Test Drive New Toyota Voxy: Uji Performa dan Impresi Berkendara

pekik udi irianto | 28 Sep 2022

Full Width Image

AFTERMARKETPLUS.id - Kalau Anda sudah berkeluarga, wajib hukumnya punya MPV (Multi Purpose Vehicle) di Indonesia. Kalau budget cukup, Toyota Voxy terbaru ini boleh Anda pertimbangkan. Alasannya karena dengan menebus MPV menengah seharga hanya Rp 500 jutaan ini, Anda dapat tampil bak sultan.

Ya, eksterior Toyota Voxy bisa menipu khalayak. Buat mereka yang begitu melek otomotif, mungkin mengira kalau Anda naik Toyota Alphard, kereta kencana terlaris di Indonesia seharga miliaran Rupiah. Padahal harga mobil yang Anda naiki hanya separuhnya.

Toyota Voxy yang kami uji ini adalah generasi keempat. Pertama meluncur awal tahun ini dan sudah berdiri di atas struktur rangka TNGA (Toyota New Global Architecture). Sasis baru yang dijamin bakal meningkatkan performa, kenyamanan berkendara dan utamanya visibilitas mengemudi.

Wajahnya berubah total. Sebelumnya ia mengusung tema dual headlamp atau lampu bertingkat ala Toyota Vellfire. Memang di versi ini masih sama, hanya bedanya lampu bagian atas tipis sekali dan hanya berfungsi sebagai Daytime Running Lights (DRL). Sedangkan lampu bawahnya berbaur dengan grille. Menariknya, grille utamanya berukuran sangat besar dan tampil layaknya mobil dari masa depan yang agresif.

Kalau dilihat dari samping, MPV boxy ini kurang elemen desain. Berbeda dengan Alphard yang punya garis bahu yang seksi, Voxy dari samping terlihat sangat monoton. Garis atap, garis bahu dan lantainya datar. Begitupun dengan desain belakangnya yang kurang elemen kemewahan. Meski begitu kaca belakang yang besar memberikan visibilitas baik ke belakang yang dibutuhkan saat bermanuver di area parkir.

Performa dan Konsumsi BBM

Ganti generasi, sudah pasti mesin baru dinanti. Tak salah kalau Toyota memakaikan mesin M20A-FKS milik Camry terbaru untuk Voxy. Terbayang sudah kan bagaimana performanya. Mesin baru ini menghasilkan tenaga 170 PS pada 6.600 rpm atau meningkat dari yang sebelumnya hanya 152 PS. Begitupun dengan torsi puncak yang naik dari 193 Nm pada generasi sebelumnya menjadi 202 Nm pada 4.900 Nm.

Performa menjadi keunggulan mobil ini dibanding kompetitor sejak masih bernama Nav1. Kalau dulu Nav1 punya teknologi mesin Valvematic yang berdampingan dengan teknologi VVT-i. Begini, VVT-i berfungsi untuk mengatur waktu buka-tutup katup bensin dan udara yang masuk dan keluar dari ruang bakar. Tetapi pada mesin VVT-i bukaan katupnya sudah fix.

Nah Valvematic mengatur besarnya bukaan katup itu tadi. Jadi debit bensin yang masuk ke dalam ruang bakar diatur secara akurat sesuai dengan kebutuhan mesin. Sehingga tidak hanya mesin jadi lebih irit, tetapi pembakaran yang sempurna juga menghasilkan getaran mesin yang lebih halus, emisi gas buang yang jauh lebih bersih dan tentunya performa yang lebih powerful dan respons mesin yang lebih instan.

Teknologi tersebut disempurnakan lagi pada mesin terbaru Voxy. Mereka menyebutnya, Toyota Dynamic Force Engine. Cara kerjanya secara sederhana bisa disimpulkan sama. Bedanya sistem operasinya disederhanakan guna menghasilkan efisiensi yang lebih optimal.

Ya, memang jangan dibandingkan performanya dengan mobil sport. Tapi untuk ukuran MPV berdimensi bongsor seperti Voxy, performanya ini sangat memadai untuk dipakai dalam berbagai kondisi berkendara seperti mengangkut banyak penumpang atau barang dengan bobot yang lumayan besar ketika menanjak.

Asyiknya lagi, mesin powerful itu disandingkan dengan transmisi otomatis jenis CVT (Continuous Variable Transmission). Transmisi jenis ini unggul soal transfer tenaga yang lebih halus. Tanpa perpindahan gigi tak perlu khawatir saat mendahului kendaraan di depan. Karena mobil tidak akan tiba-tiba kehilangan tenaga sejenak lantaran harus ‘tarik nafas’ atau pindah gigi seperti yang biasa ditemui pada mobil bertransmisi manual maupun otomatis konvensional.

Lantas bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya?

Hasil pengujian kami sejauh 202 km melalui rute kombinasi, dalam kota dan tol, Toyota Voxy mencatatkan konsumsi BBM 11,5 kpl. Catatan ini terbilang irit untuk ukuran MPV berdimensi panjang 4.695 mm, lebar 1.730 mm dan tinggi 1.855 mm. Apalagi hasil pengujian lain ada yang mencatatkan konsumsi BBM lebih baik di sekitar 12,9 kpl. Efisiensi bahan bakar yang sangat baik untuk mobil bermesin 2,0 liter.

Tetapi perlu diingat, Toyota Voxy merupakan kendaraan yang berorientasi pada kenyamanan penumpang. Makanya jangan berharap kemudinya memberikan feedback yang positif. MPV ini bukan mobil yang asyik untuk dikemudikan berlari kencang meliuk-liuk di jalanan yang berkelok.

Terakhir, apa kekurangan Toyota Voxy? Pertama, tidak ada varian hybrid. Amat disayangkan karena lini produk terbaru Toyota di level menengah seperti Voxy hampir semuanya menyediakan pilihan elektrifikasi. Kedua, sunroof hilang. Ketiga, ground clearance rendah. Nah kalau Anda ingin tahu lebih detail mengenai interior dan fitur yang dimilikinya, pembahasannya telah kami ulas di artikel sebelumnya. 

[MNR]

#Test Drive #Toyota Voxy #Voxy #Test Drive New Toyota Voxy

...
Author : pekik udi irianto > 2894 Articles

Pekik Udi Irianto mengenyam pendidikan di Vrije Academie voor de Beeldende Kunsten, The Haque, NL. Memulai karir di bidang otomotif sejak: 1994 : Fotografer Tabloid Otomotif. 2001 : Redaktur Foto Tabloid Otosport. 2003 : Redaktur Foto Majalah Auto Bild Indonesia. 2015 : Pemimpin Redaksi aftermarketplus.id.

Comment (0)

List Comment

No Comment