LAMA VAKUM, MERCEDES-BENZ SIAP BERTEMPUR LAGI DI PASAR BUS MESIN DEPAN DENGAN HADIRKAN CHASSIS OF 1623

Foto: Istimewa

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS.ID – Ada yang menarik sekaligus mengejutkan yang muncul di event gala dinner perayaan “Mercedes-Benz Club of Millionaire” yang diselenggarakan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) di Hotel Trans Luxury Bandung, Kamis, 7 Desember 2017 lalu.

Saat itu, Ralf Kraemer, Managing Director Commercial Vehicle PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), ketika memberikan sambutan memamerkan sketsa bus terbaru yang dalam waktu dekat akan dipasarkan PT MBDI di market Indonesia.

Bus tersebut adalah bus Mercedes-Benz tipe bus besar bermesin depan dengan gross vehicle weight (GVW) atau berat kotor 16 ton.

“Para anggota (Mercedes-Benz Club of Millionaire) diberikan kesempatan unik untuk menjadi yang pertama dalam melihat sketsa bus Mercedes-Benz mesin depan 16-ton yang akan segera diluncurkan, dengan tenaga kuda yang lebih tinggi dibandingkan produk-produk lain di kelasnya,” sebut Mercedes-Benz dalam pernyataan resminya yang kami terima.

Kabar ini tentu saja mengejutkan mengingat telah lama, lebih dari dua dekade, Mercedes-Benz meninggalkan produk bus besar bermesin depan di Indonesia.

Mercedes-Benz sudah tidak lagi menjual bus besar tipe ini sejak chassis bus mesin depan Mercedes-Benz OF 1113 tidak lagi dilanjutkan produksi dan pemasarannya di Indonesia.

Sejak saat itu, pasar praktis hanya dikuasai oleh pemain-pemain Jepang seperti Hino, Mitsubishi Fuso dan Nissan Diesel.

Namun, perlahan seiring dengan persaingan yang ketat, Mitsubishi Fuso dan Nissan Diesel (kini bernama UD Trucks) juga mundur dari peta persaingan bus bermesin depan. Hanya Hino saja yang memasarkan bus besar bermesin depan sampai sekarang dengan menjual chassis Hino AK215.

Berdasar analisa kami, besar kemungkinan chassis bus Mercedes-Benz mesin depan yang akan ditawarkan ke kalangan pengusaha bus tersebut adalah OF 1623. Chassis bus ini sebenarnya bukan tipe chassis baru karena sudah lebih dulu dipasarkan di sejumlah negara seperti Brasil dan Afrika Selatan.

Melihat spesifikasinya, dan seperti dinyatakan sendiri oleh Ralf Kraemer, Mercedes-Benz OF 1723 akan memiliki spesifikasi teknis lebih unggul daripada chasis Hino AK215 yang saat ini merajai pasar bus mesin depan di Tanah Air.

Dengan kode 1623 di bus ini, tenaga maksimum yang dihasilkan mesin yang digendongnya mencapai 230 horse power atau 175 kW. Ini artinya 15 horse power lebih tinggi ketimbang tenaga puncak di chassis Hino AK215.

Sejumlah PO masa lalu tercatat pernah menjadi pemakai chassis bus Mercedes-Benz OF 1113 yang diskontinu.

Misalnya, PO Sumber Kencono (Sidoarjo), PO Lorena dan PO Karina (Bogor), PO Flores (Sidoarjo), PO Medan Jaya (Medan) PO NPM (Padang), PO Kalisari (Surabaya), PO Raya (Solo) dan lain-lain.

Dengan akan segera meluncurnya chassis terbaru OF 1623 ini, maka pelanggan-pelanggan lama bus Mercedes-Benz mesin depan, sangat potensial untuk ditarik kembali.

[Egi Yudhistira]