Test Drive NETA V-II: SUV Kompak Rp 200 Jutaan yang Nyaman Dikendarai

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Belum lama ini di ajang PEVS 2024 bulan Mei Lalu, PT NETA Auto Indonesia meluncurkan NETA V-II dengan harga yang cukup menggoda, yakni dibanderol Rp 299 juta (on the road) Jakarta.

Penasaran dengan SUV kompak listrik ini, kamipun penasaran ingin mencobanya. Gayung pun bersambut,kami mendapat kesempatan untuk mencoba NETA V-II di kepadatan kota Bandung dan jalan tol menuju Jakarta.

Kami mendapat unit NETA V-II dengan warna sangat ciamik, yaitu Milk Tea. Ini merupakan salah satu warna yang banyak diminati. Warna ini membuat NETA V-II tampak elegan.

Tanpa menunggu lama, kami berempat bersama awak media Nasional lain masuk ke dalam kabin NETA V-II. Layar sentuh berukuran 14,6 inci langsung menyita perhatian kami. Interior dan jok dengan warna terang membuat kabin terasa semakin lega.

Posisi duduk cukup ergonomis, stir juga nyaman digenggam, visibitas juga bagus, hanya sayang stir belum tilt telescopic. Sehingga untuk mendapat posisi mengemudi yang pas hanya bisa dilakukan dengan memaju mundurkan dan menaik turunkan jok.

Saatnya mengajak NETA V-II menyusuri jalan di kota Paris van Java. Meskipun di hari biasa kepadatan lalu lintas kota Bandung lumayan padat.Tapi ini menjadi keuntungan tersendiri, karena kami bisa mencoba fitur Traffic Jam Assist (TJA).

Di mana sistem ini adalah bagian dari Adaptive Cruise Control (ACC) yang bekerja membaca jarak mobil di depannya dan membantu mobil berakselerasi dan deselerasi secara otomatis saat berada di kemacetan atau saat di jalan raya dan memberikan pengalaman berkendara yang nyaman, serta mengurangi kelelahan berkendara di jalan.

Fitur ini benar-benar sangat membantu saat berkendara di dalam kota, dan fitur ini yang kami rasakan dapat bekerja dengan baik.

Ketika beberapa kali sempat melewati polisi tidur maupun jalan berlubang, suspensi nya begitu empuk, sehingga kami berempat bisa duduk dengan nyaman.

Hanya tentu saja, konsekuensinya saat diajak melaju kencang dan diajak bermanuver NETA V-II terasa limbung. Artinya, SUV kompak ini lebih cocok buat berkendara di dalam kota. Untuk perjalanan luar kota pun NETA V-II masih cukup nyaman, bila kita berkendara dengan kecepatan maksimal 110 km/jam.

Puas berkendara di dalam kota, kamipun berkesempatan untuk mengendarai NETA V-II melintasi kubangan air yang telah disiapkan. Untuk membuktikan bahwa baterai dari mobil listrik ini aman saat menerjang banjir atau genangan air. Dan memang terbukti, tidak ada kendala sama sekali di baterai NETA V-II.

Keesokan harinya, kami mencoba NETA V-II melewati jalan tol menuju Jakarta sekaligus untuk mencoba fitur Smart Driving dengan 9 fungsi ADAS yang sudah tersemat di dalamnya.

Fitur pertama yang kami coba yakni Full- Speed Adaptive Cruise Control (ACC), di mana sistem akan membantu mobil berakselerasi dan deselerasi menyesuaikan kecepatan kendaraan di depannya. Fitur ini begitu membantu mengurangi kelelahan mengemudi saat melakukan perjalanan jauh dan membuat Fun to Dive.

Nah asyiknya lagi saat kecepatan sudah mencapai di atas 60 km/jam, fitur Intelligent Cruise Assist (ICA) akan aktif. Dimana sistem ini membantu menjaga mobil agar selalu berada di jarak yang aman dari mobil di depannya.

Mengemudi NETA V-II semakin terasa aman berkat kehadiran fitur Lane Departure Warning (LDW), fitur ini membantu mendeteksi apabila mobil berpindah jalur tanpa disengaja dan akan memberikan peringatan.

Hanya saja saat kami memasuki jalan tol MBZ yang bergelombang, mobil terasa sekali mentul -mentul suspensinya. Terutama bagi penumpang yang duduk di bangku baris kedua.

Namun secara keseluruhan, buat mobil dengan harga Rp 200 jutaan ini sangat layak dipertimbangkan untuk mengisi garasi rumah anda. Selain nyaman buat di perkotaan, juga NETA V-II ini sudah dibekali dengan segudang fitur terkini.

[MNR]

About pekik udi irianto 2685 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present