AFTERMARKETPLUS.id - Selain meluncurkan chassis bus baru bermesin depan Mercedes-Benz OF 1623 RF untuk segmen transportasi jarak menengah, PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) hari ini, Kamis (6/12/2018) juga meluncurkan chassis bus premium baru untuk segmen bus antarkota jarak jauh dan bus pariwisata (coach).
Chassis bus ini diluncurkan di ICE BSD City, Tangerang, di depan puluhan awak media yang dilanjurkan dengan prosesi peluncuran ke kalangan pengusaha angkutan bus.
Berbeda dengan chassis bus Mercedes-Benz OF 1623 RF yang masih menggunakan ladder frame dan suspensi per daun tipe parabolic, chassis bus Mercedes-Benz O500RS 1836 menggunakan chassis tipe tubular space frame. Chassis bus premium ini juga sudah menggunakan suspensi udara atau air suspension pada semua titik rodanya sehingga membuat perjalanan jauh menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.
Adri Budiman, Deputy Director Bus & Van Sales Operation Commercial Vehicle PT DCVI di acara peluncuran mengatakan, Mercedes-Benz O500RS 1836 dihadirkan PT DCVI untuk menjawab kebutuhan transportasi jarak jauh di Indonesia yang semakin meningkat.
Peluncuran chassis ini dilakukan DCVI bekerjasama dengan perusahaan karoseri Laksana.
Chassis Mercedes-Benz O500RS 1836 sebenarnya pernah dipasarkan di Indonesia tahun 2013, namun kemudian dihentikan. Kini chassis ini kembali dipasarkan dengan sejumlah penyempurnaan pada spesifikasinya sesuai hasil masukan dari kalangan pengusaha bus di Indonesia.
Diantaranya, penggunaan suspensi rigid pada axle depan dan belakang untuk membuat kaki-kaki bus ini lebih bandel dan tahan banting saat melintasi medan rusak. Selain itu, radiator yang sebelumnya menghadap ke samping kini diubah menghadap ke belakang.
Penyempurnaan lainnya dilakukan pada transmisi yang kini menggunakan transmisi terbaru tipe MB G-210 yang disebut menghasilkan torsi yang lebih tinggi dari transmisi generasi sebelumnya dan membuat bus ini lebih tangguh sehingga cocok dioperasikan untuk transportasi jarak jauh dan industri pariwisata di Indonesia.
Mercedes-Benz O500RS 1836 menyandang mesin OM 457 LA (Euro 3) yang lebih bertenaga serta sudah mengadopsi sejumlah fitur premium seperti cruise control, sistem pengereman canggih yang mengintegrasikan disc brake, Anti-lock Breaking System (ABS) di seluruh roda dan Anti-Skid Regulation (ASR) serta retarder.
"Mercedes-Benz O500RS 1836 lebih lengkap dengan hadirnya beberapa fitur pengereman dan suspensi canggih untuk segmen bus premium. Chassis versi terbaru merupakan pengembangan dari model bus premium yang telah digunakan oleh para pelanggan dan penumpang bus Mercedes-Benz di Indonesia," ungkap Markus Villinger, Presiden Direktur dan CEO DCVI.
Sama seperti chassis OF 1623, saat acara peluncuran PT DCVI belum meyebut berapa harga jual untuk chassis Mercedes-Benz O500RS 1836 terbaru ini. "Kita belum bisa sebutkan angka-angka nominalnya," ujar Adri Budiman.
[MNR]

#Markus Villinger Presiden Direktur dan CEO DCVI #Mercedes-Benz O500RS 1836 #Bus AKAP #Bus Pariwisata #Karoseri Laksana

Author : pekik udi irianto > 2938 Articles
Pekik Udi Irianto mengenyam pendidikan di Vrije Academie voor de Beeldende Kunsten, The Haque, NL. Memulai karir di bidang otomotif sejak: 1994 : Fotografer Tabloid Otomotif. 2001 : Redaktur Foto Tabloid Otosport. 2003 : Redaktur Foto Majalah Auto Bild Indonesia. 2015 : Pemimpin Redaksi aftermarketplus.id.
List Comment
No Comment