
AFTERMARKETPLUS.id – Pekan lalu kami mendapat kesempatan untuk merasakan secara langsung sensasi berkendara dua model terbaru dari Toyota, yaitu All New Veloz dan All New Avanza di ajang JTD (Journalist Test Drive) yang berlangsung di pulau Bali (7-9/12/2021).
Kesempatan baik ini tentu tidak kami sia-siakan untuk mencoba dan merasakan pengalaman berkendara dari All New Veloz dan All New Avanza yang kini telah menggunakan Platform Front Engine – Front Wheel Drive (FF).
Di hari pertama, kami mendapat kesempatan mencoba All New Veloz yang didapuk sebagai Premium Cross MPV dengan eksterior yang terlihat stylish dan premium, serta dilengkapi dengan segudang fitur advance yang lengkap untuk memanjakan penumpang maupun pengemudi.
Duduk di dalam kabin All New Veloz kini ada rasa naik kelas dibandingkan dengan model sebelumnya, tampilan interior terlihat semakin mewah dengan tiga paduan warna yakni hitam, krem, serta ornamen silver. Asyiknya kursi pengemudi All New Veloz bisa diatur secara reclining untuk sandarannya dan juga tinggi rendahnya melalui fitur height adjuster. Stir pun juga sudah tilt dan teleskopic.
Tidak perlu menunggu lama, mesin langsung kami hidupkan. Suara mesin berkode 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc bertransmisi otomatis ini terdengar halus. Rute dari bandara Ngurah Rai menuju Pantai Pandawa menjadi santapan pertama All New Veloz.
Suasana lalu lintas dalam kota Denpasar yang ramai lancar, mengendarai All New Veloz lumayan menyenangkan. Apalagi head unit baru 9 inci ini cukup mumpuni dengan beragam konektivitas seperti Android Auto maupun Apple CarPlay® semakin memanjakan penumpangnya. Pengaturan audio juga mudah dengan hadirnya audio steering switch pada lingkar kemudi.
Selain itu, salah satu fitur TSS (Toyota Safety Sense) yaitu Blind Spot Monitoring (BSM) sangat membantu ketika berkendara di kepadatan lalu lintas dalam kota, obyek yang tidak terlihat seperti kendaraan roda dua bisa terinformasikan melalui kaca spion. Bahkan kami sempat terjebak kemacetan di tanjakan, namun dengan hadirnya fitur Hill Start Assist (HSA) membuat All New Veloz tetap anteng di tempatnya alias tidak mundur.
Puas menelusuri rute dalam kota, kami sempat mencicipi rute berkelok, menanjak dan jalan sempit ketika menuju Four Points Hotel di kawasan Ungasan. Dengan segudang fitur yang disandangnya, seperti Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD) & Brake Assist (BA) dan Vehicle Stability Control (VSC) mengendarai All New Veloz semakin percaya diri.
Handling All New Veloz ini masih terasa nyaman, dan terasa mudah mengendarai mobil ini ketika melibas trek yang berkelok. Mesin 1.500 cc yang disandangnya cukup bertenaga membuat mudah ketika melibas tanjakan, walaupun dengan 4 orang penumpang dan bagasi penuh.
Impresi berkendara All New Veloz ini sebenarnya tidak terasa beda jauh dengan model sebelumnya. Namun dengan kehadiran TSS dan fitur-fitur terkini lainnya, mengendarai All New Veloz serasa naik kelas. Sayangnya, material pada dashboard dan panel pintu masih menggunakan bahan yang kurang premium.
[MNR]