AFTERMARKETPLUS.id – Membahas Kijang Innova dengan populasi yang lumayan besar di Indonesia ini memang selalu mengasyikkan. Seperti kali ini kembali Kami melakukan test drive terhadap All New Kijang Innova Zenix, yang sebelumnya pernah Kami uji di Semarang dan Yogyakarta tahun lalu.
Unit yang menemani Kami selama test drive, yaitu Kijang Innova Zenix Hybrid 2.0 Q Modellista yang dibanderol Rp 611 juta ini terlihat hadir untuk memanjakan pemiliknya. Ruang kabin yang lega serta tenaga yang mumpuni meskipun dalam keadaan penumpang penuh.
Rute yang Kami pilih tidak terlalu jauh, yakni sekitar kawasan Puncak. Namun rutenya lumayan komplit, seperti jalan tol, perkampungan, jalan berliku, dan menanjak serta menurun.
Ketika Innova Zenix Hybrid 2.0 Q Modellista Kami ajak melintas di jalan tol Jagorawi, MPV premium Toyota terbaru ini nyaman sekali. Kabin hening dan suspensi yang empuk, memanjakan penumpang di bangku baris pertama, kedua dan ketiga.
Toyota sukses menyematkan platform TNGA: GA-C yang meningkatkan rigiditas bodi, mengurangi berat mobil, serta mengurangi suara yang masuk ke dalam kabin mobil, untuk meningkatkan kestabilan dan kenyamanan saat bermobilitas.
Mengendarai Zenix Hybrid 2.0 Q Modellista di jalan tol memang mengasyikkan, selain posisi duduk yang yang nyaman, visibilitas mobil ini cukup baik.
Memasuki daerah Bogor, Kami sempat terjebak kemacetan. Namun meskipun berbadan bongsor, Zenix Hybrid 2.0 Q Modellista masih cukup lincah dikendarai. Mesin 2.0L TNGA, generasi ke-5 Toyota Hybrid System, dan transmisi 10-Speed Direct Shift CVT yang disandangnya ini terasa nyaman dikendarai di dalam kota.
Selepas terjebak kemacetan, Zenix Hybrid 2.0 Q Modellista langsung Kami pacu menuju kawasan Puncak dengan jalan yang menanjak. Nah, mesin 1.987 cc 4 cylinders in-line 16-Valve DOHC, chain drive Dual VVT-i, untuk tenaga mesin bakarnya 150 dk/6.000 rpm dan torsi puncak 187 Nm/4.400-5.200 rpm sedangkan motor listriknya 111 dk dan torsi 206 Nm membuktikan ketangguhannya. Pedal gas ketika diinjak pun terasa ringan.
Kami merasakan tenaga dari Innova Zenix Hybrid yang terasa sangat berlimpah. Karena gabungan kerja dari mesin M20A-FXS dan motor listrik bersamaan secara sistem bisa menghasilkan tenaga sebesar 183 dk. Kedua mesin ini ditopang dengan transmisi otomatis jenis CVT (Continuously Variable Transmission) dengan percepatan virtual 10-speed.
Makanya saat Kami melibas beberapa tanjakan yang cukup terjal di daerah Puncak, Innova Zenix Hybrid melakukan tugasnya dengan baik. Bahkan saat mendahului kendaraan lain, Innova Zenix Hybrid ini tidak mengalami kesulitan berarti.
Seperti diketahui, All New Kijang Innova Zenix ini juga dibekali dengan berbagai fitur dan teknologi yang advance, mewah dan terbaik di kelasnya, seperti New Panoramic Retractable Roof (Q & V HV), New Captain Seat with Ottoman (Q HV), New 10” Head Unit with Smartphone Connectivity (Q & V HV), New 10” Dual Rear Seat Entertainment (Q & V), teknologi berbasis telematika T Intouch, hingga advanced safety technology Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. ) yang terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) dan Automatic High Beam (AHB).
Fitur lainnya yang telah dijejalkan ke Innova Zenix hybrid ini antara lain Brake Hold, Electric Parking Hold, ABS+EBD+BA, Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC).
[MNR]