<strong>Test Drive Toyota Fortuner 4x4 2.8 GR Sport 2022: Performa Istimewa</strong>

pekik udi irianto | 19 Sep 2022

Full Width Image

AFTERMARKETPLUS.id - Toyota Fortuner 2.8 GR Sport mendapat pembaruan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Sebetulnya Toyota Fortuner yang memakai mesin diesel berkapasitas 2,8 liter telah diluncurkan awal tahun ini. Namun di GIIAS 2022 hadir sejumlah perubahan dan harga baru.

Khususnya untuk varian berpenggerak 4x4. Toyota Fortuner 2.8 GR Sport yang sebelumnya hanya dijual dalam satu varian kini bisa dipesan dalam tiga tipe, yakni 4x4 2.8 GR Sport A/T seharga Rp 712.050.000, 4x4 2.8 GR Sport A/T Lux seharga Rp 715.843.000 dan 4x4 2.8 GR Sport A/T Two tone seharga Rp 717.050.000.

Unit yang kami uji kali ini adalah varian termahalnya. Tentu saja inilah Toyota Fortuner paling istimewa yang ada di Indonesia. Paling istimewa jelas mesinnya, yakni 1GD-FTV berkapasitas 2,8 liter yang menghasilkan tenaga 203,9 PS pada 3.000 – 4.000 rpm dengan torsi puncak 499 Nm pada 1.600 – 2.800 rpm.

Performa Toyota Fortuner 4x4 2.8 GR Sport mengungguli rivalnya, Mitsubishi Pajero Sport 4x4. Sebagai perbandingan, mesin 2,4 liter 4N15 Pajero Sport menghasilkan tenaga hanya 181 PS pada 3.500 rpm dengan torsi puncak 430 Nm pada 2.500 rpm. Melihat spesifikasi mesinnya ini saja, jelas sudah bisa dipastikan performa Toyota Fortuner bermesin 2,8 liter berpenggerak 4x4 bakal lebih menggairahkan.

Transmisi otomatis 6-speed dengan sport sequential switchmatic yang giginya dapat diatur melalui paddle shift semakin meningkatkan rasa kesenangan mengemudinya. Setidaknya itulah yang kami rasakan saat mengujinya. Tentu saja bedakan kesenangan mengemudi SUV ladder frame bermesin diesel dengan mobil monokok bermesin bensin. Cara menikmatinya jelas berbeda.

Begitu mesin dihidupkan lewat tombol Start-Stop, suara garing mesin diesel begitu merdu terdengar sayup-sayup di telinga dari dalam kabin. Begitupun dengan getarannya yang begitu menggoda seakan mengajak bergoyang dengan menginjak pedal gas dalam-dalam.

Benar saja, injak pedal gas perlahan dan terasa sekali respons cepat dari torsi sebesar hampir 500 Nm. Performa yang menjanjikan ini pas sekali dimiliki oleh Fortuner berpenggerak 4x4. Torsi besar dibutuhkan untuk berjuang di area offroad. Misalnya menanjak di jalanan pegunungan dengan permukaan jalan berlumpur misalnya.

Hebatnya lagi, Toyota Fortuner 4x4 memberikan kemudahan kepada pengemudinya dalam mengoperasikan sistem penggerak 4x4 miliknya. Tersedia transfer case H2, H4 dan L4 model knop putar yang disebut easy 4x4 switch. Memang benar sih, tak repot memindahkan sistem penggerak. Kami sudah mencobanya sendiri, tak sulit dan tak butuh waktu lama untuk mengubah sistem penggerak 4x2 ke 4x4.

Asyiknya lagi ada Limited Slip Differential (LSD). Fitur ini bertugas menyalurkan tenaga roda yang masih memiliki traksi untuk menghindari mobil slip atau terhenti ketika menghadapi situasi ban menggantung sebelah misalnya.

Kalau butuh putaran yang sama di setiap roda, ada Differential lock yang berfungsi mengunci sistem differensial. Ada juga fitur Downhill Start assist Control yang membantu mengontrol kecepatan mobil saat berhenti di turunan agar tidak tergelincir.

Tak kalah penting kamera 360. Fungsi kamera ini sangat berguna saat dipakai di area offroad. Sebab lewat pandangan mata elang pengemudi dapat memonitor kondisi sekitar dengan lebih baik sebelum mengambil keputusan dalam melaju. Masih banyak lagi fitur bantuan berkendara offroad yang dimilikinya, seperti Fitur Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Trailer Sway Control (TSC) dan Traction Control (TRC) juga sudah terpasang sebagai fitur keselamatan standar.

Semua itu membuat manuver di medan offroad dapat dilakukan dengan mudah oleh Toyota Fortuner 4x4 2.8 A/T GR Sport. Tetapi itu semua harus ditebus dengan harga di atas Rp 700 jutaan. Sayangnya, meski harganya tinggi tetapi ada sejumlah kekurangan Toyota Fortuner 4x4 bermesin 2,8 liter. Apa saja? Tunggu ulasan kami berikutnya.  

[MNR]

#Test Drive #Test Drive Toyota Fortuner 4x4 2.8 GR Sport 2022: Performa Istimewa #Toyota Fortuner 4x4 2.8 GR Sport 2022 #Harga Toyota Fortuner 4x4 2.8 GR Sport 2022

...
Author : pekik udi irianto > 2938 Articles

Pekik Udi Irianto mengenyam pendidikan di Vrije Academie voor de Beeldende Kunsten, The Haque, NL. Memulai karir di bidang otomotif sejak: 1994 : Fotografer Tabloid Otomotif. 2001 : Redaktur Foto Tabloid Otosport. 2003 : Redaktur Foto Majalah Auto Bild Indonesia. 2015 : Pemimpin Redaksi aftermarketplus.id.

Comment (0)

List Comment

No Comment