Cerita Irwan, Sopir Truk yang Menang Dalam Kompetisi Extra Mile Challenge 2020 Hingga Optimis Bisa Juara di Jepang

AFTERMARKETPLUS.id – Irwan S Wijaya dari PT Lancar Central Logistic dinyatakan sebagai pemenang juara pertama dalam Extra Mile Challenge 2020. Ini merupakan kompetisi adu kepiawaian dalam mengemudi truk yang diselenggarakan oleh PT UD Trucks Indonesia.

“Alhamdulillah saya senang dan terharu karena ikut kompetisi juga baru kali ini dan menang,” ungkap Irwan saat ditemui di Tangerang, Rabu (26/2).

Ia bercerita, bahwa berkompetisi untuk mencapai final tantangannya cukup sulit, seperti efisiensi bahan bakar, menjaga kecepatan, dan skill dalam memarkir.

“Belum lagi dalam tes tersebut ada cone dan kecepatan pun ditentukan, bahkan ada jebakan yang kami enggak tahu. Seperti ada motor, mobil, jadi sebagai pengemudi truk harus mampu menganalisa gerak gerik pengendara lain supaya selamat,” ungkapnya.

Pengalaman Irwan dalam mengemudi truk tampaknya sudah tak perlu diragukan lagi. Pasalnya pertama kali ia mengemudi truk sudah berlangsung sejak 1998. Namun, ia mulai mengemudikan UD Trucks kurang lebih sudah tiga tahun.

Menurutnya, beradaptasi dengan UD Truks cukup mudah dan bahan bakarnya irit. Selain itu suspensinya juga bagus, jadi untuk mengantarkan barang yang jauh pun lebih nyaman.

“Sehari-hari saya mengantarkan barang hingga luar kota, seperti Jakarta hingga Surabaya. Kemudian ke Bali juga, dan di Bali itu jalurnya cukup ekstrem, kalau Jakarta tantangan ya paling hanya macet,” ujar Irwan.

Dirinya juga memaparkan, bahwa setelah mengikuti latihan dan kompetisi ini bisa lebih menghemat bahan bakar.

“Jakarta – Surabaya kurang lebih 800 kilometer, itu konsumsi bahan bakar saya sekitar 220 sampai 230 liter, sebelumnya pernah 260 sampai 270 liter,” ceritanya.

Pemenang Extra Mile Challenge Indonesia Final 2020 ini akan dikirim untuk menjalani kompetisi global di Jepang. Irwan menyatakan optimis bisa meraih gelar juara dunia di Jepang.

“Di jepang pun saya optimis bisa meraih gelar juara, kesalahan saya selama di sini, tentu akan saya perbaiki supaya lebih baik lagi,” tutupnya.

[MNR]

About pekik udi irianto 1430 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present