Test Drive Kia Seltos GT Line: Varian Termahal, Apa Istimewanya?

AFTERMARKETPLUS.id – Kia Seltos bukan mobil baru di Indonesia. Subcompact crossover buatan pabrikan asal Korea Selatan ini dipasarkan perdana di Indonesia pada 2020. Setahun kemudian, Kia menghadirkan varian baru bernama GT Line dengan sejumlah penambahan fitur dan aksen pembeda di bagian eksterior dan interior.

Perbedaan Kia Seltos GT Line

Sebagai line-up Kia Seltos paling tinggi, varian GT Line mendapat tampilan khas. Pertama, door handle dengan coating berwarna chrome.

Terdapat aksen berwarna merah di bemper depan dan belakang yang sukses memperkuat kesan sporty.

Menandakan identitasnya, emblem GT Line terpasang di pintu belakang. Bagian belakang juga dibedakan oleh hadirnya lampu kabut yang di posisikan tepat pada bagian tengah bemper.

Tema GT Line terasa lebih kuat di bagian interior Seltos. Logo GT Line bertebaran, di lingkar kemudi, jok sampai karpet.

Material kulit dengan aksen jahitan merah menghiasi kursi, setir hingga tuas transmisi. Tak lupa, aksesoris pedal alumunium ikut serta menegaskan tema sporty di dalam kabin.

Motif jok kulit Kia Seltos GT Line juga berbeda dari Seltos lainnya dan disebut sebagai GT Line Signature Leather.

Tak hanya punya motif yang berbeda, jok depan Kia Seltos GT Line menyembunyikan kisi-kisi yang dapat menghembuskan udara dingin untuk menyejukkan punggung (ventilated seat).

Tak sulit menemukan posisi berkendara ideal lantaran Kia Seltos GT Line dibekali 6-Way Adjustable Power Seat.

Kemudian ada fitur Head Up Display yang muncul tepat di depan pengemudi menampilkan informasi berkendara. Khusus Seltos GT Line, tersedia pula kaca spion tengah anti silau lantaran telah dibekali fitur electrochromic.

Membedakan dirinya dengan varian Seltos lain, GT Line memiliki sistem multimedia berukuran 10,25 inci. Miliknya ini lebih besar karena varian di bawahnya memakai head unit berukuran 8 inci atau 3,8 inci.

Selain itu, sound system tipe termahal Seltos ini juga telah didukung Sound Mood Light. Fitur ini berupa lampu ambience yang terang cahayanya dapat mengikuti irama musik yang sedang diputar di head unit.

Rasa Berkendara Kia Seltos GT Line

Kia menyembunyikan dapur pacu 1,4 liter turbo yang begitu memesona di balik kap mesinnya. Performanya menghasilkan tenaga 140 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 242 Nm pada 1.500 rpm – 3.200 rpm.

Sebagai perbandingan, Honda HR-V RS bermesin 1,5 liter turbo yang kapasitasnya lebih besar menghasilkan tenaga 177 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 240 Nm pada 1.700 rpm – 4.500 rpm.

Menawarkan torsi yang lebih besar, jangan kaget waktu Anda menginjak pedal gas agak ketika berakselerasi.

Perpindahan gigi berlangsung sangat cepat dan putaran mesin selalu jatuh di rpm yang ideal. Akibatnya kecepatan tinggi dapat diraih seperti tanpa perjuangan berarti.

Performanya ini sedikit banyak didukung oleh transmisi otomatis 7-speed dual clutch. Transmisi jenis ini mampu meminimalkan engine power loss sehingga pengemudi tak perlu menekan pedal gas lebih dalam.

Jujur DCT (Dual Clutch Transmission) miliknya mempengaruhi psikologi untuk sering-sering melaju kencang lantara tarikan mobil terasa begitu responsif.

Apalagi tersedia paddle shift pada lingkar kemudi Kia Seltos GT Line. Atau bisa juga melalui tuas transmisi.

Tentu saja kalau ingin mendapatkan sensasi berkendara yang agresif, wajib hukumnya mengaktifkan mode berkendara Sport. Ya, Kia Seltos GT Line menyediakan tiga mode berkendara, Eco, Normal dan Sport.

Selain itu, Seltos GT Line juga punya mode traction control yang dapat membantu melewati ragam tipe jalan, seperti Snow, Mud dan Sand. Ketiga mode traksi tadi mengatur pengaliran tenaga dari mesin ke roda agar roda tetap mampu mencengkram permukaan jalan dengan baik.

Kenyamanan kabin Kia Seltos GT Line cukup dapat dibanggakan. Kekedapan kabin sangat baik. Ruang kaki dan kepala juga memadai.

Ini karena crossover ini hanya menyediakan lima kursi penumpang. Bagian belakang sepenuhnya digunakan untuk bagasi. Itu sebabnya kapasitas bagasi yang bisa dibawa berlimpah.

Kelebihan lain yang dimiliki Kia Seltos GT Line yang juga dimiliki beberapa varian di bawahnya diantaranya, electric sunroof, remote engine start, wireless charger, smart key dengan start/stop button, meter cluster digital berukuran 7 inci dan masih banyak lagi lainya. Fitur keselamatan yang diusung, 6 airbag, rem ABS hingga kamera mundur.

Semua itu dapat ditebus dengan harga Rp 446,5 juta. Harga ini tentu saja jauh lebih murah dari pesaingnya, Honda HR-V Turbo RS yang dijual Rp 529,9 juta.

Tinggal Anda sendiri yang menilai, apakah Kia Seltos GT Line yang lebih murah terlihat lebih murahan dibanding Honda HR-V Turbo RS?.

[MNR]

About pekik udi irianto 2275 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present