Test Drive Hyundai Stargazer: Surabaya-Malang-Solo Menjadi Ajang Pembuktian

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Belum lama diluncurkan di Tanah Air (11/8/2022), kami kembali mendapat kesempatan untuk merasakan secara langsung Hyundai Stargazer, baik sebagai pengemudi maupun sebagai penumpang.

Rute yang menjadi ajang test drive Stargazer kali ini luar biasa menarik, yaitu dari kota Surabaya menuju kota Batu dan Malang di Jawa Timur lalu lanjut menuju kota Solo di Jawa Tengah.

Tentu rute ini sangat menantang, karena kami bisa merasakan secara langsung Hyundai Stragazer dengan melalui berbagai macam kondisi jalan. Saat nya kami membuktikan seberapa nyaman dan tangguh LMPV yang dirancang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

O ya, sebelumnya kami juga sudah sempat melakukan First Drive Stargazer di sekitar pabrik Hyundai di Cikarang. Nah di kesempatan kali ini, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memberikan kami waktu yang lebih panjang lagi.

Tanpa menunggu lama, cukup hanya dengan menekan tombol start/stop mesin dari Hyundai Stargazer kami hidupkan. Suara mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 cylinder yang dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 115 ps/6,300 rpm dan torsi maksimal hingga 143,8 Nm/4,500 rpm dari dalam kabin terdengar halus.

Menyusuri jalanan kota Surabaya yang ramai lancar, kami sengaja memilih mode ECO dengan harapan konsumsi bahan bakar bisa lebih efisien, dan Stargazer bergerak dengan lincahnya. Tarikannya pun terasa ringan meskipun mode berkendara ECO saat mendahului kendaraan lain.

Uniknya tampilan eksterior pada bagian depan dengan Horizontal Daytime Running Light yang terlihat modern serta tampak serasi dengan headlamp dan grillenya mampu mencuri perhatian pengendara lain.

Kami sempat terjebak kemacetan di beberapa titik ketika menuju tol Pandaan, beruntung panasnya suhu di kota Surabaya mampu diredam dengan baik oleh hembusan AC digital yang menyebar rata di dalam kabin Stargazer membuat penumpang baris kedua pun tetap bisa merasakan kenyamanan yang sama dengan penumpang baris pertama.

Mengendarai maupun duduk sebagai penumpang LMPV terbaru dari Hyundai juga terasa semakin betah dengan hadirnya tata suara audio dengan smartphone connectivity yang memanjakan telinga seluruh penumpang di dalamnya.

Asyiknya lagi, Stargazer juga telah dilengkapi dengan Wireless Smartphone Charger layaknya mobil premium yang membuat ngecharge HP kian mudah, tinggal taruh ditempatnya tanpa mengganggu konsentrasi kita pada saat mengemudi.

Kerennya lagi salah satu fitur Hyundai SmartSense, yaitu Forward Collision-avoidance Assist (FCA) bekerja dengan baik saat berkendara di tengah kemacetan kota Pahlawan. Fitur ini memperingatkan pengemudi ketika sistem mendeteksi ada resiko benturan dari arah depan.

Selain itu beberapa kali kami harus melakukan putar balik, beruntung Hyundai Stargazer memiliki radius putar yang kecil sehingga sangat memudahkan dalam bermanuver.

Memasuki jalan tol, mode berkendara kami ubah ke mode Sport untuk performa kendaraan yang lebih maksimal. Akselerasi dan tarikannya terasa cukup galak, dengan sedikit injakan halus pada pedal gas tenaganya sudah cukup terasa.

Suasana lalu lintas di jalan tol yang tidak terlalu ramai, membuat kami penasaran untuk mengetahui seberapa kencang LMPV dari Hyundai ini. Ternyata kami dikejutkan dengan kemampuan Stargazer, dengan mudahnya mencapai kecepatan di 179 km/jam. Mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 cylinder yang dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 115 ps/6,300 rpm dan torsi maksimal hingga 143,8 Nm/4,500 rpm menunjukkan tajinya.

Mobil masih terasa cukup stabil tidak terasa gejala melayang atau limbung yang berlebihan, ini yang cukup mengagetkan kami. Selain itu, mengendarai Hyundai Stargazer di jalan tol ini memang sangat mengasyikkan, dengan hadirnya beberapa fitur yang sangat membantu pada saat mengemudi, seperti Cruise Control, Lane Following Assist (LFA) dan Lane Keeping Assist (LKA).

Memasuki kota Solo di malam hari, berada di dalam kabin Stargazer layaknya duduk di sebuah mobil premium. Ini dimungkinkan dengan kehadiran Ambient Mood Lamp berwarna biru, nuansa kemewahan dan kenyamanan kental terasa.

Untuk konsumsi bahan bakar dalam kota dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam, Hyundai Stargazer berhasil mencatat konsumsi BBM mencapai 13,1 km/l. Sedangkan untuk rute jalan tol dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam, Stargazer berhasil mencatatkan angka hingga 26 km/l.

Kerennya lagi sebagai mobil LMPV, Hyundai Stargazer selain dilengkapi dengan fitur Bluelink juga dimanjakan dengan 30 tempat penyimpanan yang didesain secara ergonomis dan terletak di setiap sisi Stargazer. Mulai dari bagian depan, tengah, samping, hingga belakang. Ini tentunya memberikan kepraktisan dalam menyimpan lebih banyak barang saat kita melakukan perjalanan ke luar kota.

[MNR]

About pekik udi irianto 1970 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present