Test Drive: Toyota New Hilux 2.4L V 4×4 A/T

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Mobil Double Cabin di Indonesia biasanya lebih populer sebagai kendaraan operasional di perusahaan pertambangan. Padahal mobil komersial ini juga nyaman untuk dikendarai sehari-hari. Selain multifungsi, fitur dan kenyamanan tidak kalah dengan mobil penumpang, New Hilux juga banyak disukai konsumen karena pilihan model beragam, mulai dari double cabin atau single cabin, 4×2 atau 4×4.

Seperti yang kami rasakan saat mendapat kesempatan dari PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk menjajal New Hilux, Kendaraan jenis pick-up yang diluncurkan bulan Agustus 2020 ini menunjukkan kelasnya.

Namun sebelum mengulas secara lengkap bagaimana rasa berkendara D-Cab dari Toyota ini, yang sempat kami ajak bermain ke daerah Ciletuh, Sukabumi dan Pelabuhan Ratu, kami akan membedah terlebih dahulu tampilan serta berbagai fitur yang disandang New Hilux 2.4L V 4×4 A/T.

Eksterior

Tampak depan, D-Cab yang pernah menjuarai reli Dakar ini terlihat ganteng dengan grille trapezoidal tebal yang begitu mendominasi tampangnya sehingga menciptakan penampilan yang gagah menampilkan karakter sosoknya sebagai mobil pekerja tangguh.

Desain bertema 3 dimensi tampak begitu menonjol di bagian bumper depan dengan profil lekukan yang terlihat sporty, membuat New Hilux enak dipandang. New Hilux D-Cab tipe V yang kami test ini telah mengadopsi lampu depan LED dengan pola desain futuristis dan dilengkapi auto leveling untuk meningkatkan visibilitas.

Selain itu, juga telah disematkan foglamp LED disertai rumah lampu berwarna hitam yang menambah kesan kekar. Sosoknya semakin gagah dengan pelek alloy 17 inchi berwarna abu-abu gelap. Melirik ke bagian samping New Hilux 2.4L V 4×4 A/T, semakin menegaskan D-Cab sejati dengan hadirnya pijakan kaki yang kokoh.

Lanjut ke bagian belakang, desain lampu belakang berpola 3 dimensi yang melebar ke bawah ini tampak dinamis saat nyala di malam hari. Dan tentunya bak yang luas siap mengangkut barang bawaan Anda.

Interior

Puas mengamati bagian ekstrior, saatnya masuk ke dalam kabin New Hilux tipe tertinggi ini. Nuansa warna hitam pada dashboard dan jok di bangku baris pertama maupun kedua menyiratkan ketangguhan mobil ini. Selanjutnya penyegaran tampak pada desain head unit dengan monitor 7 inchi. Sebagai mobil komersial, head unit New Hilux cukup memanjakan penumpangnya dengan fitur yang disandangnya, seperti DVD, USB, radio, Bluetooth dan AUX-IN.

Lalu untuk tipe yang kami test ini pengaturan stir sudah tilt telescopic, yang sangat berguna untuk mendapatkan posisi mengemudi yang pas dan nyaman.

New Hilux juga sudah mengadopsi panel instrumen baru yang memberi kesan mewah. Informasi yang ditampilkan dari layar MID 4,2 inchi TFT cukup lengkap. Apalagi juga dilengkapi dengan indikator ECO membantu saat kita ingin berkendara hemat. Selain itu seluruh panel instrumen juga mudah terjangkau, termasuk di dalamnya pengaturan mode berkendara H2-H4 dan L4.

Hal yang layak diacungi jempol lainnya, yaitu New Hilux telah memperoleh pengembangan spesifikasi di beberapa bagian untuk semakin meningkatkan kenyamanan berkendara. Suspensi di setting ulang untuk mendapatkan keseimbangan antara kenyamanan dan respons kemudi yang memadai, untuk tingkatkan kemampuan di medan off-road, dan meredam goncangan yang timbul dengan lebih baik. Lalu susunan per daun juga dirancang kembali sehingga terasa nyaman bahkan di jalanan rusak sekalipun dan membuat mobil tidak mudah limbung ketika menikung atau pindah jalur.

Dapur Pacu dan Fitur Keselamatan

New Hilux 2.4L V 4×4 A/T mengusung mesin diesel ramah lingkungan 2GD-FTV 2.400 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi 40.8 kgm dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Asyiknya lagi, New Hilux sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan, seperti Vehicle Stability Control, Hill Assist Control, Trailer Sway Control, dan Emergency Brake Signal, Airbag serta ABS/EBD untuk memberikan perlindungan terbaik bagi penumpangnya. D-Cab ini juga telah disematkan dengan fitur immobilizer untuk mencegah terjadinya pencurian.

Nah, bagaimana dengan rasa berkendaranya? Tunggu di artikel berikutnya…..

[MNR]

About pekik udi irianto 1761 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present