Test Drive Mazda MX-5 RF Manual: Nyaman Dikendarai

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Mazda mempunyai cara tersendiri untuk Anda yang ingin menikmati udara terbuka saat berkendara, yaitu dengan menghadirkan Mobil sport Mazda MX-5 RF atau yang biasa disapa Mazda Miata.

Untuk melengkapi varian yang sudah ada, Mazda Indonesia memasukkan Mazda MX-5 RF (Retractable Fastback) bertransmisi Manual 6 percepatan ke Indonesia. Nah, Kami beruntung mendapat kesempatan untuk menjajal mobil ini.

Unit Mazda Miata yang Kami uji ini berwarna Soul Red Crystal Metallic yang terlihat anggun sedap dipandang mata. Tampilan eksterior Mazda MX-5 RF semakin terlihat sporty dan mewah pada saat atap mobil ini dalam keadaan terbuka. Siap menyambut Kami masuk ke dalamnya.

Masuk ke dalam mobil ini memang perlu sedikit adaptasi, karena bodinya yang rendah, namun itulah seninya ketika memasuki sebuah mobil sport . Mazda MX-5 RF memiliki dimensi panjang 3.915 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.245 mm.

Di dalam kabin, Kami disambut jok berwarna coklat terang dan interior yang sangat sporty. Asyiknya lagi stir MX-5 RF Manual ini pengaturannya sudah telescopic. Sehingga posisi nyetir mobil ini sangat ergonomis.

Tanpa menunggu lama Mazda MX-5 RF bertransmisi manual ini Kami ajak menyusuri jalanan ibukota yang agak macet. Bayangan Kami tentu menjengkelkan mengendarai mobil bertransmisi manual di tengah kemacetan. Pasti melelahkan karena kaki kiri dipaksa untuk ikut bekerja.

Ternyata ini tidak terbukti, justru sangat menyenangkan dengan seringnya Kami untuk melakukan perpindahan gigi 6 percepatan. Pedal kopling yang memberikan sensasi tersendiri ketika diinjak, juga perpindahan giginya yang sangat presisi.

Apalagi di tengah kemacetan entertainment system MX-5 RF sudah bisa apple car play dan android auto, tentu ini sangat menghibur. Suara alunan musik yang keluar dari speaker Bose terdengar nyaman di telinga.

Puas menyusuri jalanan ibukota, Mazda MX-5 RF Manual Kami ajak memasuki jalan tol. Saat di jalan tol, mengendarai Mazda MX-5 RF memberikan sensasi berbeda. Jalan tol yang kebetulan sepi, langsung pedal gas Kami injak lebih dalam.

MX-5 RF yang dibekali mesin 1.998 cc empat silinder non turbo dengan tenaga 181 hp dengan torsi 205 Nm langsung melesat cepat dengan mudah meninggalkan kendaraan lainnya. Benar – benar fun to drive.

Selain itu untuk sebuah mobil sport, bantingan mobil ini cukup empuk, handling nya pun mumpuni. Tidak mengherankan memang, karena Mazda telah menyematkan fitur bernama Kinematic Posture Control yang membuat handling dan kestabilan menjadi lebih baik.

Sama seperti mobil Mazda lainnya, MX-5 RF Manual ini dibekali fitur keselamatan i-Activsense, seperti LDWS (Lane Departure Warning System), Adaptive LED Headlamps, RCTA (Rear Cross Traffic Alert) dan BSM (Blind Spot Monitoring).

Nah bagi Anda yang suka dengan mobil sport, Mazda MX-5 RF Manual ini dibanderol Rp 839.900.000 (on the road) Jakarta ini bisa menjadi pilihan. Karena selain enak diajak jalan kencang, mobil sport mungil ini juga masih cukup nyaman buat kendaraan sehari-hari.

[MNR]

About pekik udi irianto 2290 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present