TEST DRIVE HYUNDAI IONIQ 5N: Antara Masa Depan dan Getaran Emosi

Rizki Satria | 20 Oct 2025

Full Width Image
Test Drive Ioniq 5 N

AFTERMARKETPLUS.id - Ada sesuatu yang aneh saat pertama kali saya menatap Hyundai Ioniq 5N dari jarak dekat.

Ia tampak seperti mobil masa depan yang tiba terlalu cepat, tapi sekaligus terasa akrab. Seperti teman lama yang kini hadir dengan tenaga baru.


Bentuknya memang masih Ioniq 5, tapi aura yang dipancarkan sama sekali berbeda. Lebih rendah, lebih lebar, dan ada ketegasan di setiap lekuk bodinya.

Desain Eksterior: Gaya dan Fungsi dalam Satu Paket

Secara visual, Ioniq 5N tampil jauh lebih agresif dari versi standarnya.

Perbedaan paling mencolok terlihat dari body kit aerodinamis yang bukan sekadar pemanis, tapi berfungsi meningkatkan aliran udara dan kestabilan pada kecepatan tinggi.

Emblem "N" di beberapa bagian eksterior menjadi simbol bahwa ini adalah varian performa sejati, ia lahir dari DNA mobil balap.


Kombinasi proporsi hatchback dengan sentuhan sportscar membuatnya tampak gagah namun tetap futuristis.

Garis-garis tajam, diffuser besar, dan velg 21 inci berbalut ban lebar 275/35 menegaskan orientasinya pada performa dan grip optimal di jalan.

Interior: Kokpit Futuristis dengan Nuansa Balap 

Begitu pintu dibuka, dunia seakan berubah. Kabin Ioniq 5N bukan sekadar tempat duduk, melainkan ruang yang membuat saya ingin berlama-lama di dalamnya.

Jok semi-bucket memeluk tubuh seperti sabuk pengaman emosional, sementara posisi duduk rendah membuat saya merasa seperti bagian dari mesin itu sendiri.

Di depan mata, layar digital menyala lembut berpadu dengan ambient light yang menciptakan atmosfer yang futuristis, tapi tetap hangat.


Setir berlogo "N" menjadi pusat gravitasi kecil di antara semua itu. Dua tombol biru di palangnya terasa seperti pemicu dimensi lain.

Sekali ditekan, mobil ini berubah karakter: dari hening dan lembut menjadi liar dan buas.

Teknologi dan Fitur "N": Esensi dari Keseruan Berkendara 

Hyundai Ioniq 5N memperkenalkan sederet fitur yang menjadi DNA mobil performa listrik modern.

N Active Sound+: sistem suara sintetis yang mensimulasikan raungan mesin sport.

Ada tiga pilihan mode-Ignition, Evolution, dan Supersonic-yang menghadirkan sensasi berbeda dari suara mesin bensin klasik hingga jet tempur.


N e-Shift, fitur yang meniru sensasi perpindahan gigi DCT lewat paddle shift.

Meski mobil listrik tak memiliki gearbox konvensional, sensasi "upshift" dan "downshift" terasa sangat nyata.

Kemudian N Pedal, sistem regenerative braking yang dikalibrasi ulang untuk memberikan efek engine brake seperti mobil sport saat melepas pedal gas.

N Torque Distribution & N Drift Optimizer: memungkinkan pengemudi mengatur distribusi torsi antara roda depan dan belakang, bahkan hingga 100% FWD atau RWD-bahkan untuk membantu melakukan drift dengan aman.

Terakhir N Race & N Launch Control. Fitur ini mengoptimalkan suhu baterai dan daya maksimum untuk akselerasi brutal.

Sementara N Grin Boost menambah tenaga hingga 639 hp selama 10 detik.

Fitur-fiturnya memang terdengar teknis di atas kertas, tetapi semuanya terasa sangat manusiawi di dunia nyata.

Saya sadar, Ioniq 5N bukan hanya mobil listrik. Ia adalah jembatan antara dua dunia: masa lalu yang penuh suara dan getaran, serta masa depan yang sunyi namun menegangkan.

Dan di tengahnya, ada ruang bagi kita yang masih ingin merasakan keduanya.....

Penasaran dengan rasa berkendaranya? Saya mendapat kesempatan mengujinya selama beberapa hari.

Jadi jangan sampai ketinggalan ulasannya di artikel selanjutnya!

#Hyundai IONIQ 5 N #Test Drive Hyundai Ioniq 5 N

...
Author : Rizki Satria > 49 Articles

BROOM.ID I 2023-2024 Sr. Marketing Associate & Social Media Specialist

MOLADIN.COM I 2022 SEO Content Writer (Freelance)

OTO.COM I 2017-2022 Ass. Managing Editor & YouTube Channel Manager

ASCOMAXX, MOTOMAXX, DRIVENOW! I 2013-2017 Managing Editor

AUTOCAR INDONESIA I 2010-2013 Reporter / Journalist

 

 

Comment (0)

List Comment

No Comment