Test Drive New Xpander Cross: Rasa Berkendara yang Lebih Dewasa

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Setelah Mitsubishi Xpander, giliran New Xpander Cross yang mendapat penyegaran. Tampil perdana pada GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2022, mobil ini memiliki sejumlah perbedaan dibanding versi sebelumnya.

Pertama, LSUV (Low Sport Utility Vehicle) ini memakai wajah baru. Bahasa desain ‘Dynamic Shield’ terbaru dihiasi lampu utama berbentuk huruf ‘T’ yang sama dengan yang dipakai Xpander baru. Meski begitu, trapezoidal grille miliknya jelas berbeda dari Xpander versi MPV (Multi Purpose Vehicle).

Eksterior & Interior

Bagian bemper depan, bemper belakang, LED foglamp, desain pelek 17 inci hingga wheel arch moulding telah disempurnakan. Hasilnya memang tak membuat desain mobil ini berubah total, tetapi penampilannya kini terlihat jauh lebih dewasa dari sebelumnya. Tak terlalu banyak gimmick aksesoris dan sentuhan detail di bagian eksterior.

Eksteriornya memang tak berubah ekstrim. Tetapi begitu masuk ke dalam kabin, semua berubah total. Interiornya kini jadi terlihat lebih premium dan mirip Pajero Sport. Bagus karena desain interiornya justru mendapat banyak hiasan ornamen mewah di dalam kabin.

Misalnya instrument cluster LCD 8 inci yang menggantikan panel indikator model jarum. Layar informasi berkendara jadi dapat menampilkan grafis animasi digital yang atraktif. Ada tiga pilihan mode tampilan. Kami lebih suka mode pertama dan ketiga karena petunjuk putaran mesin lebih mudah dibaca.

Layout dashboard jadi lebih premium lengkap dengan material soft pad. Begitupun dengan desain lingkar kemudi yang kebetulan juga mirip punya Pajero Sport. Material soft pad juga membalut beberapa bagian interior lain seperti door trim dan sandaran tangan di konsol tengah.

Lingkar kemudi dengan multifunction switches sudah dibalut kulit sintetis. Tak hanya lingkar kemudi, seluruh jok juga sudah dibalut kulit sintetis berkualitas (dual tone synthetic leather seat with heat guard).

Fitur dan Kepraktisan

Head unit audio layar sentuh 9 inci tertancap mantap di bagian tengah dashboard. Sistem multimedianya ini sudah dapat terhubung dengan smartphone. Nah waktu berkendara, sekarang tak perlu kesulitan lagi mengisi baterai smartphone yang habis. Ada wireless charger, jadi tinggal taruh di tray, baterai smartphone terisi kembali tanpa repot colok kabel.

Menariknya lagi, head unit layar sentuh miliknya juga dapat menampilkan AVM (Around View Monitor). Kamera 360 dengan grafis yang canggih mampu menampilkan visual di sekeliling mobil secara menarik. Sayang kualitas gambar yang ditampilkan menurut kami masih kurang maksimal.

Fitur baru lainnya, sekarang Mitsubishi Xpander Cross memiliki pengaturan AC digital. Sirkulasi udara di dalam kabin pun menjadi lebih berkualitas lantaran sudah didukung Micron Air Filtration.

Soal kepraktisan mobil ini memang telah diperhatikan dengan baik oleh Mitsubishi sejak versi awalnya. Tersedia One-Touch Tumble untuk melipat kursi baris kedua demi memudahkan akses penumpang masuk ke kursi baris ketiga. Tersedia arm rest untuk penumpang kursi baris kedua dan banyak ruang penyimpanan hingga luggage tray yang tersembunyi di bagasi.

Performa dan Pengendaraan

Lantas bagaimana performa dan rasa berkendaranya kini? Sejak pertama kali muncul, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross terkenal memiliki kualitas bantingan suspensi yang empuk. Sudah begitu, Mitsubishi memutuskan untuk tetap melakukan penyempurnaan.

LSUV andalan Mitsubishi di Indonesia ini memakai shock absorber belakang baru yang memiliki diameter berukuran sama dengan Pajero Sport. Benar saja, selain bantingannya lembut, kini di dalam rasa berkendaranya terasa lebih kokoh.

Itu sebabnya Mitsubishi New Xpander Cross terasa lebih stabil saat diajak bermanuver di kecepatan agak tinggi ataupun ketika melewati permukaan jalan yang ‘keriting’. Bagus, karena kenyamanan berkendara di dalamnya pun meningkat.

Kenyamanan berkendara juga ditingkatkan dengan kekedapan kabin yang lebih baik. Struktur bodi diperkuat, insulasi pada firewall dan dekat lubang roda ditambah serta kolong mobil ditambah penutup. Hasilnya kebisingan berkendara sukses direduksi.

Semua ini dilakukan lantaran sekarang Mitsubishi New Xpander Cross memakai transmisi otomatis baru jenis CVT (Continuous Variable Transmission). Tipikal transmisi otomatis jenis ini, menahan putaran mesin di rpm tinggi ketika mobil diajak berakselerasi atau ketika pedal gas diinjak lebih dalam. Suara jeritan mesin masih bisa didengar dari dalam kabin, namun diredam dengan baik oleh seluruh penambahan insulasi tadi.

Soal mesin tak banyak yang bisa dibahas karena Mitsubishi tak memberi ubahan. Tetapi Mitsubishi memberi fitur keselamatan baru bernama AYC (Active Yaw Control). Fitur ini membuat mobil jadi lebih mudah dikendalikan saat melakukan manuver menikung di kecepatan tinggi atau di kondisi jalan tergenang air. 

[MNR]

About pekik udi irianto 2275 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present