Test Drive NETA V: Mobil Listrik yang Layak Diperhitungkan

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Kehadiran NETA dari negeri Tiongkok di Indonesia dengan kendaraan listriknya, yaitu NETA V membuat pasar otomotif di Tanah Air semakin semarak.

NETA V mobil di kelas crossover yang dibanderol Rp 379 juta (on the road) Jakarta ini tampilan eksteriornya tidak bisa dipandang sebelah mata, sosoknya terlihat modern dan elegan. Apalagi mobil ini sudah dijejali dengan beragam fitur terkini.

Ini yang membuat kami penasaran untuk menjajal NETA V. Gayungpun bersambut, kami mendapat undangan untuk mencoba mobil ini dari kota Semarang menuju Jakarta. Sebelum menuju Jakarta, NETA V kami ajak mengelilingi kota Semarang.

Masuk ke dalam kabin NETA V cukup mudah, tinggal tekan tombol Smart Key untuk membuka pintu dan mobilpun siap berangkat. Di dalam kami disambut interior yang terlihat minimalis namun layar multifungsi yang berukuran 14.6″ dengan koneksi bluetooth serta smartphone projection untuk mengontrol, navigasi dan hiburan sangat mudah dengan sentuhan jari.

Untuk posisi duduk pun juga cukup ergonomis, pandangan ke depan dengan visibilitas yang bagus membuat mengendarai NETA V sangat nyaman saat diajak berkeliling kota Semarang. Kabin pun cukup lega dengan penumpang tiga orang. Bagasi dengan volume 552 liter memberikan ruang yang luas untuk menampung barang bawaan kami yang lumayan banyak.

Meskipun saat membelah kepadatan lalu lintas kota Lumpia ini cuaca di luar panas menyengat, beruntung penumpang di dalam mobil tetap nyaman. Ini berkat AC NETA V yang adem, dan telah dilengkapi dengan pembersih udara Hepa filter yang menyaring partikel debu, virus dan bakteri hingga 0.3 mikron.

Menyenangkannya lagi berkendara bersama NETA V di dalam kota, saat harus putar balik. Radius putar yang kecil sangat memudahkan saat bermanuver. Perpindahan gigi pun juga nyaman dengan tuas elektrik pada setir, sehingga mengemudi lebih leluasa.

Puas menjelajah lalu lintas perkotaan, NETA V pun kami ajak menuju tol Trans Jawa menuju Jakarta dengan kondisi baterai penuh 100 persen.

NETA V ini mengusung kapasitas baterai 40,7 Kwh dengan teknologi HEPT 3.0 thermostatic management system untuk menjaga temperatur baterai agar selalu pada kondisi optimal. Dan mobil yang kami bawa ini di klaim sanggup melaju hingga sejauh 401 km (CLTC).

Memasuki tol Trans Jawa yang tidak terlalu padat, NETA V kami ajak melaju di kecepatan 60 km/jam. Saat berakselerasi cukup mudah, untuk mencapai kecepatan 0-50 km/jam hanya dibutuhkan waktu sekitar 4 detik.

Menariknya saat melibas jalan bergelombang, penumpang yang duduk di bangku baris pertama maupun kedua masih bisa duduk dengan nyaman. NETA sukses melakukan pembenahan pada suspensi bagian depan dan belakang.

Asyiknya mengendarai NETA V di dalam kota maupun di jalan bebas hambatan sama nyamannya. Handling dan presisi mengemudi masih cukup baik.

Nah ketika memasuki km 229 kami sempatkan untuk mengisi baterai di SPKLU PLN, baterai yang tertera di layar informasi masih tersisa 56%. Untuk menambah daya ke 100% tidak dibutuhkan waktu terlalu lama, kurang dari sejam.

Selain itu, mengendarai NETA V semakin percaya diri, dengan hadirnya beragam fitur keselamatan yang disandangnya, sebut saja EPB (Electronic Parking Brake), AVH (Auto Vehicle Hold), ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), ESC (Electronic Stability Control), HAC (Hill-start Assist Control), HDC (Hill Descent Control) dan TPMS (Tire Pressure Monitor System).

[MNR]

About Gilang Budiman 1190 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website