<strong>Test Drive Mazda CX-3 1.5L Sport: Mobil Paling Kecil di Lini SUV Mazda</strong>

pekik udi irianto | 25 Mar 2023

Full Width Image

AFTERMARKETPLUS.id - Mazda CX-3 yang kami uji ini adalah varian bermesin 1,5 liter. Ia pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2021 melengkapi pilihan mesin 2,0 liter yang telah hadir lebih dahulu. Tak hanya punya mesin yang berkapasitas lebih kecil, mobil berdimensi paling ringkas di jajaran SUV Mazda ini juga mendapat sedikit perubahan.

Apa saja ubahannya? Memang sangat minim bahkan boleh dibilang hampir tidak ada. Meski minimalis tapi lumayan signifikan. Misalnya warna baru, yakni Polymetal Grey seperti unit yang kami uji ini. Warna barunya ini selain sukses membuat Mazda CX-3 terlihat lebih futuristis, tetapi juga tampil lebih pas dengan pelek warna gunmetal berdiameter 18 inci yang baru.

Ubahan lain, penggunaan jenis font yang berbeda pada emblem Mazda sehingga senada dengan deretan Mazda terbaru lainnya. Terakhir, remote keyless baru. Lantas apa bedanya dengan Mazda CX-3 Pro bermesin 2,0 liter?

Mesin jelas berbeda. Tapi kita akan bahas mesin dan rasa berkendaranya di artikel lain. Jelasnya, mobil ini lebih murah dari varian yang bermesin lebih besar. Mazda CX-3 1.5L Sport dijual dengan harga Rp 375,5 juta sedangkan Mazda CX-3 2.0L Pro dijual Rp 470 juta. Selisihnya sampai hampir Rp 100 juta. Jadi sudah pasti selain mesin, ada beberapa fitur yang tak dimiliki oleh varian termurah CX-3 ini.

Contohnya, electric sunroof harus absen. Pengaturan posisi kursi juga masih manual. Material yang membungkus jok pun tak semewah punya CX-3 varian termahal. Masih banyak lagi lainnya. Meski begitu, bukan berarti Mazda CX-3 1.5L Sport yang kami uji punya fitur dan kelengkapan yang sederhana.

Terdapat HUD (Heads-Up Display) yang memudahkan dalam melihat arah navigasi ataupun informasi berkendara tanpa perlu mengalihkan pandangan dari jalan. Mobil ini juga dibekali dengan sistem multimedia 8 inci Mazda Connect di tengah dashboard yang dapat terhubung dengan smartphone. Pengaturan audio dapat dilakukan lewat lingkar kemudi, maupun kenop putar atau commander control di konsol tengah.

Fitur lain yang dimilikinya, wireless smartphone charger (Qi), cruise control, paddle-shift hingga smart keyless entry dan AC otomatis.

Menariknya, Mazda tak mengurangi fitur keselamatan yang dimiliki mobil ini. Tersedia airbags (Dual front, curtain & side), rem ABS + EBD dan BA, Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), sensor parkir mundur hingga kamera parkir.

Tak berhenti sampai di situ, Mazda juga melengkapi SUV berdimensi paling ringkas miliknya ini dengan fitur keselamatan i-Activesense yang terdiri dari Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). 

Lumayan gak terlalu minimalis untuk ukuran SUV seharga Rp 370 jutaan. Apalagi tampilan eksteriornya cukup mewah dan desain interiornya pun ergonomis.

[MNR]

#Test Drive Mazda CX-3 1.5L Sport #Mazda CX-3 1.5L Sport

...
Author : pekik udi irianto > 2946 Articles

Pekik Udi Irianto mengenyam pendidikan di Vrije Academie voor de Beeldende Kunsten, The Haque, NL. Memulai karir di bidang otomotif sejak: 1994 : Fotografer Tabloid Otomotif. 2001 : Redaktur Foto Tabloid Otosport. 2003 : Redaktur Foto Majalah Auto Bild Indonesia. 2015 : Pemimpin Redaksi aftermarketplus.id.

Comment (0)

List Comment

No Comment