TEST DRIVE Hyundai New Santa Fe: Wajah Beringas dengan Interior Berkelas

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Hyundai sedang gembar-gembor di Tanah Air. Setelah sebelumnya memperkenalkan dua mobil bertenaga listrik sepenuhnya, Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona Electric, kini mereka mendatangkan generasi terbaru Hyundai New Santa Fe pada April tahun ini. Bersama Hyundai Palisade, SUV (Sport Utility Vehicle) ini dijadikan sebagai senjata untuk menunjukkan wajah baru Hyundai kepada konsumen Indonesia.

Desain beringas

Wajah baru yang mana? Desain eksentrik yang mewah dan lebih modern. Walaupun bukan menjadi orang yang bertanggung jawab penuh terhadap desain mobil ini, tetapi wajah baru Hyundai Santa Fe tak lepas dari sentuhan tangan dingin Luc Donkerwolke, eks desainer Lamborghini, Audi dan Bentley.

Versi sebelumnya saja sudah ganteng. Hyundai Santa Fe versi tahun 2021 ini punya tampang yang lebih mencolok berkat grill 3 dimensi yang terintegrasi dengan lampu depannya. Ini bisa dilakukan lantaran lampu utama Santa Fe kini diletakkan lebih ke bawah di area bemper depan. Posisi lampu utama sebelumnya dihuni DRL (Daytime Running Lights) LED T-Shaped yang menariknya juga tembus ke lampu utama di bagian bawahnya. Wajah barunya ini adalah identitas Hyundai saat ini.

Melengkapi kesan beringas di depan, bagian bawah bemper diimbuhi skid plate khas SUV lengkap dengan lubang udara yang mendukung arsitektur grille utama. Sampingnya tampil kokoh dengan lubang roda (fender) berukuran besar yang memuat pelek berukuran 18 inci.

Begitupun dengan bagian belakang dengan desain lampu kombinasi belakang LED horizontal yang membuat tubuhnya terlihat lebih lebar. Menariknya lagi ada lampu belakangnya ini dihubungkan ornamen pita reflektor berwarna merah. Semua ini sukses diracik secara dewasa untuk meggambarkan kesan premium yang tak berlebihan.

Hebatnya lagi, garis lekuk tubuhnya ini tak hanya berhasil mengangkat derajat Santa Fe satu tingkat lebih tinggi, tapi juga punya fungsi aerodinamika. Sebab desain eksterior mobil ini mencatat nilai coefficient of drag (cd) 0,33. Angka ini menunjukkan minimnya nilai hambatan angin saat mobil melaju kencang. Efeknya, efisiensi pun meningkat.

Kabin mewah nan praktis

Selain warna baru trim, interior edisi teranyar SUV ini mendapat banyak penyempurnaan dibanding sebelumnya. Produsen mobil asal Korea Selatan ini tak sembarangan waktu mengubah interiornya. Kabin Santa Fe generasi keempat facelift dibalut material yang lebih baik dan fitur yang lebih lengkap demi memanjakan perjalanan pengendaranya.

Material soft touch di beberapa bagian yang sering diraba enak disentuh. Konfigurasi tempat duduk bisa disesuaikan menurut kebutuhan. Kursi pengemudi dapat diatur posisi berkendaranya secara felksibel lengkap dengan tilt and telescopic steering wheel.

Menyalakan mesin tinggal pencet tombol Start-Stop. Nanti layar MID (Multi Information Display) pada panel instrumen digital berukuran 12,3 inci yang besar menyapa dan memberikan beragam informasi berkendara yang lengkap. Tampilan speedometer dan tachometernya bisa berubah tema berdasarkan pilihan mode berkendara.

Sudah begitu layar berukuran 8 inci yang tertancap di tengah dashboard juga hidup. Sistem multimedia berukuran 8 inci ini sudah kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Memisahkan kursi pengemudi dengan penumpang depan, ada konsol tengah Bridge Type High Control. Di sinilah pusat pengaturan berkendara dilaksanakan.

Pertama tombol pengaturan AC digital dua zona dengan mode otomatis. Konsol tengahnya ini juga menjadi rumah bagi tombol pengaturan audi dengan kenop putar untuk volume suara maupun pengaturan frekuensi radio. Roda putar besar dengan tulisan ‘Drive Mode’ menyediakan empat pilihan, Sport, Eco, Normal atau taruh di posisi Smart untuk membiarkan mobil memilihkan mode berkendara yang sesuai untuk Anda.

Tapi yang paling menarik, Hyundai Santa Fe ini tak lagi menggunakan tuas transmisi. Sebagai gantinya tersedia tombol P, R, N, D untuk mengoperasikan transmisi otomatis shift by wire miliknya. Masih banyak lagi kelebihan yang dimiliki mobil ini.

Misalnya, atap panoramic sunroof. Kemudian sistem pencahayaan kabin yang dapat diatur hingga 64 warna, hingga akses masuk ke kabin baris ketiga lewat tombol One-touch walk-in. Tak lupa pintu bagasi elektrik yang bisa membuka dan menutup otomatis hanya dengan sentuhan tombol.

Fitur yang dibahas ini belum semua karena Hyundai menyediakan banyak fitur bantuan berkendara dan fitur keselamatan terpadu. Fitur apa saja dan bagaimana dengan impresi berkendara ini, tunggu di artikel selanjutnya!

[MNR]

About pekik udi irianto 1622 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present