Test Ride New Honda Vario 125: Roda Lebih Besar, Handling Makin Mantap

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja meluncurkan New Honda Vario 125 (26/9/2022), aftermarketplus.id juga berkesempatan menjajal langsung skutik terbaru dari Honda ini di area Honda Safety Riding Park, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (26/9/2022).

New Honda Vario 125 yang baru dihadirkan AHM, tidak banyak mengalami perubahan dari tipe sebelumnya. Perubahan yang dihadirkan skutik 125cc ini hanya adanya penambahan fitur dan ukuran roda lebih besar dari model sebelumnya.

Kemudian untuk bagian mesin masih menggunakan mesin lama yang berkapasitas 125cc, eSP (Enhanched Smart Power) yang mampu menghasilkan tenaga 11,1 PS di 8.500 rpm dan torsi 10.8 Nm di 5.000 rpm.

Dalam melakukan test ride pertama kali, kami tidak langsung membahas soal performa dari New Honda Vario 125, karena skutik 125cc masih menggunakan mesin yang sama dari sebelumnya. Tetapi kami mencoba kelincahan dari skutik yang sudah lebih besar ukuran ban dari model sebelumnya.

New Honda Vario 125 dibagian roda yang sekarang menggunakan ukuran 90/80 R14 di bagian depan sedangkan untuk bagian belakang menggunakan ukuran 100/80 R14. Setelah kami melakukan tes dalam bermanuver, memang lebih seimbang dan lebih nyaman karena ukuran ban yang lebih besar menempel ke aspal, kemudian untuk melakukan handling dan pengendalian lebih ringan dan bisa dibilang nyaman.

Kami melakuan tes dengan beberapa kali memutari area tes ride yang disajikan banyaknya belokan dan lika-liku jalur serta disajikan trek lurus yang hanya beberapa meter untuk melakukan performa skutik terbaru ini, yang kami nyatakan sangat nyaman dan sesuai dengan kapasitas mesin dan ban yang lebih besar dari model sebelumnya, tetapi kami belum bisa merasakan langsung di jalan raya dan kondisi ramai bahkan macet di area perkotaan di Jakarta, serta bisa mengukur kapasitas bensin dengan keadaan yang ada di Jakarta.

Kemudian kami memcoba membawa berjalan perlahan, apakah ada kejanggalan tentang CVT New Honda Vario 125 ini, ternyata cukup nyaman dan halus untuk melakukan putaran gas bawah sampai atas dari rpm rendah ke rpm tinggi mesin masih halus yang kami rasakan.

Kesimpulannya, New Honda Vario 125 ini tidak banyak perubahan pada skutik berkapasitas 125 cc ini, kecuali di bagian sisi fitur dan ukuran ban yang sangat sesuai untuk tipe perkotaan, untuk handling dan manuver ada peningkatan sedikit karena ukuran ban yang lebih besar karena lebih rigid ke aspal membuat kenyaman berkendara sehari-hari. Untuk performa masih tetap sama dengan model sebelumnya karena masih menggunakan mesin sebelumnya.

Untuk harga New Honda Vario 125 dipasarkan dalam tiga tipe, yakni CBS, CBS ISS, dan CBS ISS SP. Soal harga, tipe CBS dijual dengan harga Rp 22.350.000, tipe CBS ISS Rp 24.000.000, dan tipe CBS ISS SP dilego Rp 24.250.000. Semuanya harga (on the road) DKI Jakarta.

[Angga Marsanto]