Test Drive Mercedes-Benz AMG GT 53 4MATIC: Besar, Seksi, Kencang

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Setelah kami mencoba model AMG entry level, kini kami mencoba salah satu model AMG varian yang lebih mewah, yaitu AMG GT 53 4MATIC 4 door. Mercedes-Benz menjual begitu banyak model yang berbeda salah satunya mobil ini. 

Dari tampilan, mobil ini adalah versi “Coupe” empat pintu supercar AMG GT. Namun, di bawah kap mesinnya, mobil ini sejajar dengan sedan ukuran menengah seperti E-Class dan CLS-Class. Kedua mobil itu juga memiliki varian AMG, dan CLS-Class bahkan merupakan “Coupe” empat pintu seperti GT 4-Door. Nah seperti apakah mobil besar dan kencang ini? Yuk kita simak.

Eksterior

Melihat tampilan depan Mercedes-AMG GT 53 4MATIC  ini, kesan yang ditampilkan adalah garang. Hal itu tercermin dari perpaduan body kit AMG serta penggunaan desain Front Grille vertikal dengan logo three-pointed star yang besar. Logo tersebut juga berguna untuk sensor saat kita menggunakan fitur semi autonomusnya.

Sepintas, desain seperti ini terlihat seperti siluet gigi dan headlamp LED (Light Emitting Diode) nya dibuat seolah menyipit seperti mata. Tampilan seperti ini mencitrakan desain Mercy kekinian yang modern, serta elegan.

Lanjut ke bagian eksterior samping, atapnya dibuat landai. Atap melandai ini pula yang menjadi ciri khas kental dari sebuah mobil coupe 4 pintu. Sekilas memang mirip seperti Porsche Panamera, tapi menurut kami mobil ini lebih seksi. Ini merupakan bukti matang dan dewasanya desainer Mercy modern kini. Sebagai pemanis, pelek-nya juga menggunakan desain AMG 20-inch AMG 5-twin-spoke light-alloy wheels dibalut ban Michelin Pilot Sport 4S.

Kesan anggun nan berotot diteruskan hingga tampilan belakang mobil Mercedes-AMG GT 53 4MATIC 2020 ini. Tentu saja konsep bodywork yang aerodinamis menjadi pertimbangan utama desainer mobil untuk turut mendongkrak performa mesinnya. Hal serupa juga ditemui pada sisi belakang mobil ini yang menerapkan Active Trunk Lid Spoiler yang bisa bergerak otomatis menyesuaikan tingkat kecepatan mobil ini guna membantu downforce.

Interior

Masuk ke bagian interior Mercedes-Benz GT 53 4MATIC ini, langsung terlihat bahwa Mercy mengaplikasikan layout dashboard kekinian. Perpaduan warna antara silver, hitam, abu-abu dan ditambah pilihan lampu ambient yang menghasilkan kesan modern tanpa mengurangi kesan mewah.

Makin terasa modern karena instrumen sudah menggunakan model full glass cockpit. Setirnya sendiri desainnya keren dan material nappa leather menjamin lingkar kemudi ini enak digenggam, belum lagi ditambah banyaknya tombol pengatur fitur di lingkar kemudi berdesain flat bottom tersebut.

Karena berkonsep sedan sport 4 pintu, maka layout kursi yang ditawarkan oleh Mercedes-AMG GT 53 4MATIC  ini adalah 4 penumpang. Posisi mengemudi ergonomis layaknya sebuah mobil sport.

Pengaturan kursi depannya pun sudah bisa elektris dengan pengaturan yang luas, mulai dari reclining, height adjuster, hingga lumbar support dan menaik turunkan sandaran. Untuk kursi belakang menggunakan bahan senada dengan kursi depan, meski pengaturannya lebih terbatas.

Mercedes-AMG GT 53 4MATIC didesain sebagai mobil sport 4 penumpang yang nyaman dan praktis digunakan sehari-hari, membuat mobil ini wajib memiliki kapasitas bagasi yang mumpuni. Untunglah ia memiliki kapasitas bagasi hingga 286 liter.

Memang, tidak sebesar bagasi mobil jenis sedan pada umumnya, hal itu lantaran atap yang landai mengurangi kapasitas bagasinya, namun sebagai sebuah mobil sport 4 pintu, kapasitas itu sudah terbilang memadai.

Ingin tau rasa berkendaranya? Baca di artikel selanjutnya!.

[Gilang Budiman]

About Gilang Budiman 539 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website