Test Drive: Wow, New Honda WR-V Sudah Dilengkapi Honda Sensing!

AFTERMARKETPLUS.id – Seperti diketahui, New Honda WR-V hadir dengan berbagi teknologi keselamatan yang lengkap mulai dari teknologi keselamatan aktif dan juga canggih seperti Honda SENSING, teknologi keselamatan pasif hingga beberapa teknologi pendukung keselamatan lainnya. Teknologi Honda SENSING tersedia pada varian tertinggi New Honda WR-V RS with Honda SENSING.

Teknologi ini merupakan rangkaian teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan komprehensif bagi pengemudi dan penumpang dengan cara memberikan peringatan hingga secara otomatis mengambil tindakan untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

Werawur Buadinprai selaku Asst. Large Project Leader Engineering Design Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. (HRAP) mengatakan (19/12/2022), “New Honda WR-V dirancang dengan sistem keamanan terdepan dengan Honda SENSING dan berbagai fitur keselamatan pasif untuk menghadirkan keselamatan berkendara bukan hanya untuk penggunanya namun juga untuk pengguna jalan yang lain.”

Fitur-fitur Honda SENSING yang terdapat pada Honda WR-V yang pertama adalah Collision Mitigation Braking System (CMBS) merupakan sistem kamera dan perangkat lunak yang memungkinkan penggunaan CMBS dalam lebih banyak situasi seperti mendeteksi pejalan kaki, sepeda dan sepeda motor.

Jika sistem mendeteksi kendaraan, pejalan kaki, atau sepeda dan menentukan adanya potensi tabrakan, sistem akan memperingatkan Anda dengan peringatan tampilan di sistem multi-informasi.

Dalam situasi darurat, sistem akan menerapkan pengereman yang kuat untuk menghentikan atau memperlambat kendaraan untuk membantu menghindari tabrakan atau mengurangi kerusakan.

CMBS bekerja ketika sistem menentukan bahwa ada potensi tabrakan, saat bergerak dengan kecepatan 5 km/jam atau lebih, dengan kendaraan, pejalan kaki, atau sepeda yang bergerak.

Sistem secara otomatis akan menghentikan atau memperlambat kendaraan Anda untuk membantu menghindari tabrakan atau mengurangi kerusakan akibat tabrakan.

Kemudian Honda WR-V memiliki Adaptive Cruise Control (ACC) with Low-Speed Follow yang membantu pengendara untuk mengatur kecepatan yang diinginkan dan membuat kendaraan mengikuti mobil yang ada di depannya, sehingga memungkinkan penggunaan cruise control pada kondisi jalanan yang cukup lenggang.

Sistem ACC mendeteksi jarak kendaraan terhadap mobil di depannya, dan mengatur kecepatan kendaraan untuk menjaga jarak ideal. Jarak pendek, menengah, jauh atau ekstra jauh dapat diaplikasikan pada sistem ACC.

Saat dibutuhkan, kendaraan dapat melakukan pengereman otomatis menggunakan modulator Vehicle Stability Assist (VSA). Dengan didukung sistem Low-Speed Follow (LSF), kemampuan untuk mengikuti kendaraan di depan secara otomatis dapat ditingkatkan terutama di tengah jalanan macet dimana kecepatan menurun hingga 0 km/jam.

New Honda WR-V juga dilengkapi Lane Keeping Assist System (LKAS) dimana sistem ini mengurangi beban pengemudi dengan mendukung pengoperasian kemudi agar tetap mengemudi di tengah lajur saat berkendara di jalan raya.

Jika sistem mendeteksi bahwa kendaraan tampaknya meninggalkan jalur, sistem akan memberi peringatan dengan getaran roda kemudi dan peringatan tampilan audio dan multi-informasi. LKAS aktif saat kendaraan bergerak dengan kecepatan 72 km/jam atau lebih.

Selanjutnya Road Departure Mitigation System (RDM), sistem ini mendukung pengoperasian kemudi saat kendaraan akan menyimpang dari jalur. Ketika kendaraan kemungkinan akan menyimpang dari jalur tanpa tanda belok, getaran kemudi dan peringatan visual akan menyala.

Selain itu, sistem ini mendukung pengoperasian kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada di jalur sebelum tergelincir. RDM bergerak pada 72 km/jam atau lebih ketika kendaraan berangkat dari jalan atau sistem memprediksi bahwa kendaraan akan keluar dari jalur.

New Honda WR-V memiliki Auto High-Beam (AHB) yang membantu memastikan visibilitas pengemudi yang baik dengan beralih antara low beam dan high beam secara otomatis saat pengemudi mengemudikan mobil di malam hari. Sistem ini membantu memberikan visibilitas yang jelas dan mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk mengganti lampu depan secara manual.

Lead Car Departure Notification System (LCDN) Sistem memberi tahu pengemudi jika mobil di depan mulai berhenti perlahan.

Kemudian pada saat berhenti, sistem ini akan memperingatkan pengemudi tentang pergerakan mobil di depan. Jika sistem mendeteksi bahwa mobil di depan yang berhenti telah mulai bergerak, sistem akan memperingatkan pengemudi dengan peringatan tampilan di TFT meter.

Honda LaneWatch Camera Kamera kecil yang terdapat pada kaca spion sisi penumpang dimana dapat diaktifkan secara manual atau otomatis saat pengemudi memberi isyarat berbelok.

Video langsung muncul pada sehingga memberikan pengemudi pemandangan blind spot yang lebih luas.

Selain dilengkapi dengan teknologi Honda SENSING, Honda WR-V juga mempunya berbagai fitur-fitur keselamatan pendukung lainnya seperti;
Vehicle Stability Assist (VSA) Vehicle Stability Assist (VSA) adalah sistem standar untuk tanjakan dalam mencegah mobil selip ke samping saat menikung, sehingga ABS (yang mencegah penguncian roda) dan TCS (Transaction Control System) membantu memastikan kendaraan tetap stabil.

Hill Start Assist (HSA) Fungsi Hill Start Assist membantu mencegah kendaraan terguling ke belakang saat pengemudi beralih dari pedal rem ke pedal akselerator saat kendaraan berhenti di tanjakan.

Hill Start Assist secara otomatis aktif saat kendaraan merasakan kemiringan tertentu dan berhenti sepenuhnya di gigi maju mana pun saat menghadap ke atas bukit atau gigi mundur saat menghadap ke bawah.

Sistem ini menggunakan sensor G memanjang bersama dengan sensor kecepatan roda untuk mengontrol modulator rem hidrolik. Hill Start Assist, saat diaktifkan, akan melepaskan rem saat pengemudi menekan gas atau jika pengemudi tidak menekan pedal gas setelah beberapa detik.

Emergency Stop Signal (ESS) Sinyal Berhenti Darurat secara otomatis mengaktifkan rem dan lampu peringatan bahaya ketika mendeteksi situasi berhenti darurat.

Lampu berkedip cepat untuk memperingatkan kendaraan berikut bahwa mobil berhenti tiba-tiba, mengurangi risiko tabrakan.

Sinyal Berhenti Darurat aktif saat mengerem keras saat berkendara dengan kecepatan 50 km/jam. atau diatas. Lampu peringatan bahaya berkedip cepat untuk memperingatkan pengemudi di belakang bahwa pengereman mendadak telah terjadi.

Ini dapat membantu mengingatkan pengemudi di belakang untuk mengambil tindakan untuk menghindari tabrakan.

Honda WR-V memiliki teknologi keselamatan pasif yang mencakup Advanced Compatibility Engineering™. Sistem ini meningkatkan perlindungan sekaligus mengurangi kerusakan pada kendaraan lain.

Disamping itu, desain ini digunakan untuk membantu mengurangi tingkat keseriusan cedera kepala pejalan kaki, fitur ini terdapat di bagian depan dan samping kendaraan.

Struktur Advanced Compatibility Engineering™ (ACE™) berfungsi untuk menyerap dan menyebarkan energi tabrakan secara efisien yang diakibatkan dari tabrakan kendaraan-ke-antar kendaraan secara langsung.

Desain ini menyebarkan gaya tumbukan ke area depan yang lebih besar yang meningkatkan penyerapan energi dari ruang mesin dan menghasilkan peningkatan perlindungan penumpang.

Rear Seat Reminder Sistem ini mengeluarkan suara dan peringatan pada tampilan multi-informasi untuk mengingatkan pengemudi untuk memeriksa benda yang tertinggal setelah mesin mobil dimatikan dan penumpang hendak turun dari kendaraan.

Remote Engine Start and Walk Away Auto Lock Fitur ini merupakan yang pertama dikelasnya dimana Walk-Away Auto Lock berfungsi untuk mengunci pintu secara otomatis beberapa saat setelah pengemudi berjalan minimal 2 meter atau lebih dari mobil.

Honda WR-V juga dilengkapi fitur Remote Engine Start yang berfungsi untuk menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis dari jarak sekitar 30 meter sebelum masuk ke dalam kendaraan dan bahkan dapat mendinginkan kabin 10 (sepuluh) menit lebih cepat.

Multi-Angle Rearview Camera Kamera belakang Honda WR-V dapat disesuaikan dengan mendeteksi 3 (tiga) jenis tampilan yaitu; Normal (130°), Wide (180°), dan juga Top View.

Tentu cukup canggih untuk sebuah mobil dengan harga Rp 300 jutaan, Anda sudah mendapatkan semua fitur tersebut.

Penasaran dengan rasa berkendaranya? Simak ulasannya saat kami lakukan test drivenya hanya di aftermarketplus.id.

[Gilang Budiman]

About Gilang Budiman 976 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website