INI DIA PARA PEMENANG KONTES MENGEMUDI IRIT TRUK VOLVO 2017

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Untuk ketujuh kalinya Volvo Trucks menggelar kompetisi adu irit mengemudikan truk Volvo untuk para pengemudi truk Volvo di Indonesia bertajuk Volvo Trucks Fuelwatch Challenge 2017.

Babak final kompetisi ini berlangsung di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, Rabu (17/5/20217) menobatkan pemenang di kategori off-road dan on-road.

Di kategori off-road, tampil sebagai juaranya adalah pengemudi bernama Angel Karapang dari PT Artha Mineral Resources, sementara juara II adalah Fajar Triyana dari PT Putra Perkasa Abadi, disusul juara ketiga Semi dari PT Ryan Eka Pratama dan juara keempat Sugandi dari PT Arief Nusa Raya.

Di kategori on-road, keluar sebagai juaranya adalah Sukar dari PT Terminal Peti Kemas dan juara kedua Moh Faktur Rohman dari PT Calvary Abadi dan juara ketiga Yori Afrisandi dari PT PecTech Services.

Para finalis yang bertarung di babak final kali ini merupakan pemenang dari kompetisi babak penyisihan yang digelar Volvo Trucks di tujuh lokasi di daerah sejak Februari 2017.

Setiap peserta diuji sikap keterampilan dan disiplin dalam menangani truk. Kompetisi ini juga diperuntukkan untuk menilai bagaimana para peserta menampilkan kemampuan mereka dalam berkendara hemat bahan bakar serta keahlian mereka mengemudi truk.

“Setiap tahunnya, penyelenggaraan acara Volvo Trucks Fuelwatch merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh para pengemudi di seluruh dunia. Tahun ini kami mempersiapkan para pengemudi dengan keterampilan dan training yang lebih intensif lagi untuk mengatasi tantangan pertandingan di ajang Asia Pacific, September mendatang,” sebut Jurn Terpstra, Direktur Marketing Volvo Trucks Indonesia di sela acara.

Di babak final, peserta kategori on-road harus mengemudikan truk Volvo F16 500 tractor head berikut trailer dengan kontainernya di track beraspal sepanjang 8.25 km.

Sementara, di kategori off-road, trek yang harus dilintasi mencapai panjang 3 km menggunakan truk Volvo FMX 400 6×4.

DI kategori ini, Angel Karapang tampil sebagai juara setelah menunjukkan kehandalannya mengoperasikan truk Volvo ini dengan pengiritan konsumsi bahan bakar 23 persen dibanding finalis lainnya.

Jurn Terpstra menjelaskan, efisiensi bahan bakar di truk yang dipakai peserta selama kompetisi ini diukur menggunakan Dynafleet, system pengukuran fleet management dari Volvo Trucks, yang mengacu pada empat kategori utama.

Yakni, pengereman, adaptasi kecepatan, penggunaan gear, mesin dan ketik truk dalam keadaan diam.

Data tersebut apabila diolah dengan benar dapat menunjukkan area khusus untuk perkembangan lebih lanjut, sehingga mengurangi penggunaan bahan bakar di setiap kendaraan.

Penulis: Egi Yudhistira
Editor : Pekik Udi Irianto