Test Drive: Meski Harga Separuh Alphard, Toyota Voxy Punya Fasilitas yang Tak Kalah Lengkap

pekik udi irianto | 26 Sep 2022

Full Width Image

AFTERMARKETPLUS.id - Sejarah Toyota Voxy di Indonesia memang tak secemerlang Alphard di Tanah Air. Meski banyak yang menyebut kalau MPV (Multi Purpose Vehicle) ini adalah baby Alphard. Mungkin justru karena harganya yang lebih murah dari Alphard itu yang bikin dirinya dianggap kurang mampu mengangkat status sang pemilik.

Mengapa begitu? Ya, sebab kalau mengesampingkan sejenak unsur ekstrinsiknya, Voxy menurut kami justru menawarkan nilai yang lebih. Misalnya, dimensinya tak berbeda jauh. Toyota Alphard hanya lebih panjang 250 mm, lebih lebar 120 mm dan lebih tinggi 40 mm saja dari Voxy. Jarak sumbu rodanya hanya terpaut 50 mm.

Sama-sama berjenis MPV dan menganut konsep desain boxy, bisa disimpulkan kalau Voxy menawarkan ruang kabin yang tak berbeda signifikan dengan Alphard. Kalau tak percaya, coba saja sendiri masuk ke dalam kabinnya. Kami sudah membuktikannya dan jujur, ruang kabin Voxy sangat luas dan nyaman.

Berada di dalam kabin Voxy, Anda akan disambut dengan interior yang sederhana. Kalau kami bilang sederhana, jangan samakan kesederhanaan kabinnya dengan kabin Toyota Calya. Tentu jelas berbeda.

Maksudnya kalau dibandingkan dengan kabin Alphard yang berkelas, jelas interior Voxy kalah mewah. Contohnya control panel di kursi baris kedua yang bisa mengatur posisi duduk secara elektronis hingga pengaturan AC. Voxy tidak punya itu. Tetapi desain kabin Voxy ekstravagant.

Mobil ini dirancang sepenuhnya untuk memenuhi seluruh kebutuhan penumpang di setiap baris selama perjalanan. Memiliki kapasitas angkut yang banyak dengan kabin sebesar ini, Toyota paham betul mobil ini lebih sering digunakan bepergian bersama dengan keluarga. Mulai dari bagian dashboard, door trim hingga kursi baris ketiganya pun dirancang menyediakan banyak ruang penyimpanan dan fasilitas hiburan.

Di bagian penumpang depan misalnya, layout dashboard dibuat berlubang layaknya kantung. Dashboard bagian atasnya dapat dibuka sebagai laci. Dashboard juga menyediakan lubang menaruh botol ataupun tumbler, satu untuk pengemudi dan satunya lagi untuk penumpang depan. Padahal di sisi pintu sudah tersedia banyak bottle holder juga. Glove boks untuk penumpang depan juga berukuran cukup besar.

Bagian tengah dashboard bukan hanya menjadi tempat menaruh tuas transmisi. Tersedia ruang untuk menaruh smartphone yang di bawahnya masih tersedia lagi kantung lengkap dengan lubang untuk mengisi ulang daya smartphone. Ada juga laci kecil untuk penyimpanan koin serta saku untuk menaruh kartu. Semuanya didesain dengan sangat detail untuk tujuan kepraktisan.

Bahkan sebagai pengemudi, Anda akan dimanjakan oleh Head-Up Display (HUD) yang akan memproyeksikan informasi berkendara seperti kecepatan di kaca depan. Tak perlu lagi menolehkan pandangan anda dari jalan. Waktu berhenti, bolehlah menengok MID (Multi Information Display) digital berukuran 7 inci yang modern lengkap dengan animasi.

Tersedia banyak sekali lubang untuk mengisi daya smartphone di dalam kabin. Port USB C sebanyak 6 buah tersedia di dalam kabin. Power outlet tetap tersedia di bagian depan. Menariknya lagi, Toyota masih menyediakan lagi tray dengan wireless charger di konsol tengah. Pastikan smartphone anda memiliki fitur NFC. Di dalam konsol tengah, tersedia masih banyak pula ruang penyimpanan.

Duduk di belakang banyak sekali keunggulan yang dimilikinya. Pertama, kursi baris keduanya berjenis captain seat. Selain lebih nyaman karena ada sandaran tangan di kedua sisi, captain seat cocok sekali untuk Anda yang mengutamakan privasi dan tak ingin bersenggolan dengan tetangga di sebelah.

Disebut Toyota sebagai flexible seat arrangement, kursi baris keduanya selain bisa digeser maju mundur, juga bisa direbahkan. Ruang di bagian tengah untuk akses ke kursi baris ketiga cukup besar. Kalau tidak ada yang lewat, tersedia foldable center table untuk menaruh botol maupun smartphone saat sedang mengisi daya.

Kursi baris ketiganya lebih menarik lagi. Karena metode pelipatannya sangat mudah hanya dengan satu tuas maka kursi akan dapat terlipat ke samping dan terkunci secara mekanis. Tak perlu lagi repot mengangkat dan mengikatnya dengan tali manual. Mengejutkannya, waktu dilipat ternyata dimensi kursi baris ketiga yang terlipat cukup ringkas. Jadi meski kursi baris ketiganya dilipat ke arah jendela samping, ruang penumpang yang duduk di kursi baris kedua tidak terganggu meski kursi digeser ke belakang.

Tak berhenti sampai di situ, Toyota juga menghadirkan sejuta kemudahan bagi penumpangnya dalam mengakses kabin. Misalnya, dual electric sliding door yang sekarang tersedia dalam metode kick sensor. Ayunkan kaki di kolong pintu geser, dan pintu akan terbuka secara elektris.

Menariknya, untuk pintu bagasi Toyota justru menawarkan cara yang tidak biasa. Tersedia power back door dengan tombol pembuka di bagian sisi kendaraan. Jadi waktu membuka pintu bagasinya, tak usah lagi geser badan.

Masih banyak lagi kemudahan yang ditawarkan Voxy untuk pemiliknya. Misalnya fitur bantuan berkendara dan fitur keselamatan TSS (Toyota Safety Sense). Kita bahas itu semua dan rasa berkendaranya di artikel selanjutnya. 

[MNR]

#Test Drive #Alphard #Toyota Alphard #Toyota Voxy #Voxy

...
Author : pekik udi irianto > 3113 Articles

Pekik Udi Irianto mengenyam pendidikan di Vrije Academie voor de Beeldende Kunsten, The Haque, NL. Memulai karir di bidang otomotif sejak: 1994 : Fotografer Tabloid Otomotif. 2001 : Redaktur Foto Tabloid Otosport. 2003 : Redaktur Foto Majalah Auto Bild Indonesia. 2015 : Pemimpin Redaksi aftermarketplus.id.

Comment (0)

List Comment

No Comment