Test Drive Mitsubishi XForce Ultimate: Crossover yang Nyaman Diajak Melaju Kencang

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Sebelumnya kami sudah sempat menjajal Mitsubishi XForce ini tahun lalu di Jawa Tengah bersama awak media Nasional lainnya.

Namun karena masih penasaran dan belum terpuaskan, kami pun kembali meminjam XForce Ultimate yang merupakan tipe tertinggi selama beberapa hari untuk menemani liburan ke daerah Jawa Barat.

Sengaja daerah Jawa Barat menjadi pilihan karena rute perjalanan yang lengkap dan beragam. Seperti jalan luar kota yang menanjak, menurun, tikungan, tol maupun jalan bergelombang dan bebatuan.

Eksterior

Tampak depan terlihat Mitsubishi ingin menampilkan sosok sebuah mobil Crossover yang gagah dan modern, melalui garis tegas yang terlihat pada kap mesin yang menggelembung dengan grill yang terlihat seperti sirip berjajar rapi dipadu dengan bumper yang kekar dan desain lampu utama futuristis.

Pada bagian samping, garis tegas terlihat menyatu dengan lekukan bodi. Tampak semakin gagah dengan ditopang pelek palang lima yang kekar. Pada bagian belakangpun sama, terlihat kekar dan berotot.

Interior

Masuk ke dalam kabin, kami disambut dengan nuansa dasbor yang terlihat simpel namun lebih ke fungsional. Di mana semua tombol pengaturan mudah dijangkau dan informatif.

Mobil ini telah dilengkapi dengan horizontal axis instrument panel dengan mélange dan mocha interior; floating console; dan ambient lighting.

Selain itu, Dari sisi display monitor dilengkapi dengan Smartphone-link Display Audio (SDA) 12,3 inci yang menawarkan visual berkualitas tinggi. Memiliki Wireless Connectivity Android Auto dan Apple Carplay4, serta Digital Driver Display 8 inci yang memberikan informasi sangat mudah dibaca.

Rasa Berkendara

Tanpa menunggu lama, Mitsubishi XForce Ultimate yang dibekali mesin dengan kode 4A91 berkapasitas 1.499 cc yang bisa menghasilkan tenaga 103 di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm kami ajak menyusuri perbukitan di daerah Cianjur.

Dengan postur tubuh 173 cm, posisi duduk masih cukup ergonomis dengan visibilitas juga cukup baik. Saat melintas digundukan, bantingan suspensi terasa agak keras layaknya sebuah mobil SUV. Namun untungnya XForce ini memiliki bangku yang empuk, sehingga masih bisa duduk dengan nyaman.

Asyiknya lagi Mitsubishi XForce memanjakan kami dengan kehadiran 4 mode berkendara yang bisa menyesuaikan kondisi jalan di Indonesia.

Saat kami melintas di daerah Padalarang hujan deras mengguyur, tentunya kondisi jalan yang berliku menjadi sedikit licin. Nah, dengan adanya fitur berkendara Wet Mode tentunya menjadi pilihan tepat. Mengendarai mobil ini jadi tetap nyaman dan meningkatkan kepercayaan diri.

Selain itu, mengendarai XForce dengan berbagai kondisi jalan yang kami lalui hampir tidak mengalami kesulitan berarti, seperti saat melintas di jalan berkerikil mode Gravel menjadi pilihan dan saat melewati jalan berlumpur kami gunakan mode berkendara MUD.

Ketika kami memasuki jalan tol di Bandung, mode berkendara Normal tentu menjadi pilihan. Crossover dari Mitsubishi ini terasa nyaman saat diajak melaju kencang di jalan bebas hambatan, performa cukup baik.

Suspensi memang sedikit keras, ini cukup terasa saat melintas di jalan begelombang. Namun ini membuat handling XForce sangat nyaman.

Bagaimana dengan fitur keselamatannya?

Mitsubishi XForce telah dibekali dengan 4 airbags (driver, passenger dan side airbags), serta beberapa fitur ADAS, yakni Tire Pressure Monitoring System, Blind Spot Warning, Active Stability Control, Hill Start Assist dan Rear Cross Traffic Alert.

[MNR]

,

About pekik udi irianto 2563 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present