-down’ serius, torsi besar keluar di putaran mesin rendah sehingga Ia dapat diandalkan menaklukan tanjakan curam.

Gejala turbo lag yang ditemukan pada generasi sebelumnya kini hampir tak dapat dirasakan.

Mungkin karena sebelumnya Ford Everest pakai mesin bi-turbo, kalau yang terbaru ini single turbo.

Tak hanya performanya saja yang harus meyakinkan, kemampuan pengereman juga sudah kami uji dan hasilnya memuaskan.

Pengendaraan dan Pengendalian   

Kabinnya juga menawarkan kesenyapan yang patut diacungi jempol. Suara mesin memang samar menelisik ke dalam kabin.

Maklum, namanya juga mesin diesel. Namun saat melesat bermanuver, suara angin dan artikulasi roda dengan permukaan jalan masih mampu diredam.

Pergerakan kemudi terasa akurat dan bobotnya cukup ideal untuk parkir.

Menariknya, saat menikung dalam kecepatan tinggi, feedback kemudi terasa menyenangkan.

Handling yang sigap membuat SUV berdimensi panjang hampir 4 meter ini jadi terasa mudah dikendalikan.

Suspensinya cukup empuk namun tidak mengorbankan stabilitas saat dipakai menikung di kecepatan tinggi.

Para insinyur Ford sukses meracik formula yang tepat sehingga suspensinya tidak terasa terlalu keras namun tetap stabil di perkotaan.

Semua ini bisa Anda tebus dengan harga Rp 799 juta. Harga ini menurut kami memang tidak murah dibanding kompetitor sekelasnya.

Namun menurut kami, mobil ini masih tetap layak untuk dipertimbangkan sebagai partner berkendara sehari-hari bersama keluarga.

 

 

 

#Next-Gen Ford Everest Sport #Ford Everest Sport #Test Drive Ford Everest Sport #Test Drive

...
Author : Rizki Satria > 44 Articles

BROOM.ID I 2023-2024 Sr. Marketing Associate & Social Media Specialist

MOLADIN.COM I 2022 SEO Content Writer (Freelance)

OTO.COM I 2017-2022 Ass. Managing Editor & YouTube Channel Manager

ASCOMAXX, MOTOMAXX, DRIVENOW! I 2013-2017 Managing Editor

AUTOCAR INDONESIA I 2010-2013 Reporter / Journalist

 

 

Comment (0)

List Comment

No Comment