Test Drive Toyota Raize: Lincah dan Bertenaga

Foto: aftermarketplus.id / Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Akhirnya produk kembar dari Daihatsu Rocky, yaitu Toyota new Raize yang diluncurkan tanggal 30 Mei 2021 ini resmi melenggang di Tanah Air. Aftermarketplus.id mendapat kesempatan untuk menjajal secara langsung Raize 1.0 Turbo GR CVT TSS yang mengusung mesin tiga silinder dengan kapasitas 1.0 liter turbo dengan rute dalam kota menuju Alam Sutera, Tangerang (6/5).

Keluarga SUV terbaru dari Toyota yang laris manis di Jepang ini memang membuat kami penasaran dengan rasa berkendara dari mobil ini. SUV 5-Seater yang lebih cocok untuk keluarga kecil atau Anda yang sering mengemudi sendiri di dalam kota.

Dengan tampang gagah dan lampu yang sudah LED dengan DRL dan foglamp dan dibalut pelek 17 inci membuat rasa penasaran kami untuk segera mencoba new Raize semakin membuncah.

Masuk ke dalam mobil, kami disambut dengan instrumen yang sudah full digital dan ada 4 pilihan tampilan (Advanced, Exciting, Simple, dan Analog) untuk menyesuaikan selera Anda serta hadir layar multi media berukuran 9 inci.

Untuk posisi berkendara cukup nyaman dengan jok menganut model semi bucket, sayangnya untuk pengaturan kemudi hanya bisa tilt steering (naik turun) saja, belum teleskopik.

Tak menunggu lama, tombol engine start/stop kami tekan. Suara mesin 1KR-VET 3 Cylinder Turbo Inline 12 Valve DOHC yang menghasilkan tenaga 98 PS dengan torsi 140 Nm ini terdengar halus.

Menyusuri jalanan kota Jakarta yang tidak terlalu ramai, new Raize dengan kabin yang lumayan hening cukup lincah dikendarai. Mesin 1.0 Turbo terbilang mumpuni, enak buat stop and go dan akselerasi cukup baik pada saat hendak mendahului kendaraan lain.

Yang membuat kami cukup kaget, mesin tiga silinder Toyota Raize ini ternyata bisa dibilang minim getaran. Baik di putaran bawah atau atas. Tentu ini cukup mengejutkan, berbeda dengan mesin tiga silinder mobil lama yang identik dengan getaran.

Puas menjelajahi jalanan Ibukota, new Raize memasuki tol dalam kota. Mode berkendara pun kami ganti ke Sport, mesin 1.0 Turbo langsung bekerja dengan baik ketika pedal gas kami injak lebih dalam. New Raize pun melaju dengan mudahnya pada kecepatan 110 km/jam.

Pada saat melaju di kecepatan 80 km/jam, new Raize handling nya masih cukup baik saat diajak bermanuver, membuat kami semakin percaya diri mengendarai mobil ini.

Asyiknya lagi, Toyota new Raize sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan yang lengkap seperti 6 Airbags, Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA. Semua fitur keselamatan ini terdapat pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS. TSS adalah Toyota Safety Sense yang merupakan fitur keselamatan yang biasanya terdapat pada model di segmen high premium.

Seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

[MNR]

About pekik udi irianto 1613 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present