Test Drive New Hilux 2.4L V 4x4 Diesel A/T: Nyaman Buat Berbagai Kondisi Jalan

pekik udi irianto | 05 Mar 2022

Full Width Image

AFTERMARKETPLUS.id - Setelah kami membeberkan secara lengkap sosok dan fitur New Hilux 2.4L V 4x4 A/T di artikel sebelumnya. Saatnya kami mengulas bagaimana rasa berkendara dari D-Cab terbaru Toyota ini.

Sebelumnya sempat ada beberapa tujuan di benak kami ketika akan menguji seberapa tangguh New Hilux. Awalnya Lampung menjadi tujuan, dengan alasan sebagai kendaraan komersial pas lah New Hilux diajak menjelajah ke sana. Namun melihat kondisi yang belum memungkinkan, akhirnya New Hilux 2.4L V 4x4 A/T kami ajak bermain ke kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi beberapa waktu lalu.

Perjalanan menuju lokasi kami tempuh sekitar 5 jam dari Jakarta. Berbagai kondisi jalan menantang pun kami lalui, seperti: jalan tol, aspal mulus, jalan berlubang, berkelok, menanjak, menurun, jalan tanah, sempit dan licin menjadi menu lengkap sesi test drive New Hilux 2.4L V 4x4 A/T.

Performa

Unit yang kami uji ini adalah versi tertingginya, yaitu New Hilux 2.4L V 4x4 A/T bermesin diesel 2GD-FTV 2.400 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi 40.8 kgm yang dipadukan dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Saat mesin kami hidupkan, dari dalam kabin suaranya terdengar sayup-sayup. Ini membuat nyaman penumpang layaknya duduk di dalam mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle). Selain itu, melihat kabin New Hilux yang cukup lapang dan bangku baris kedua yang tidak terlalu tegak, maka dalam sesi test drive ini New Hilux kami jejali dengan lima penumpang. Terbukti ketiga penumpang dewasa di bangku baris kedua masih bisa duduk dengan nyaman.

Pada saat kami melintas di jalan tol Bocimi (Bogor, Ciawi, Sukabumi) dengan mode berkendara normal, New Hilux yang berbadan bongsor ini beberapa kali dengan mudah mendahului kendaraan lain. Bahkan ketika melewati jalan menanjak yang cukup terjal di daerah Cikidang, New Hilux sama sekali tidak mengalami kesulitan berarti. Tenaga yang dihasilkan dari mobil ini terasa tiada habisnya.

Kemudi dan Stabilitas Berkendara

Kenyamanan dari New Hilux 2.4L V 4x4 A/T yang minim getaran ini layak diacungi jempol, meskipun raungan suara dari mesin diesel ini terdengar dari ruang kabin pada saat pedal gas diinjak dalam-dalam ketika mendahului kendaraan lain maupun saat melahap jalan menanjak.

Dengan panjang 5,325 mm, lebar 1,855 dan tinggi 1,815 Toyota New Hilux dipakai menikung di tikungan masih cukup enak. Bantingan suspensi tidak terlalu keras tapi juga tidak terlalu lembut. Pergerakan kemudi juga mudah diarahkan. Seperti yang kami rasakan saat melibas banyaknya jalanan berlubang selepas tol Bocimi di daerah Sukabumi. Ketika kendaraan lain berjalan pelan sibuk menghindari lubang, New Hilux tetap jalan melenggang.

Asyiknya lagi, mengendarai New Hilux serasa layaknya membawa mobil penumpang. Selain stir yang nyaman digenggam, visibilitas yang cukup baik juga perpindahan gigi dari transmisi otomatis 6 percepatan cukup halus.

Fitur Keselamatan Mumpuni

Satu hal lagi yang membuat mengendarai New Hilux tipe tertinggi ini semakin percaya diri, yaitu dengan dibekalinya beberapa fitur keselamatan yang mumpuni.

Seperti Vehicle Stability Control (menjaga kestabilan kendaraan saat melakukan tikungan tajam untuk menghindari over atau under steering), Hill Assist Control (mencegah kendaraan tergelincir ke belakang di jalan menanjak), Trailer Sway Control (terintegrasi dengan VSC, fitur ini menstabilkan dan mencegah goyangan yang dapat membahayakan kendaraan dan sekitarnya), dan Emergency Brake Signal (memberi signal dan memperingatkan pengemudi agar menjaga jarak aman untuk menghindari tabrakan) , Airbag serta Anti Lock Braking System/Electronic Brake Force Distribution (mencegah penguncian roda saat pengereman mendadak, memastikan stabilitas kendaraan untuk bermanuver saat rintangan datang).

Kesimpulan

Mengendarai New Hilux dengan berbagai kondisi jalan di Indonesia ini sangat mengasyikkan. Meskipun diperuntukkan untuk kendaraan komersial, namun nyatanya mobil D-Cab ini cukup nyaman untuk mobil harian.

Bagaimana dengan harganya? New Hilux 2.4L V 4x4 Diesel A/T ini dibanderol Rp 491.350.000 (on the road).

[MNR]

#Test Drive #Mobil Komersial #New Hilux #Double Cabin #D-Cab #New Hilux 2.4L V 4x4 diesel A/T #Kabin Ganda

...
Author : pekik udi irianto > 2992 Articles

Pekik Udi Irianto mengenyam pendidikan di Vrije Academie voor de Beeldende Kunsten, The Haque, NL. Memulai karir di bidang otomotif sejak: 1994 : Fotografer Tabloid Otomotif. 2001 : Redaktur Foto Tabloid Otosport. 2003 : Redaktur Foto Majalah Auto Bild Indonesia. 2015 : Pemimpin Redaksi aftermarketplus.id.

Comment (0)

List Comment

No Comment