Test Ride BMW F 900 R: Mewah dengan Fitur Berlimpah

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Menjawab rasa penasaran kami terhadap BMW F 900 R yang sudah mengaspal di Indonesia sejak 2 tahun lalu tepatnya bulan Juli 2020, kami tetap ingin mencobanya. apalagi di rentang 2 tahun sejak peluncurannya harga dari motor Naked Sport ini sudah naik sekitar Rp 45 juta rupiah, dari harga Rp 380 juta (Off the Road) kini menjadi Rp 425 juta (Off the Road) Jakarta.

Motor Naked Sport BMW F 900 R yang sejatinya merupakan Roadster Mid Range ini sosoknya terlihat sporty, dinamis dan agresif.

Penasaran sama handling dan tenaganya, F 900 R sengaja kami ajak keliling dalam kota Jakarta dan ke Cianjur untuk sekaligus kulineran masakan khas Sunda.

Jok F 900 R dengan tinggi 815 mm memberi keuntungan tersendiri bagi kami dengan postur tubuh 173 cm. Kaki bisa menapak dengan baik ke jalan sehingga bobot tanpa muatan F 900 R seberat 211 kg terasa ringan. Ini sangat membantu saat harus sering berhenti pada saat terjebak kemacetan lalu lintas di dalam kota.

Mengendarai Naked Sport F 900 R di dalam kota cukup menyenangkan, di tengah kepadatan lalu lintas, dengan panjang 2.140 mm motor ini masih cukup lincah dikendarai.

Puas menjelajah di Ibukota Jakarta dengan mode berkendara Road, keesokan harinya BMW F 900 R kami ajak ke Cianjur dengan rute jalan baru Jonggol dan Cariu.

Berangkat sekitar jam 5 pagi dari rumah dengan keadaan yang masih gelap ternyata mengendarai F 900 R justru mengasyikkan, karena F 900 R sudah dibekali fitur adaptive cornering headlight, dimana fitur ini berfungsi mengatur pencahayaan lampu depan motor yang sudah LED bisa beradaptasi mengikuti kondisi jalan.

Penerangan lampu depan secara otomatis aktif saat motor berbelok dengan sudut kemiringan 10 derajat dengan kecepatan minimum 10 km/jam. Hasilnya visibilitas berkendara akan semakin baik dan semakin percaya diri ketika kami mengendarai Naked Sport dari BMW ini.

Di daerah Cariu, kami sempat disuguhi dengan jalan berlubang dan begelombang di beberapa titik, F 900 R masih nyaman dikendarai. Sepertinya sasis yang menggunakan teralis berbahan dasar baja, plus racikan suspensi depan menggunakan upside down dan monoshock di bagian belakang terasa pas.

Saat melewati jalan menanjak dengan aspal mulus, tenaga F 900 R ini terasa ringan. Tidak mengherankan memang, karena BMW F 900 R mengusung mesin dua silinder in-line berkapasitas 895 cc yang mampu menghasilkan tenaga 104 hp di 4.500 rpm dan torsi 92 Nm di 8.500 rpm. Menariknya tenaga maksimal mencapai 105 hp di 8.750 rpm, transmisi 6 percepatan manual dengan kopling basah multiple disc.

Ketika melewati jalan berkelok, baik itu menanjak maupun menurun handling F 900 R ini enak sekali. Sehingga mengendarai motor ini semakin percaya diri.

Asyiknya lagi, Naked sport BMW ini sudah dibekali banyak fitur dan teknologi terbaru, seperti, Adaptive Cornering Headlight, Slipper Clutch dan Drag Torque Control (MSR): fitur ini berfungsi untuk mencegah roda belakang slip ketika putaran mesin sedang maksimal, Anti-Lock Braking System (ABS) serta Automatic Stability Control (ASC), Dynamic Electronic Suspension Adjustment (Dynamic ESA), Dynamic Traction Control (DTC) serta tersedia empat riding mode berkendara: Rain, Road, Dynamic dan Dynamic Pro.

BMW F 900 R tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Black storm metallic, Hockenheim silver metallic/Racing red dan San Marino blue metallic. Untuk warna Racing red tersedia penutup jok belakang.

Nah, bagi penggemar moge, BMW F 900 R ini pantas dilirik untuk mengisi garasi rumah Anda.

[MNR]

About pekik udi irianto 1865 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present