BUS MEWAH HINO BERTENAGA BADAK AKAN DILUNCURKAN DI GIIAS 2017

Foto: Istimewa

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Sejak beberapa bulan terakhir, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) digosipkan akan segera merilis chassis bus terbaru untuk pasar Indonesia.

Chassis tersebut memiliki tenaga maksimum di atas rata-rata chassis bus Hino yang saat ini beredar di Indonesia, yang rata rata masih di bawah 300 horse power.

Chassis bus paling anyar ini akan meluncur perdana di arena pameran otomotif bergengsi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang akan dihelat di ICE BSD City, Tangerang, 10-20 Agustus mendatang.

Info ini mendapat pembenaran dari Aditya Utomo, Media Planning & PR Departement, Marketing Communication Division HMSI.

Bus terbaru ini diduga merupakan generasi Hino RM1ESKU. Bus ini sebelumnya sudah lebih dulu beredar di pasar Malaysia, Thailand dan beberapa negara tetangga lainnya.

Dilihat dari spesifikasinya, chassis Hino RM1ESKU ini sudah mendekati chassis-chassis bus premium asal Eropa yang saat ini sudah hadir di Indonesia.

Chassis ini sudah menggunakan tipe space frame modular sehingga mampu menghadirkan bagasi yang sangat lapang serta dek atau kabin penumpang yang lebih tinggi.

Dapur pacunya disenjatai dengan mesin diesel Hino E13C UN (Euro 3) berkapasitas 12.913 cc dengan tenaga maksimum (JIS Gross) 287kW atau sekitar 390PS pada 1.800 rpm dan torsi maksimum (JIS Gross) 1950Nm atau setara dengan 199 kgf.m pada 1.100 rpm.

Mesin dilengkapi dengan dengan turbocharged dan intercooler, 4 cyc., vertical, 6-cyl., in-line, overhead valve, berpendingin air dengan Electronic Control Commonrail injection. Transmisinya dipasok oleh ZF model ZF6S1900BO.

Chasis ini juga terbilang panjang dari chassis bus besar Hino yang beredar saat ini karena memiliki dimensi panjang total 11.985 mm dengan wheelbase 6,000 mm dan lebar chasis untuk bodi karoseri 2.455 mm. Overhang di roda depan tercatat 2.400 mm dan overhang roda belakang 3.380 mm dengan radius putar 9.500 mm.

Sebagai chassis bus premium, Hino RM1ESKU sudah dibekali air suspension pada kaki-kakinya untuk kenyamanan maksimal di perjalanan serta sistem pengereman ABS.

HMSI diperkirakan akan memposisikan chassis ini untuk bertarung dengan chassis bus premium asal Eropa yang saat ini sudah lebih dulu menguasai pasar. Semisal, Mercedes-Benz O500R 1836, Scania K310 dan Scania K360.

Maklum saja, hingga saat ini Hino memang belum punya chassis dengan spesifikasi di atas 300 horse power. Chassis bus terbaru Hino ini menurut rencana akan diluncurkan berikut bodi karoserinya di Hall 3C.
[Egi Yudhistira]