50 Tahun Kiprah Isuzu Di Indonesia

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – PT Isuzu Astra Motor Indonesia sebagai Agen Pemegang Merek (APM), merayakan 50 tahun kehadirannya di Indonesia. Sejak pertama kali masuk pasar Indonesia pada tahun 1974, Isuzu telah menjadi pilihan konsumen dari generasi ke generasi dan berkontribusi aktif dalam menggerakan perekonomian bangsa dalam 5 dekade ke belakang.

Eksistensi Isuzu selama 5 dekade melayani para pengusaha di Tanah Air dengan kendaraan-kendaraan yang fungsional, andal, dan ramah lingkungan untuk berbagai jenis usaha.

Mengusung tema #IsuzuTerusMenemani, Isuzu berkomitmen untuk Terus Menemani Isuzu Partner dalam mengarungi perjalanan meraih kesuksesan. Komitmen ini akan terus menjadi dasar bagi Isuzu untuk melakukan inovasi produk serta layanan purna jual dengan semangat ‘Real Partner, Real Journey’.

“Terima kasih atas kepercayaan konsumen kepada Isuzu selama ini sehingga perusahaan sudah mencapai 50 tahun eksistensi di industri otomotif nasional. Kami pun berupaya terus memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia dengan kendaraan-kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan efisien untuk menunjang bisnis Isuzu Partner,” terang Yusak Kristian Solaeman, Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (1/10/2024).

Sebagai bagian dari perayaan 50 tahun di Indonesia, Isuzu mengusung tema #IsuzuTerusMenemani sebagai mana perusahaan bersama dengan konsumen di setiap momen. Serangkaian kegiatan perayaan 50 tahun Isuzu Indonesia sudah dipersiapkan untuk memeriahkan acara yang akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan.

Isuzu Memulai Bisnisnya Di Indonesia Sejak 1974

Isuzu memulai bisnisnya di Indonesia, dengan menghadirkan mitra distributor resmi di Tanah Air, sejak tahun 1974. Kehadiran perwakilan resmi di Indonesia ini juga dibarengi dengan model Isuzu TLD yang mendapatkan respon positif dari konsumen Indonesia.

Selain produk-produk yang berkualitas dan bisa diandalkan, Isuzu menjaga kualitas pelayanannya di tingkat tertinggi demi melayani konsumen di Indonesia. Sejak 2006, Isuzu Indonesia aktif berpartisipasi dalam kompetisi mekanik Isuzu seluruh dunia, I1-Grand Prix dan konsisten berada pada urutan teratas ajang bergengsi tersebut serta mendapatkan Triple Star pada After Sales Award.

Pada tahun 2008, terdapat pergantian nama perusahaan distributor resmi di Indonesia menjadi PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI). Momen ini menjadi tonggak penting arah bisnis PT IAMI yang kembali berfokus kepada industri kendaraan komersial seperti akar utama bisnis Isuzu sebagai produsen kendaraan komersial terkemuka.

Keseriusan PT IAMI di segmen kendaraan komersial kemudian ditunjukkan dengan pengembangan kendaraan khusus yang diperuntukan pasar Indonesia dan sejumlah negara lainnya.

Hingga di tahun 2018 kemudian lahirlah Isuzu Traga yang mengisi segmen medium pick up dan secara khusus diproduksi di Indonesia. Hadirnya Isuzu Traga ini menjadikan Isuzu Indonesia sebagai manufaktur sekaligus basis ekspor untuk kebutuhan Isuzu secara global.

Pada tahun 2024 di tengah penurunan pasar Commercial Vehicle, Isuzu berhasil meningkatkan market share. Hingga bulan Agustus 2024, Isuzu mencatatkan market share sebesar 31,1%, bertumbuh 4,1% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023 lalu. Angka ini menunjukan kepercayaan konsumen terhadap Isuzu untuk terus menemani bisnis Isuzu Partner.

Tidak hanya itu saja, masih di tahun yang sama, Isuzu juga semakin dikenal baik oleh masyarakat Indonesia sebagai merek kendaraan komersial yang terpercaya. Tepat pada tahun 2024, Isuzu mendapatkan penghargaan Top Brand.

Demi mewujudkan visi menjadi World Class Manufacturing, PT IAMI terus berinovasi untuk mengadopsi teknologi termutakhir. Digitalisasi di berbagai aspek baik produk maupun layanan purna jual senantiasa dilakukan. Atas inovasi ini, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia mendaulat Isuzu sebagai perusahaan produsen kendaraan komersial pertama yang tersertifikasi Industri Indonesia 4.0 Readiness Index (INDI 4.0).

[AM]